Otomotif

Pemudik Wajib Tahu, Ini Dia 8 Komponen Kendaraan Bermotor yang Harus Dicek

Senin, 08 April 2024 - 15:43 | 134.43k
Sumarlan, pemilik Bengkel Motor Kita saat melakukan pengecekkan CVT kendaraan bermotor. (Foto: Aditya Candra/TIMES Indonesi)
Sumarlan, pemilik Bengkel Motor Kita saat melakukan pengecekkan CVT kendaraan bermotor. (Foto: Aditya Candra/TIMES Indonesi)

TIMESINDONESIA, MAGETANMudik menjelang libur lebaran memang sudah menjadi tradisi di Indonesia namun agar nyaman dan aman, pastikan kendaraan bermotor layak digunakan dengan mengecek beberapa komponen didalamnya. 

Sumarlan, pemilik Bengkel Kita yang berada di Jalan Hasanudin, Nomor 94B, Terbono, Selosari, Kecamagan Magetan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur mengatakan, ada 8 komponen motor yang wajib di cek sebelum mudik, salah satunya seperti

1. Oli Mesin
Pengendara wajib melakukan pengecekkan terhadap oli mesin, pastikan kualitasnya masih bagus atau tidak kotor. Namun alangkah baiknya jika ingin mudik bisa diganti terlebih dahulu untuk mengantisipasi berkurangnya performa motor saat di kendarai. 

2. Ban Motor
Pastikan ban motor memiliki tekanan sesuai standar, tidak terlalu tinggi dan rendah. Pasalnya tekanan udara yang tidak sesuai dapat mengakibatkan motor kurang nyaman dan mempengaruhi keselamatan pengendara. Pastikan juga keausan pada ban, jika sudah aus lebih baik diganti serta jangan lupa cek juga apakah ban mengalami kebocoran atau tidak.

3. Vanbelt dan Rantai Motor
Vanbelt sebagai penghubung antara mesin dan roda belakang wajib di cek, dengan membuka box CVT (Continuously Variable Transmission), apakah terjadi perenggangan atau retak. Jika retak lebih baik langsung di ganti agar tidak putus ditengah jalan, begitu pun rantai motor, pastikan tidak terlalu renggang atau terlalu kencang. 

4. Aki (ACCU)
Seluruh kelistrikan kendaraan bermotor disuplai dari AKi, terutama untuk penerangan, klakson, starter, pengapian dan menjalankan sistem ECU. Maka dari itu coba pastikan Aki tidak tekor. 

5. Busi Mesin
Busi dalam motor sebagai pemuncul percikan api untuk membakar udara dan bahan bakar, jadi pastikan busi tidak bermasalah karena itu merupakan komponen penting untuk menjaga performa motor serta menjaga konsumsi bahan bakar. 

6. Rem depan dan Rem belakang 
Rem berfungsi untuk menurunkan kecepatan ketika kendaraan berjalan cukup laju, rem merupakan komponen penting agar berkendara tetap aman, pastikan kampas rem atau cakram dalam kondisi yang baik agar daya cengkram rem semakin maksimal. 

7. Lampu utama dan Sein
Jika berkendara pada waktu malam hari, tentunya lampu sangatlah diperlukan agar kondisi jalan dihadapan pengendara terlihat jelas, jika lampu utama motor redup lebih baik di ganti yang lebih terang sehingga pandangan dapat maksimal, dan juga lampu sein sebagai penanda arah ketika kita ingin mengambil lajur atau belok kiri dan kanan, pastikan komponen tersebut dapat bekerja dengan baik. 

8. Radiator atau pendingin mesin
Radiator pada motor berfungsi untuk mendinginkan mesin agar tidak overheat dan menjaga suhunya stabil di suhu performa. Periksa air radiator apakah perlu diisi ulang atau tidak, ataupun mengalami kebocoran. 

"Jika para pengemudi bingung untuk melakukan pengecekkan komponen kendaraan, bisa langsung datang saja ke bengkel terdekat dan minta untuk melakukan beberapa komponen penting tersebut, sehingga jika ada kerusakan bisa langsung di service," ujarnya kepada TIMES Indonesia, Senin (8/4/2024). 

Sumarlan melanjutkan, mendekati momen lebaran ini, memang sebagian bengkel kendaraan akan mengalami penambahan pelanggan untuk mengecek kendaraan ataupun melakukan perbaikan kerusakan.

"Bengkel memang lebih ramai dari biasanya, karena banyak yang melakukan perbaikan untuk mudik, dan kebanyakan service ringan saja, karena kalau kerusakannya berat akan memakan waktu lebih lama pengerjaannya," tuturnya. 

Nah, bagi para pemudik yang ingin pulang ke kampung halaman ataupun mengunjungi keluarga, jangan lupa untuk melakukan pengecekkan kendaraan sebelum berangkat, dengan begitu momen mudik lebaran akan menjadi aman, nyaman dan mengasikkan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES