Pemerintahan

Perempuan Hebat Datang, Targetkan 'Bumoe Rameune' Akan Berkembang

Minggu, 16 Oktober 2022 - 20:47 | 46.70k
Pj Bupati Nagan Raya, Fitriany Farhas AP, S.Sos, M.Si (FOTO: TM/TIMES Indonesia)
Pj Bupati Nagan Raya, Fitriany Farhas AP, S.Sos, M.Si (FOTO: TM/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, ACEH – Deburan air dari langit menghentak, menggagah atap Hotel Hip Hope di Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh. Melintas mobil patroli Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) Nagan Raya berwarna putih, tepat di jalan depan lobi hotel tersebut.

Di belakangnya, diikuti Toyota Alphard berwarna hitam, dengan nomor polisi BL 1 V, kendaraan roda empat milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nagan Raya. Diketahui, kendaraan tersebut ditumpangi oleh Pj Bupati Nagan Raya, Fitriany Farhas AP, S.Sos, M.Si.

Advertisement

Perjalanan dari Banda Aceh ke Nagan Raya

Bupati-Nagan-Raya-2.jpgTepuk tepung tawar Pj Bupati Nagan Raya, Fitriany di Pendopo Bupati (FOTO : T.Khairul Rahmat Hidayat/TIMES Indonesia)

Roda kendaraan terus memutar, menggelinding jalan arah pantai barat selatan, Aceh. Tujuannya, menuju kabupaten berjuluk 'Bumoe Rameune' atau Kabupaten Nagan Raya, yang selanjutnya kabupaten itu akan dipimpin oleh Fitriany Farhas. Dia merupakan perempuan pertama yang ditunjuk sebagai Pj bupati di Provinsi Aceh oleh Kemendagri RI.

Perjalanan sore itu menunjukkan pukul 15.00 WIB, jalan aspal yang dilalui basah dengan air hujan, pertanda keberkahan mengiringi perjalanan lintas Kota Banda Aceh - Kabupaten Nagan Raya, sehingga menambah kesan romantika di perjalanan.

Hujan pun kian menderu, kabut gelap menyelimuti, dingin, kuku yang menempel di jari-jemari terasa beku, bulu yang menancap di permukaan kulit tak kenal sayu dan terus menjuntai menjaga agar tubuh tetap dalam keadaan hangat.

Setiba di Gunung Paro dan Gunung Kulu, Kabupaten Aceh Besar, antrian panjang merayap, menunggu antrian menanjak. Di paling depan, ternyata ada 'monster' kendaraan trailer angkutan barang. Gigi semut kendaraan pastilah pelan, agar aman dan selamat sampai tujuan.

Di tandajakan kedua, sopir trailer memberikan ruang, agar kendaraan kecil dibelakangnya bisa mendahului. Setelah petugas LLAJ memacu mobil yang berwarna putih itu dari jalur kanan, kendaraan yang ditumpangi oleh orang nomor satu di Kabupaten Nagan Raya dan rombongan bisa kembali melaju dengan lancar.

Tidak lama berselang, sekitar 15 menit setelah melewati kedua gunung itu, selanjutnya rombongan tiba di perbatasan Kabupaten Aceh Besar dan Kabupaten Aceh Jaya. Pasti, Gunung Geurute di Kabupaten Aceh Jaya menjulang tinggi di depan mata. Pemandangan yang indah dari Puncak Geurute pudar, tak tampak, karena cuaca saat itu kurang bersahabat. Tapi dinginnya pegunungan menusuk pori-pori di kulit tubuh, sangat dingin.

Setelah menuruni Gunung Geurute, di pergelangan tangan menunjukkan pukul 16.31 Wib, rombongan singgah di SPBU Lamno, Kabupaten Aceh Jaya, untuk menghadap Allah SWT, melaksanakan Shalat Ashar. Selanjutnya, rombongan melanjutkan perjalanan. Disaat jam menunjukkan pukul 19.00 Wib, rombongan kembali berhenti di salah satu masjid yang ada di Kabupaten Aceh Barat, melaksanakan Shalat Magrib.

Kemudian, setelah melaksanakan Shalat Magrib di masjid tersebut, Fitriany dan rombongan meneruskan perjalanan, yaitu menuju Pendopo Bupati Nagan Raya, yang terletak di Komplek Perkantoran Suka Makmue, Kabupaten Nagan Raya.

Penyambutan di Nagan Raya

Bupati-Nagan-Raya-3.jpgPj Bupati Nagan silaturahmi di Pendopo Bupati Nagan Raya (FOTO : T.Khairul Rahmat Hidayat/TIMES Indonesia)

Hujan lebat sudah berhenti, namun masih jatuh sedikit titik-titik air dari langit membasahi bumi. Sesampai di komplek perkantoran sekira pukul 20.00 Wib, tanaman dan tumbuh-tumbuhan melambai-lambai ditiup angin, seolah sedang menyambut kedatangan perempuan nomor satu di Kabupaten Nagan Raya itu.

Dari kejauhan, samar-samar terlihat gerbang Pendopo Bupati Nagan Raya. Persis sesampai tepat di depannya, sejumlah petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) memberi hormat atas kedatangan Fitriany Farhas dan rombongan.

Puluhan pejabat Satuan Kerja Perangkat Kabupaten (SKPK), Aparatatur Sipil Negara (ASN) dan tamu undangan menyambut kedatangan Fitriany yang menumpangi BL 1 V dan rombongan dengan senyum mesra, seraya mempersilahkan perempuan hebat itu memasuki gedung utama pendopo.

Diketahui, penyambutan tersebut bersamaan dengan diadakannya silaturahmi dan 'peusijuk' atau tepuk tepung tawar antara Kepala SKPK, ASN dan tamu lainnya dengan Pj Bupati Nagan Raya, Fitriany Farhas, AP, S.Sos, M.Si. Dia dan suami duduk di pelaminan yang telah disediakan.

Secara bergantian, para pemuka pemerintah, ulama, dan pemangku adat istiadat turut menepuk tawar keduanya. Pertama, Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Nagan Raya, selanjutnya Ketua Majelis Adat Aceh MAA) Nagan Raya, dan juga Sekretaris Daerah (Sekda) Nagan Raya juga mendapat bagian menunaikan adat istiadat itu.

Tepuk tepung tawar sendiri merupakan salah satu tradisi dalam masyarakat Melayu dalam mengiringi acara-acara seperti pernikahan, khitanan, upah-upah, syukuran, penyembuhan, naik jabatan, dan lain-lain yang bertujuan sebagai ungkapan rasa syukur atas segala kenikmatan serta memberikan doa selamat.

Sambutan dan Silaturahmi Pj Bupati Nagan Raya

Tidak cukup di situ, kemudian, dalam sambutannya, Sekda Nagan Raya, Ir.H. Ardimartha mengucapkan selamat datang dan selamat bertugas kepada Pj. Bupati Nagan Raya dan keluarga. Menurutnya, prosesi peusijuk itu sebagai isyarat bahwa Fitriany telah menjadi keluarga besar dari masyarakat Kabupaten Nagan Raya.

"Dengan berkat rahmat Allah yang Maha Kuasa, ibu telah ditunjuk menjadi pemimpin kami di Kabupaten Nagan Raya. Dengan segenap kekuatan yang kami miliki, niat yang tulus dan ikhlas, seluruh Aaratur sipil Negara (ASN) di Kabupaten Nagan Raya siap mendukung penuh ibu Pj Bupati dalam melaksanakan tugas-tugas pemerintahan sehari-hari," kata Ardi, dalam keterangan diterima awak media, Minggu (16/10/2022)

Pada kesempatan itu, Pj Bupati Nagan Raya, Fitriany Farhas mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada rekan-rekan Forkopimda Nagan Raya dan Sekda beserta para Kepala SKPK atas sambutan dengan prosesi peusijuk.

"Ini merupakan sebuah kehormatan  bagi kami dan keluarga karena kami telah diterima menjadi bagian dari keluarga besar masyarakat Kabupaten Nagan Raya," kata Fitriany.

Dengan menjadi bagian dari keluarga besar masyarakat Nagan Raya, lanjut Fitriany, berarti mulai saat ini tidak ada lagi hijab pemisah antara Pj Bupati dengan para undangan yang telah hadir pada kegiatan itu, demikian juga dengan seluruh masyarakat Kabupaten Nagan Raya.

Dia menjelaskan, sesuai dengan surat keputusan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri RI) Nomor 131.11-5769 tahun 2022, menunjukkan dirinya sebagai Pj Bupati untuk mengganti pejabat lama yang sudah berakhir masa jabatannya beberapa hari yang lalu.

"Bapak Penjabat Gubernur Aceh telah melantik kami untuk melaksanakan tugas sebagai penjabat Bupati Nagan Raya," ujar Fitriany.

Pj Gubernur Aceh memberikan beberapa tugas prioritas kepada Fitriany sebagai Pj Bupati Nagan Raya, diantaranya untuk memimpin pelaksanaan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah dan memelihara ketertiban dan ketentraman masyarakat.

Selanjutnya, memfasilitasi pelaksanaan pemilu 2024 dan pilkada 2024 serta menjaga netralitas pegawai, melaksanakan tugas selaku Ketua Satgas Covid-19 dan beberapa tugas penting lainnya yang diamanah.

"Saya akan bekerja semaksimal mungkin untuk membangun Nagan Raya, sebagai abdi negara dengan mengabdikan diri untuk masyarakat sesuai dengan tangung jawab terhadap sumpah yang telah diucapkan dalam pelantikan sebagai Pj Bupati Nagan Raya," imbuhnya.

Pada kesempatan itu, Fitriany mengharapkan dukungan dari seluruh lapisan masyarakat Nagan Raya dan kerjasama kepada rekan-rekan Forkopimda, Sekda, Para Staf Ahli, Para Asisten, Kepala SKPK dan masyarakat.

"Selanjutnya, kepada para alim ulama dan tokoh adat yang ada di Kabupaten Nagan Raya, Ia mengharapkan bimbingan dalam menjalankan amanah agar tidak keluar dari tuntunan keislaman dan tatanan adat istiadat," imbuhnya.

Selain itu, kepada awak media, Fitriany juga meminta agar dapat memberikan masukan kepadanya tentang kenyataan apa yang ditemukan dilapangan, untuk menjadi bahan evaluasi dalam penataan pemerintahan kedepan yang lebih baik.

Di akhir pidatonya, Pj Bupati Nagan Raya itu mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bersatu padu membangun Nagan Raya, hilangkan perbedaan, kuatkan persatuan untuk membangun Kabupaten Nagan Raya.

Tak hanya itu, Fitriany juga meminta Kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN), untuk dapat bekerja secara maksimal dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

"Penjabat Bupati Nagan Raya adalah milik seluruh masyarakat sampaikan kepada kami tentang apa yang menjadi keluhan masyarakat," kata Pj Bupati Nagan Raya, Fitriany Farhas dalam kegiatan prosesi peusijuk di Pendopo Bupati Nagan Raya.

Dia juga berkomitmen akan membangun, mengembangkan, memajukan serta mensejahterakan Kabupaten Nagan Raya. Hal itu bisa diwujudkan dengan adanya dukungan dari masyarakat dan semua elemen yang ada di Kabupaten Nagan Raya.

Sebelumnya, Fitriany Farhas dilantik oleh Pj Gubernur Aceh, Achmad Marzuki di Anjong Mon Mata, Pendopo Gubernur Aceh, Banda Aceh pada Selasa (11/10/2022) lalu. Pelantikan dan pengambilan sumph jabatan tersebut, berdasarkan keputusan Kemendagri-RI menggantikan pasangan H. M. Jamin Idham, SE dan Chalidin Oesman yang telah berakhir masa jabatan pada 9 Oktober 2022 lalu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES