Otomotif

Ferrari Luncurkan Mobil F1 Baru 2024, Begini Penampakannya

Rabu, 14 Februari 2024 - 08:00 | 76.47k
Scuderia Ferrari tetap mempertahankan warna ikonik mereka, yakni dominan merah menyala. (FOTO: Instagram ferrari)
Scuderia Ferrari tetap mempertahankan warna ikonik mereka, yakni dominan merah menyala. (FOTO: Instagram ferrari)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Dari markasnya di Maranello Italia, Ferrari meluncurkan mobil baru Formula 1 (F1), SF-24 yang tetap didominasi warna merah, Selasa (23/2/2024) petang.

Desain mobil SF-24 tidak mengalami perubahan mencolok. Scuderia Ferrari tetap mempertahankan warna ikonik mereka, yakni dominan merah menyala. 

Tapi livery ini menjadi semakin cantik dengan adanya tambahan striping garis berwarna putih dan kuning pada bagian samping. Mobil Formula-1 2024, SF-24 ini diklaim Ferrari '95% baru' dibandingkan pendahulunya.

Ferrari mengatakan, kelompok desainnya bertujuan untuk memberi dua pebalapnya, Charles Leclerc dan Carlos Sainz sebuah mobil yang mudah dikendarai dan bereaksi dengan cara yang bisa diprediksi.

Livery Ferrari SF-24 sebagian besar sama dengan pengecatan pada SF-23, hanya ada migrasi warna hitam, dan garis-garis kuning dan putih paralel di sepanjang sidepod dan perbedaan besar di nosecone-nya.

Ini mengikuti SF-23 yang merupakan satu-satunya mobil non-Red Bull yang memenangkan perlombaan tahun lalu, di tangan Carlos Sainz di Singapura.

Bos tim Ferrari, Fred Vasseur pada akhir tahun lalu sudah mengatakan, bahwa mobil 2024 akan menampilkan "95% komponen baru", seperti skala perubahan selama musim dingin.

Ini adalah Ferrari Vasseur pertama yang mengawasi perkembangannya dengan baik, setelah mulai berusaha meyakinkan pada Januari tahun lalu ketika pengerjaan SF-23 pada dasarnya telah selesai.

Pada umumnya tidak ada perubahan yang terlalu mencolok pada mobil balap baru mereka seri SF-24 ini. Kursi pembalap juga tidak ada perubahan.

Duet Charles Leclerc dan Carlos Sainz Jr masih akan memperkuat tim Ferrari hingga musim keempat ini. Mereka masih akan bersama di Scuderia Ferrari, sekaligus akan menjadi musim terakhir bagi Carlos Sainz.

Carlos Sainz sudah dipastikan akan hengkang dari tim berlogo kuda jingkrak ini pada F1-2025. Posisinya akan digeser oleh pebalap Lewis Hamilton yang akan merapat pada musim tersebut. 

Tidak ada perubahan mencolok memang dari segi warna pada livery SF-24. Namun kemungkinan besar, perubahan besar terjadi pada mesin mobil dan mungkin juga pada bagian-bagian elektronik lainnya.

Scuderia Ferrari bertekad menghentikan dominasi rivalnya yakni Red Bull Racing dan Mercedes. Scuderia Ferrari meraih hasil yang kurang begitu memuaskan pada F1 2023.

Tim yang dikomandoi Frederic Vasseur ini harus puas duduk di posisi tiga pada klasemen konstruktor dengan koleksi 406 poin, kalah tipis dari Mercedes (409 poin) dan kalah jauh dari Red Bull Racing (860 poin).

Karena itu cukup menarik untuk dinantikan bagaimana performa Charles Leclerc dan juga Carlos Sainz bersama mobil SF-24-nya ini. 

Seri balapan pertama GP Bahrain akan berlangsung di Sirkuit Internasional Bahrain, 29 Februari hingga 2 Maret 2024 mendatang. Tetapi sebelum itu, akan berlangsung terlebih dahulu tes resmi di lokasi yang sama pada 21-23 Februari mendatang.

Frederic Vasseur bertekad dengan peluncuran mobil baru Ferrari SF-24 ini, mereka harus menjadi yang terdepan di F1 secara konsisten. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES