Otomotif

10 Tips Menjaga Kendaraan Anda Tetap Prima

Jumat, 04 Agustus 2023 - 06:13 | 210.56k
Seorang wanita duduk di atas kap mobil saat berisrirahat di tengah perjalanan. (Foto: roman/Freepik)
Seorang wanita duduk di atas kap mobil saat berisrirahat di tengah perjalanan. (Foto: roman/Freepik)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Memiliki mobil berarti bertanggung jawab untuk melakukan perawatan rutin guna menjaga keawetan dan performa optimal kendaraan. Melakukan perawatan rutin tidak hanya memperpanjang masa pakai mobil anda, tetapi juga meningkatkan keselamatan dan mengurangi risiko kerusakan mendadak. Berikut adalah beberapa tugas perawatan rutin mobil yang penting untuk menjaga kendaraan Anda tetap prima:

1. Penggantian Oli

Penggantian oli secara rutin sangat penting bagi kesehatan mesin mobil. Oli mesin melumasi bagian-bagian yang bergerak, mengurangi gesekan, dan membantu menghilangkan panas. Ikuti interval penggantian oli yang direkomendasikan oleh pabrikan kendaraan, biasanya setiap 5.000 hingga 7.500 mil (atau setiap enam bulan), tergantung pada kebiasaan berkendara Anda.

2. Perawatan Ban

Periksa tekanan ban secara bulanan dan pastikan berada pada tingkat yang direkomendasikan dalam buku panduan pemilik. Ban yang terisi dengan tekanan yang tepat akan meningkatkan efisiensi bahan bakar dan memperpanjang usia ban. Rutin periksa ban untuk tanda-tanda kerusakan atau keausan, serta rotasi ban setiap 5.000 hingga 7.000 mil untuk menjaga pola keausan yang merata.

3. Inspeksi Rem

Rem adalah bagian penting untuk keselamatan, oleh karena itu pastikan rem dalam kondisi baik. Lakukan inspeksi rem secara rutin dan segera ganti kampas rem yang aus. Jika terdengar suara berdecit atau jarak pengereman yang lebih lama dari biasanya, itu bisa menjadi tanda masalah pada sistem rem yang perlu segera ditangani.

4. Tingkat Cairan

Periksa dan jaga tingkat cairan pada mobil, termasuk cairan pendingin, cairan rem, cairan power steering, dan cairan windshield washer. Cairan yang rendah dapat menyebabkan overheat atau merusak komponen penting.

5. Perawatan Aki

Periksa aki secara rutin untuk melihat apakah ada korosi atau koneksi yang longgar. Pastikan terminal aki bersih dan terpasang dengan rapat. Jika aki sudah berumur lebih dari tiga tahun, lakukan pengujian untuk memastikan kemampuannya memegang muatan dengan efisien.

6. Penggantian Filter Udara

Filter udara yang bersih akan meningkatkan efisiensi bahan bakar dan memperpanjang umur mesin. Periksa filter udara secara rutin dan ganti sesuai kebutuhan atau sesuai dengan rekomendasi di buku panduan pemilik.

7. Inspeksi Mesin Rutin

Jadwalkan inspeksi mesin secara rutin untuk mendeteksi masalah potensial sejak dini. Menangani masalah mesin tepat waktu dapat mencegah biaya perbaikan mahal dan kerusakan mendadak.

8. Pemeriksaan Sabuk dan Selang

Periksa sabuk dan selang untuk melihat tanda-tanda keausan atau kerusakan. Sabuk dan selang yang aus dapat menyebabkan overheat pada mesin atau bahkan kerusakan kendaraan.

9. Penggantian Wiper

Ganti wiper yang aus untuk memastikan visibilitas yang jelas saat cuaca buruk. Periksa secara rutin untuk melihat tanda-tanda keausan atau kerusakan.

10. Tune-Up Profesional

Secara berkala, jadwalkan tune-up untuk mobil anda. Mekanik berpengalaman dapat mengidentifikasi masalah potensial yang mungkin tidak terlihat selama inspeksi rutin dan menangani masalah yang ada sebelum menjadi lebih serius.

Dengan mengikuti jadwal perawatan rutin mobil, anda dapat memastikan bahwa kendaraan beroperasi secara efisien, mengurangi risiko kerusakan mendadak, dan menikmati pengalaman berkendara yang lancar dan aman. Selalu merujuk pada buku panduan pemilik mobil untuk interval perawatan yang direkomendasikan oleh pabrikan dan berkonsultasilah dengan mekanik profesional untuk masalah atau perbaikan besar. Ingat, perawatan yang tepat tidak hanya akan menghemat uang dalam jangka panjang tetapi juga meningkatkan nilai jual kendaraan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khodijah Siti
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES