Otomotif

Mengapa Perlu Kursus Otomotif dan Bagaimana Caranya? Berikut Ulasannya

Selasa, 22 Agustus 2023 - 18:04 | 191.17k
Tim OJC Auto Course yang merancang kursus otomotif. (Foto: Dok OJC Auto Course)
Tim OJC Auto Course yang merancang kursus otomotif. (Foto: Dok OJC Auto Course)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Otomotif merupakan salah satu sektor industri yang terus berkembang di Indonesia. Hal ini tidak mengherankan, karena jumlah kendaraan bermotor di Indonesia semakin meningkat dari tahun ke tahun.

Seiring dengan perkembangan industri otomotif, kebutuhan akan tenaga kerja di bidang otomotif juga semakin meningkat. Hal ini membuka peluang bagi lulusan kursus otomotif untuk berkarir di bidang otomotif.

Kursus otomotif adalah program pendidikan yang memberikan keterampilan dan pengetahuan dasar tentang otomotif. Kursus otomotif biasanya mencakup materi tentang mesin, kelistrikan, dan perbaikan kendaraan bermotor.

Ada berbagai macam kursus otomotif yang bisa ditemukan di Indonesia. Beberapa kursus otomotif menawarkan program pendidikan yang lebih umum, sedangkan kursus otomotif lainnya menawarkan program pendidikan yang lebih spesifik, seperti kursus mekanik mobil, kursus mekanik motor, atau kursus reparasi AC mobil.

Alasan Mengapa Perlu Kursus Otomotif

Berikut adalah beberapa alasan mengapa kursus otomotif bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda:

1). Peluang karir yang menjanjikan

Lulusan kursus otomotif memiliki peluang karir yang menjanjikan di bidang otomotif. Lulusan kursus otomotif bisa bekerja sebagai mekanik, teknisi, atau reparator kendaraan bermotor.

2). Pengetahuan dan keterampilan yang mumpuni

Kursus otomotif memberikan pengetahuan dan keterampilan dasar tentang otomotif yang dibutuhkan untuk bekerja di bidang otomotif. Lulusan kursus otomotif akan memiliki keterampilan yang memadai untuk memperbaiki dan merawat kendaraan bermotor.

3). Biaya yang terjangkau

Biaya kursus otomotif biasanya lebih terjangkau dibandingkan dengan biaya pendidikan formal di perguruan tinggi. Hal ini membuat kursus otomotif menjadi pilihan yang menarik bagi masyarakat yang ingin berkarir di bidang otomotif dengan biaya yang terjangkau.

Jika Anda tertarik untuk berkarir di bidang otomotif, kursus otomotif bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Dengan mengikuti kursus otomotif, Anda akan mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk bekerja di bidang otomotif.

Tips Memilih Kursus Otomotif

Berikut adalah beberapa tips untuk memilih kursus otomotif:

1). Pilihlah kursus otomotif yang memiliki reputasi baik

Anda bisa membaca ulasan dari peserta kursus lain untuk mengetahui reputasi kursus otomotif yang Anda minati.

2). Pastikan kursus otomotif tersebut menawarkan program pendidikan yang sesuai dengan minat Anda

Ada berbagai macam kursus otomotif yang bisa ditemukan di Indonesia. Pastikan kursus otomotif yang Anda pilih menawarkan program pendidikan yang sesuai dengan minat Anda.

3). Cek fasilitas dan peralatan yang dimiliki oleh kursus otomotif tersebut.

Fasilitas dan peralatan yang memadai akan mendukung proses belajar mengajar di kursus otomotif. Pastikan kursus otomotif yang Anda pilih memiliki fasilitas dan peralatan yang memadai.

4). Tanyakan tentang biaya dan jadwal kursus.

Biaya dan jadwal kursus bisa berbeda-beda di setiap kursus otomotif. Pastikan Anda mengetahui biaya dan jadwal kursus sebelum memutuskan untuk mengikuti kursus otomotif.

Salah satu lembaga kursus otomotif yang fokus menghadirkan kelas kursus otomotif terbaik saat ini adalah OJC Auto Course

OJC Auto Course: Wadah Terbaik Meningkatkan Kualitas SDM Otomotif

OJC Auto Course, salah satu lembaga pelatihan otomotif terkemuka di Indonesia, memiliki visi untuk menjadi wadah terbaik di dunia untuk meningkatkan softskill dan hardskill dalam bidang otomotif. Untuk mencapai visi tersebut, OJC Auto Course menerapkan manajemen SDM yang berfokus pada pengembangan karakter mulia.

Agung Setya Budi, Direktur OJC Auto Course, mengungkapkan bahwa sosok Rasulullah SAW menjadi inspirasi bagi lembaganya dalam hal manajemen SDM. Beliau mencontohkan beberapa sifat Rasulullah SAW yang ingin diterapkan di OJC Auto Course, yaitu:

Sikap amanah, yaitu selalu menepati janji dan tidak berkhianat.

- Sikap jujur, yaitu selalu berkata benar dan tidak berbohong.

- Sikap tolong-menolong, yaitu selalu membantu orang lain yang membutuhkan.

- Sikap kerja keras, yaitu selalu berusaha keras untuk mencapai tujuan.

- Sikap rendah hati, yaitu selalu menghargai orang lain tanpa memandang status sosial.

Agung Setya Budi berharap, dengan menerapkan manajemen SDM yang berfokus pada pengembangan karakter mulia, OJC Auto Course dapat menghasilkan lulusan yang memiliki kualitas SDM yang unggul, baik dari segi hardskill maupun softskill.

OJC Auto Course memiliki visi untuk menjadi wadah terbaik di dunia untuk meningkatkan soft skill dan hard skill dalam bidang otomotif. Untuk mencapai visi tersebut, OJC Auto Course memiliki misi sebagai berikut:

- Menyelenggarakan pelatihan otomotif dengan kurikulum yang terintegrasi dengan Standar Industri Otomotif.

- Menyelenggarakan pendidikan karakter dengan output sesuai dengan standar industri otomotif dan nilai-nilai mulia di masyarakat.

- Terdepan dalam pengembangan metodologi pembelajaran yang efektif dan efisien.

- Menjadi partner terbaik bagi industri otomotif dalam suplai sumber daya manusia.

OJC Auto Course memiliki berbagai program pelatihan otomotif yang terintegrasi dengan Standar Industri Otomotif (SII). Lembaga ini juga memiliki program pendidikan karakter yang bertujuan untuk membentuk lulusan yang memiliki karakter mulia dan siap bersaing di dunia kerja.

Dengan visi, misi, dan nilai dasar yang kuat, OJC Auto Course berkomitmen untuk menjadi wadah terbaik bagi masyarakat yang ingin meningkatkan kualitas SDM otomotifnya.

Program Kursus Otomotif di OJC Auto Course

OJC Auto Course, salah satu lembaga pelatihan otomotif terkemuka di Indonesia, menyediakan berbagai program kursus otomotif yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan peserta.

1). Program Unggulan 1 Tahun

Program ini diperuntukkan bagi seseorang yang ingin belajar Dasar Otomotif sampai dengan ilmu Mekanik level 2 khususnya dibidang mobil. Program ini berdurasi selama 1 tahun dan mencakup berbagai materi, mulai dari pengenalan otomotif, perawatan dasar, hingga perbaikan mesin dan kelistrikan.

2). Training Centre 6 Bulan

Program ini dikhususkan bagi para calon mekanik yang sudah memiliki dasar ilmu. Program ini berdurasi selama 6 bulan dan mencakup materi yang lebih mendalam, seperti perbaikan mesin diesel, mesin CVT, dan sistem elektronika.

3). Program Reguler Mobil Standard 2 Bulan

Program ini diperuntukkan bagi calon mekanik yang ingin belajar dasar-dasar otomotif. Program ini berdurasi selama 2 bulan, dengan fokus pembelajaran pada sistem mesin, chasis, dan kelistrikan mobil.

4). Program Private Engine + Chasis

Program ini diperuntukkan bagi calon mekanik mempelajari seputar materi dasar engine chasis hingga materi level medium.

5). Program Private EFI-VVTI

Program ini diperuntukkan bagi seseorang yang ingin belajar tentang materi dasar EFI-VVTI hingga materi level medium.

6). Program Private Mobil Diesel

Program ini diperuntukkan bagi seseorang yang ingin belajar tentang materi dasar Sitem Diesel hingga materi level medium.

7). Program Private AC Mobil

Program ini diperuntukkan bagi seseorang yang ingin belajar tentang materi dasar Sistem AC & Akan mempelajari sitem kerja, analisis kerusakan.

8). Program Private Accessories Electrical

Program ini khusus bagi yang ingin belajar tentang materi dasar accessories electrical & mempelajari sistem jalur kelistrikan pada kendaraan ringan.

Semua program kursus otomotif di OJC Auto Course dirancang dengan kurikulum yang terintegrasi dengan Standar Industri Otomotif (SII). Selain itu, OJC Auto Course juga memiliki fasilitas dan peralatan yang lengkap untuk mendukung proses pembelajaran. Dengan berbagai program kursus otomotif yang tersedia, OJC Auto Course dapat menjadi pilihan tepat bagi Anda yang ingin meningkatkan kualitas SDM otomotif Anda. (*)

 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khoirul Anwar
Publisher : Rifky Rezfany

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES