Otomotif

IMI Road to UMKM di Solo Hidupkan Gairah Otomotif

Minggu, 13 Agustus 2023 - 08:43 | 195.39k
Mobil balap Rio Haryanto saat berlaga di ajang Formula 1 dipamerkan saat acara IMI Road to UMKM yang berlangsung pada 10-13 Agustus di Pura Mangkunegaran Solo Jawa Tengah.(foto: IMI)
Mobil balap Rio Haryanto saat berlaga di ajang Formula 1 dipamerkan saat acara IMI Road to UMKM yang berlangsung pada 10-13 Agustus di Pura Mangkunegaran Solo Jawa Tengah.(foto: IMI)

TIMESINDONESIA, SOLO – Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengapresiasi gelaran IMI Road to UMKM yang berlangsung pada 10-13 Agustus di Pura Mangkunegaran Solo Jawa Tengah.

Program IMI Road to UMKM diinisiasi sebagai bentuk kepedulian IMI terhadap pelaku UMKM, khususnya di bidang otomotif.

IMI Road to UMKM diisi antara lain dengan pameran mobil, motor dan lapak UMKM otomotif. Acara digelar dalam rangka Hari UMKM Nasional yang diperingati setiap tanggal 12 Agustus. Sekitar 200 artisan craft, pelukis, pemusik, pesulap, street dancer juga akan meramaikan Aksi Gotong Royong Padat Seni dalam acara INISOLO (Bukan yang Lain) pada Minggu (13/8/23) disepanjang koridor Ngarsopuro hingga Jalan Gatot Subroto Solo.

IMI Road to UMKM turut memamerkan mobil klasik, motor dan booth UMKM otomotif dengan mengetengahkan tema 'Histori dan Prestasi'. Setidaknya terdapat 8 mobil dan 2 motor yang memiliki nilai tersendiri bagi prestasi dan kesejarahan bangsa Indonesia. 

"Salah satunya yang menarik perhatian pengunjung adalah mobil balap Rio Haryanto saat berlaga di ajang Formula 1. Rio merupakan pembalap asal kota Solo yang sudah mencatat banyak prestasi di tingkat dunia. Selain itu ada motor tunggangan pembalap Donny Winaryanto yang pernah berjaya di kancah internasional di era 70-an, serta pembalap Denny Orlando," kata Bamsoet. 

Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila dan Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum, Pertahanan dan Keamanan KADIN Indonesia ini menambahkan, mobil lain yang dipamerkan adalah mobil menteri era Presiden Soekarno Chevrolet Impala tahun 1962, mobil Alfa Romeo 105 Giulia tahun 1972, mobil Adventure off-road, Honda Life tahun 1972 serta mobil Hotrod V8 10.000cc. Ada pula mobil Toyota Truck FQ Series dan mobil balap Slalom milik Edrico Rafael pembalap nasional asli kota Solo.

"Selain pameran otomotif dan UMKM, IMI bekerjasama dengan Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) juga akan mengadakan fun rally bertajuk 'Rallytage: Fun Rally in Heritage' tanggal 13 Agustus 2023. Rute yang dituju adalah situs-situs heritage bersejarah di kota Solo. Diantaranya Pura Mangkunegaran, Kalitan, Loji Gandrung dan Kasunanan. Sebanyak 75 mobil klasik sudah terdaftar akan mengikuti acara 'Rallytage: Fun Rally in Heritage'," pungkas Bamsoet. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES