Pemerintahan

APBD Tahun 2023 Pacitan Resmi Ditetapkan, Ini Rincian Anggarannya

Selasa, 22 November 2022 - 16:10 | 33.58k
APBD Tahun 2023 Pacitan Resmi Ditetapkan, Ini Rincian Anggarannya
Anggota DPRD Pacitan Handaya Aji saat melakukan Interupsi ditengah paripurna berlangsung (Foto: DPRD Pacitan)

TIMESINDONESIA, PACITAN – Meski sempat ada interupsi dari salah satu Anggota DPRD Pacitan Handaya Aji, di tengah berjalannya paripurna, Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Pacitan (APBD Pacitan) tahun 2023 resmi ditetapkan.

Interupsi dilakukan Anggota DPRD Pacitan Handaya Aji sekaligus walkout dari ruang paripurna

usai salah satu Anggota DPRD Pacitan Rudi Handoko, membacakan hasil pandangan semua Fraksi yang intinya telah mensetujui RAPBD tahun 2023 ditetapkan menjadi APBD Pacitan tahun 2023, meski ada catatan-catatan masukan.

Hanya Aji mengatakan dirinya melakukan walkout tersebut lantaran dia menganggap Pemkab Pacitan tidak terbuka secara rinci pengunaan anggaran tahun 2023 mendatang. Tidak hanya secara umum saja, misalnya anggaran belanja daerah kata, Handaya Aji seharusnya sebelum diparipurnakan bisa disampaikan secara rinci.

"Sementara ini kita hanya diberikan ringkasan, seharusnya diketahui oleh rakyat semuanya. Pendapatan turun berapa? Dan lain sebagainya seharusnya di jabarkan agar benar-benar efisien dan akuntabel. Sekaligus APBD tahun 2023 ini pro rakyat," katanya, Selasa (22/11/2022).

Handaya Aji menambahkan dalam persidangan meminta agar sebelum ditetapkan APBD tahun 2023 dirinya diberikan penjelasan atau rincian dari APBD tahun 2023 tersebut.

"Mohon ijin pimpinan saya mohon sebelum ditetapkan agar kami diberikan, dan jika memang ini ditetapkan mohon ijin pimpinan kami tidak bisa menetapkan di forum ini dan mengundurkan diri dari forum ini," imbuhnya.

Sementara Pimpinan Sidang Paripurna Fibi Irawan menanggapi itu bahwa semua prosedur sudah dilalui sesuai prosedur, termasuk pembahasan di Banmus (Badan Musyawarah), sekaligus semua fraksi yang ditempati Handaya Aji pun tekah mensetujui sehingga rapat bisa dilanjutkan ke penetapan.

"Kita lakukan dengan tahapan dan melewati Banmus dan pendapat fraksi sudah disampaikan semuanya, tapi pada intinya dalam penyampaian laporan gabungan dari komisi didalamnya ada pandangan fraksi dan semuanya telah mensetujui, sehingga untuk tahapan selanjutnya bisa dilanjutkan," ucapnya.

Senada Ketua Fraksi Partai Demokrat Arif Setia Budi pun menanggapi dalam forum paripurna tersebut. Dia meminta agar penetapan APBD tahun 2023 tetap dilanjutkan, sebeb selama ini tahap demi tahap pembahasan telah dilalui secara benar dan sesuai prosedur.

"Sejauh ini yang kami ketahui pembahasan ini sudah cukup panjang dan seluruh tahapan-tahapan kemudian dasar-dasar sudah dilakukan. Sekaligus semua fraksi sudah mensetujui dan ini tinggal penetapan, saya kira ini bisa dilanjutkan," terangnya.

Setelah itu secara serentak Anggota DPRD Pacitan menyuarakan agar persidangan pun dilanjutkan yang akhirnya resmi menetapkan APBD tahun 2023.

Setelah paripurna selesai Sekretaris Daerah Kabupaten Pacitan Heru Wiwoho saat ditemui TIMES Indonesia membantah tudingan dari Handaya Aji, menurut Heru pihaknya selama ini terbuka. Soal rincian Anggaran APBD tahun 2023 sudah ada di SIPD.

"Kan di sistem, semua sudah diikat dalam pembahasan, ya terbuka di SIPDkan ada di aplikasi daerah. Semua pakai sistem, dan untuk tahun 2023 APBD mengalami kenaikan," terangnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

KOPI TIMES