Pemerintahan

Berdiri 20 Tahun, Gedung Lantai 8 Pemkab Ponorogo Baru Dicat Kembali Tahun Ini

Jumat, 16 September 2022 - 15:34 | 21.26k
Gedung lantai 8 Pemkab Ponorogo yang sudah berdiri 20 tahun baru dicat ulang tahun ini. (FOTO: Marhaban/TIMES Indonesia)
Gedung lantai 8 Pemkab Ponorogo yang sudah berdiri 20 tahun baru dicat ulang tahun ini. (FOTO: Marhaban/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PONOROGOPemkab Ponorogo menganggarkan dana Rp800 juta dalam APBD 2022  untuk melakukan pengecatan ulang gedung Graha Krida Praja. Pengecatanpun sudah mulai dilakukan dari warna coklat muda nantinya diganti dengan warna putih kuning keemasan.

Heru Budi Santoso, Kabag Umum Sekretariat Daerah Ponorogo mengatakan, saat ini proses pengecatan gedung Pemkab Ponorogo tersebut sedang pemasangan tangga ke atas untuk sarana pengecatan, lalu pemilihan warna cat oleh Bupati Sugiri Sancoko,

Advertisement

"Kemudian pengelupasan cat dan 2 minggu kedepan proses pengecatan," kata Heru Budi Santoso terkait proses pengecatan gedung lantai 8 Pemkab Ponorogo, Jumat (16/9/2022).

Gedung-lantai-8-Pemkab-Ponorogo-2.jpg

Menurut Heru, pengecatan gedung lantai 8 menghabiskan anggaran Rp800 juta lebih dengan jangka waktu pengerjaan hampir 3 bulan. "Warna cat yang dipilih bupati Sugiri Sancoko yakni putih – kuning keemasan seperti gedung Bappeda," ulasnya.

Pihaknya mengklaim meskipun menggunakan cat di luar ruangan bisa bertahan hingga 10 tahun, karena kualitas cat nomor satu diambilkan dari pabrik langsung dan saat proses pengecatan nanti diawasi langsung oleh pengawas dari pabrik.

Nantinya baik proses pengelupasan dan pengecatan dilakukan dari kantor depan, lalu kantor penghubung kemudian gedung lantai 8 dari atas ke bawah. Pihaknya mengaku pengecatan terakhir dilakukan 20 tahun terakhir untuk keseluruhan gedungnya.

"Namun yang bawah sudah dicat sekitar 3 tahun lalu. Karena kondisinya berjamur dan mengelupas juga sehingga dicat ulang pada saat ini," kata Kabag Umum Sekretariat Daerah Ponorogo Heru Budi Santoso.

Gedung Lantai 8 Kantor Pemkab Ponorogo Dibangun pada Zaman Bupati Markum Singodimedjo

Gedung Graha Krida Praja atau gedung lantai 8 yang kini menjadi kantor Pemkab Ponorogo adalah warisan mantan Bupati Ponorogo Markum Singodimedjo (1994-2003).

Ditangan beliau, pembangunan Ponorogo sangat maju di jamannya bahkan gedung-gedung hasil bangunannya sampai sekarang masih kokoh berdiri.

Kantor Pemkab Ponorogo yang berlantai 8 tersebut merupakan satu-satunya gedung pemerintahan yang ada di Jawa Timur.

Selain gedung Graha Krida Praja (Kantor Pemkab Ponorogo), ada juga gedung tempat wakil rakyat berkantor, gedung DPRD di Jalan Alun-Alun Timur.

Di sektor olahraga Bupati Markum Singodimedjo juga membangun GOR Singodimedjo di Jalan Pramuka Ponorogo.

"Ada lagi patung macan dengan sebutan Blok M (Macan) didepan Paseban Jalan Alun-Alun Utara Ponorogo," kata Yuniarto mantan Kasubag Humas/ Protokol Pemkab Ponorogo di era Bupati Markum Singodimedjo.

Ia juga menyebut Bupati Markum Singodimedjo membangun patung-patung ikonik yang menunjukkan karakter Ponorogo di setiap perempatan-perempatan dalam kota Ponorogo.

"Ada patung warok, patung bujangganong, dan patung klonosewandono, yang jelas pak Markum jasanya luar biasa bagi pembangunan Ponorogo," ujar Yuniarto. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES