Otomotif

Marc Marquez Resmi Tinggalkan Tim Honda pada Akhir Tahun 2023

Senin, 09 Oktober 2023 - 18:02 | 903.49k
Rider Honda Racing Corporation (HRC) Marc Marquez sedang menunggu tirai terbuka. (FOTO: Michael Berns)
Rider Honda Racing Corporation (HRC) Marc Marquez sedang menunggu tirai terbuka. (FOTO: Michael Berns)

TIMESINDONESIA, JAKARTAMarc Marquez dan Honda telah memutuskan untuk mengakhiri kerja sama mereka. Kedua pihak yang sudah bersama selama 6 tahun ini akan resmi mengakhiri kerjasama mereka pada akhir tahun 2023 ini.

Selma bersama Honda dan Marc Marquez telah menghasilkan total enam gelar juara dunia selama sebelas musim antara 2013 dan 2023. Diperkirakan dirinya akan beralih ke tim satelit milik pabrikan Italia, Tim Gresini Racing.

Pada awalnya, Marc Marquez enggan membahas keputusannya untuk musim 2024 saat di MotoGP India. Berdasarkan laporan dari kanal YouTube MotoGP Rush, Marquez sedang mempertimbangkan untuk beralih ke Tim Gresini Racing, sementara KTM tampaknya mempertimbangkan partisipasinya pada tahun 2025.

Namun, Honda berupaya mempertahankannya hingga tahun terakhir kontrak. Pada akhirnya melalui media sosial resmi MotoGp Marc Marquez mengumumkan keputusannya untuk meninggalkan tim kebanggaannya. 

Berita kepindahan pria yang kini berusia 30 tahun tersebut sudah santer sejak MotoGP Jepang. Saat acara itu, Francesco Bagnaia dari Ducati Lenovo Team bercanda dengan mengucapkan "Bye-Bye Honda" kepada Marquez, yang spontan dijawab dengan "No! Why?".

Awal sejak Marc Marquez bergabung di tim HRC memberikan kesanmendalam. Pembalap Spanyol ini berhasil meraih gelar juara pada debutnya bersama Honda pada tahun 2013 dan mengulanginya dengan gelar kedua pada tahun 2014.

Marc Marquez kemudian mengalami masa dominasi yang luar biasa dari tahun 2016 hingga 2019, memenangkan gelar juara empat kali secara beruntun. Keunggulannya mencengangkan pada tahun terakhir dari periode tersebut mencapai 151 poin.

Meskipun pria kelahiran 17 Februari 1993 tersebut mampu memenangkan tiga balapan pada tahun 2021, motor RC213V kurang bersaing selama dua musim sebelumnya. Sejak Oktober tahun itu, ia belum pernah finis pertama dalam balapan Grand Prix.

Rumor tentang kepindahannya ke Tim Gresini semakin menguat dalam beberapa pekan terakhir, di mana ia dihubungkan dengan mengendarai Ducati yang sudah berusia setahun.

Kepastian rumor ini semakin bertambah setelah Marquez menunjukkan respons yang kurang positif terhadap prototipe Honda 2024 yang diujinya di Sirkuit Misano pada bulan September.

Meskipun belum ada pengumuman resmi dari Gresini mengenai kepindahannya, Marc Marquez nampaknya akan bergabung dengan tim berbasis di Faenza untuk kompetisi musim depan. Dalam tim baru ini, ia akan bersaing bersama saudara laki-lakinya, Alex, yang akan menjadi rekan satu timnya.

Kehadiran saudara kandung ini jelas memiliki pengaruh signifikan dalam keputusannya untuk bergabung dengan tim nomor 93 tersebut.

Dengan langkah baru ini, tantangan dan peluang baru tampak menanti Marc Marquez dalam perjalanan kariernya di MotoGP. Semua mata akan tertuju pada bagaimana performa dan adaptasinya di tim baru, menambah dinamika menarik dalam gelaran balap MotoGP yang semakin sengit. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khodijah Siti
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES