Pemerintahan

Petani Perempuan Dilantik Anggota DPRD Kota Batu 

Senin, 30 Desember 2019 - 18:17 | 40.87k
Susanti Levirika saat dilantik Ketua DPRD Kota Batu, Asmadi menjadi anggota DPRD Kota Batu. (FOTO: Istimewa/TIMES Indonesia) 
Susanti Levirika saat dilantik Ketua DPRD Kota Batu, Asmadi menjadi anggota DPRD Kota Batu. (FOTO: Istimewa/TIMES Indonesia) 

TIMESINDONESIA, BATU – Susanti Levirika, petani perempuan asal Desa Oro-Oro Ombo, Kecamatan Batu ini dilantik menjadi anggota DPRD Kota Batu masa bhakti 2019-2024 di Gedung DPRD Kota Batu, Senin (30/12/2019). 

Susanti dilantik menjadi anggota dewan dari Partai Golkar oleh Ketua DPRD Kota Batu, Asmadi. Ia menggantikan almarhum Sugandi, anggota DPRD Kota Batu dari Partai Golkar yang meninggal dunia akibat sakit paru-paru pada 17 Oktober 2019 lalu. 

Komisioner KPU Kota Batu, Marlina SP MSi membenarkan bahwa KPU sudah memproses pengajuan PAW almarhum Sugandi. "Susanti menggantikan almarhum Sugandi karena berada di peringkat kedua dari perolehan suara Caleg dari Partai Golkar," ujarnya. 

Asmadi-2.jpg

Sesuai dengan aturan, calon pengganti antar waktu (PAW) adalah calon dengan perolehan suara terbanyak urutan berikutnya pada parpol dan daerah pemilihan yang sama. 

Susanti Levirika mendapatkan 832 suara sah. Saat almarhum Sugandi meninggal dunia, DPD Partai Golkar mengusulkan PAW ke DPRD,  kemudian DPRD meminta kelengkapan berkas dan perolehan suara ke KPU Batu, kemudian berkas disampaikan ke Pemerintah Kota untuk diteruskan ke Gubernur Jatim untuk mendapatkan persetujuan. 

Sementara Susanti menegaskan siap mengemban tugas dan tanggung jawabnya sebagai anggota DPRD. 

Susanti dibesarkan di kalangan keluarga petani dan peternak. Ibunda Susanti dikenal sebagai Ketua Gapoktan Pandermania Desa Oro Oro Ombo sedangkan suaminya adalah anggota LMDH. 

Asmadi-3.jpg

Susanti sudah menjadi kader Partai Golkar sejak tahun 2009 dimulai dari menjadi saksi Partai Golkar pada Pemilu tahun 2009, kemudian bergabung menjadi anggota Kesatuan Perempuan Partai Golkar (KPPG) dan menjadi caleg dalam Pileg 2019.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Batu, Asmadi berharap Susanti mampu mengamban tugas sebagai wakil rakyat. Serta mampu mengakomodir dan menyerap aspirasi masyarakat Kota Batu. 

"Kami berharap Susanti bisa menjadi bagian anggota DPRD untuk menyuarakan apa yang dikeluhkan oleh masyarakat untuk membangun Kota Batu yang berkeadilan dan berpihak kepada masyarakat," ujar Asmadi. 

Hal itu dikemukakan Asmadi saat melanik petani perempuan ini menjadi anggota DPRD Kota Batu masa bhakti 2019-2024. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Batu

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES