Pemerintahan

Kementerian PUPR RI Raih Anugerah Humas Indonesia 2022

Sabtu, 29 Oktober 2022 - 19:12 | 37.66k
Kementerian PUPR RI Raih Anugerah Humas Indonesia 2022
Staf Ahli Menteri PUPR RI Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan sekaligus Jubir Kementerian PUPR RI Endra S. Atmawidjaja saat menerima Anugerah Humas Indonesia 2022, Jumat (28/10/2022) di Malang. (FOTO: Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR RI)

TIMESINDONESIA, MALANG – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR RI) kembali menerima penghargaan pada ajang Anugerah Humas Indonesia (AHI) 2022 Kategori Pelayanan Informasi Publik, Sub-Kategori Laporan Pelayanan Informasi Publik dan Kategori Kanal Digital, Sub-Kategori Media Sosial Twitter yang diselenggarakan oleh Humas Indonesia.

Di samping kompetisi berbasis penjurian tersebut, Humas Indonesia juga melakukan pemilihan kategori pemimpin dan institusi terpopuler di media digital melalui proses media monitoring yang dilakukan salah satu start-up di bidang teknologi, NoLimit.

Berdasarkan penilaian tersebut, Kementerian PUPR RI juga berhasil menyandang predikat sebagai Institusi Terpopuler di Media Digital 2022. Kemudian, Menteri PUPR RI Basuki Hadimujono juga dinobatkan sebagai Pemimpin Terpopuler di Media Digital 2022.

Mewakili Menteri Basuki, Endra S. Atmawidjaja selaku Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan sekaligus Juru Bicara Kementerian PUPR RI menerangkan bahwa hal ini merupakan suatu capaian yang baik dan dapat dipertahankan oleh Kementerian PUPR RIsejak beberapa tahun terakhir.

Anugerah-Humas-Indonesia-2022-b.jpg

“Hal ini merupakan bukti bahwa Kementerian PUPR terus berupaya dan bekerja dengan sungguh-sungguh untuk membangun kehumasan yang profesional. Karena memang kita menyadari bahwa fungsi kehumasan sangat penting untuk Kementerian PUPR yang diamanahi anggaran yang  besar oleh Presiden RI. Sehingga, menjadi kewajiban kami untuk mereport kepada publik mengenai progress dan hasil pembangunan infrastruktur. Jadi ini bukan semata-mata untuk memenuhi kebutuhan informasi dan komunikasi saja,” terang Endra saat mewakili Menteri Basuki dalam kegiatan AHI 2022, Jumat (28/10/2022) di Malang.

Menurut Endra, capaian yang diperoleh Kementerian PUPR RI juga tidak terlepas dari peran media sosial sebagai salah satu instrumen kehumasan yang efektif saat ini.

“Media sosial merupakan salah satu instrumen yang efektif sehingga kita dapat menyampaikan berbagai kemajuan pembangunan infrastruktur setiap hari kepada masyarakat. Tetapi ke depan, saya kira tantangan tidak mudah, terutama di tahun politik. Banyak sekali berita-berita distortif dan perlu kita berikan balancing dengan informasi yang tepat bagi masyarakat,” kata Endra.

Anugerah-Humas-Indonesia-pupr-2.jpg

Anugerah Humas Indonesia merupakan ajang kompetisi kinerja komunikasi dan keterbukaan informasi lembaga publik (government public relations/ GPR) di Kementerian, Lembaga, Pemerintah Daerah, Perguruan Tinggi Negeri, BUMN, Anak Usaha BUMN, dan BUMD se-Indonesia.

Founder dan CEO Humas Indonesia Asmono Wikan mengatakan, fungsi humas sangat strategis sebagai salah satu garda terdepan dalam mengampu peran komunikasi publik. Menyadari akan hal tersebut, diselenggarakanlah AHI sebagai bentuk apresiasi.

“Humas Indonesia yakin bahwa peran dan fungsi humas di lembaga publik ini strategis, maka kami mengadakan AHI 2022. Kali ini merupakan tahun keempat, dan ada 59 lembaga publik yang berkompetisi dan 38 lembaga publik yang memenangkan penghargaan. Sehingga, ini semua merupakan bentuk apresiasi dan pencapaian yang baik dalam bidang kehumasan Indonesia. Terima kasih kepada para pemenang yang telah hadir dan selamat atas pencapaiannya,” ujar Asmono.

Terakhir, Endra tak lupa mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas kepercayaan dan dukungan yang diberikan oleh masyarakat kepada Kementerian PUPR RI. “Terima kasih atas kepercayaan dan dukungan publik kepada Kementerian PUPR. Sekali lagi ini bukan hanya penghargaan, tetapi jauh lebih penting, merupakan bentuk tanggung jawab kami untuk melaporkan dan memberikan informasi yang tepat, akurat, edukatif dan sesuai kebutuhan masyarakat,” tutup Endra.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

KOPI TIMES