Otomotif

Porsche Kenalkan The Macan, SUV Listrik Canggih Seharga Rp 1,2 Miliar

Minggu, 28 Januari 2024 - 06:09 | 57.56k
The Macan, SUV listrik terbaru besutan Porsche. (Foto: Porsche)
The Macan, SUV listrik terbaru besutan Porsche. (Foto: Porsche)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Porsche, produsen mobil sport kenamaan, baru-baru ini mengumumkan peluncuran kendaraan listrik keduanya, yaitu SUV The Macan yang telah lama ditunggu-tunggu. Kendaraan ini dibanderol dengan harga yang cukup mengejutkan karena terjangkau untuk ukuran Porsche, yaitu seharga $80,450 (Rp 1,246 miliar).

Perkenalan The Macan ini menandai pertama kalinya Porsche mengubah salah satu kendaraan yang sudah ada menjadi kendaraan listrik.

Dilansir TIMES Indonesia dari The Verge, Porsche Macan terbaru ini dilengkapi dengan baterai berkapasitas 100kWh, di mana 95kWh di antaranya dapat digunakan, serta arsitektur 800-volt yang memungkinkan pengisian cepat. Porsche menyatakan bahwa Macan mampu menerima pengisian cepat hingga 270kW, dengan waktu pengisian dari 10 hingga 80 persen hanya dalam 21 menit.

Macan EV merupakan kendaraan listrik baterai kedua yang dijual Porsche. Mobil ini bersanding dengan Taycan yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 2019. Kendaraan ini dibangun di atas arsitektur Premium Platform Electric Porsche, yang dikembangkan bersama dengan Audi.

Porsche berencana mengumumkan jangkauan yang diestimasikan oleh EPA ketika Macan EV mendekati waktu pengiriman. Namun, berdasarkan spesifikasi yang ada, kita dapat memperkirakan jangkauan yang dinilai oleh WLTP sekitar 310 mil. Jangkauan EPA kemungkinan akan sedikit lebih rendah.

Di stasiun pengisian 400-volt, saklar tegangan tinggi pada baterai memungkinkan pengisian bank dengan membagi baterai 800-volt menjadi dua baterai, masing-masing dengan tegangan nominal 400 volt. Pengisian AC hingga 11kW juga dimungkinkan, tergantung pada peralatan yang tepat.

Porsche akan memproduksi dua versi kendaraan ini: Macan 4 dan Macan Turbo, keduanya dilengkapi dengan motor ganda untuk penggerak empat roda. Macan 4 akan menghasilkan 300kW atau setara dengan 402 tenaga kuda dan torsi 479 lb-ft, dapat berakselerasi dari nol hingga 60mph dalam 4,9 detik, dan mencapai kecepatan puncak 136mph. Sedangkan Macan Turbo akan menghasilkan 470kW atau 630 tenaga kuda dan torsi 833 lb-ft, mampu mencapai 60mph dari posisi diam hanya dalam 3,1 detik, dan mencapai kecepatan puncak 161mph.

Kedua model Macan dilengkapi dengan suspensi udara dan kontrol peredaman elektronik Porsche Active Suspension Management (PASM) sebagai standar. Porsche menyatakan bahwa sistem manajemen ini menampilkan peredam dengan teknologi dua katup, menghasilkan "spektrum yang lebih luas antara kenyamanan dan performa" serta "karakteristik yang lebih berbeda antara berbagai program pengendaraan."

Tidak ada informasi apakah Macan akan dilengkapi dengan fitur "Active Ride" yang ditemukan pada Panamera E-Hybrid yang dapat secara aktif memiringkan kendaraan mengikuti setir.

Dari segi aerodinamika, Macan terlihat sangat efisien dengan koefisien hambatan sebesar 0.25. Hal ini dicapai dengan adanya flap pendingin aktif pada intake udara depan, penutup fleksibel pada underbody yang disegel, dan tirai udara di bawah lampu depan.

Untuk pertama kalinya, Porsche menyatakan bahwa Macan akan dilengkapi dengan kemudi sumbu belakang opsional, yang memungkinkan sudut kemudi maksimal lima derajat. Hal ini memungkinkan radius putar yang kompak sepanjang 36.4 kaki dalam lalu lintas perkotaan dan saat bermanuver, dibantu oleh kemudi sumbu depan.

Selain itu, Macan juga dilengkapi dengan ruang bagasi depan, atau frunk, dengan volume 2.9 kaki kubik. Kapasitas ini sama dengan yang dimiliki oleh Taycan Cross Turismo dan hanya cocok untuk barang-barang berukuran kecil.

Inden Macan Mulai Juni 2024

Porsche memposisikan Macan sebagai kendaraan utilitas serba guna. Meskipun tidak sebanding dengan kemampuan off-road 911 Dakar, Macan versi listrik ini dipasangi roda berukuran 22 inci dan memiliki jarak sumbu roda yang 3,4 inci lebih panjang dari model saat ini. Kendaraan ini mampu menarik beban hingga 4,409lbs.

Di dalam kendaraan, pengemudi akan menemukan versi terbaru dari head-up display Porsche, yang perusahaan bandingkan dengan realitas tertambah. Panah navigasi virtual akan muncul pada jarak 32,8 kaki dan sesuai dengan ukuran layar sebesar 87 inci. Ini benar-benar sesuatu yang perlu dilihat untuk dipercaya. Layar sentuh tengah berukuran 12,6 inci, sementara kluster gauge berukuran 10,9 inci.

Porsche telah menyatakan bahwa mereka akan mengadopsi Android Automotive pada pertengahan dekade ini, dengan Macan menjadi salah satu kendaraan pertama yang menampilkan sistem infotainment yang didukung oleh Google ini. Apple CarPlay masih akan tersedia untuk pengguna iPhone. Pengemudi dapat mengakses asisten suara menggunakan kata-kata pemicu "Hey Porsche" untuk mendapatkan bantuan navigasi atau menemukan tempat pengisian.

Meskipun Porsche Taycan 2024 dimulai dengan harga sekitar $92,550, Macan akan sedikit lebih terjangkau — setidaknya untuk pemilik mobil mewah. Produsen mobil mengatakan bahwa Macan 4 akan mulai dari harga $78,800, ditambah biaya pengiriman sebesar $1,650, sehingga totalnya menjadi $80,450. Sementara itu, Macan Turbo akan mulai dari $106,950, termasuk biaya pengiriman tersebut.

Pemesanan untuk kedua versi Macan EV dimulai hari ini, dengan Porsche memperkirakan bahwa pengiriman akan dimulai pada paruh kedua tahun 2024. Dengan peluncuran Macan listrik ini, Porsche tidak hanya menunjukkan komitmennya terhadap mobilitas berkelanjutan tetapi juga menawarkan pilihan mewah dan berperforma tinggi bagi para penggemar otomotif. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rifky Rezfany

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES