Pemerintahan

Gerai Arsip DPK Kota Bontang di MPP Jadi Sarana Edukasi Masyarakat tentang Arsip

Sabtu, 03 Desember 2022 - 21:01 | 18.92k
Layanan gerai arsip DPK Bontang di gerai MPP. (FOTO: Dok DPK Bontang)
Layanan gerai arsip DPK Bontang di gerai MPP. (FOTO: Dok DPK Bontang)

TIMESINDONESIA, BONTANGGerai Arsip menjadi salah satu layanan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan atau DPK Kota Bontang di area Mall Pelayanan Publik (MPP), yang berlokasi di lantai empat gedung Pasar Taman Rawa Indah (Tamrin).

Gerai arsip ini letaknya berdampingan dengan layanan Pojok baca digital (Pocadi). Kepala DPK Kota Bontang, Retno Febriaryanti mengatakan, hadirnya gerai arsip ini untuk mengedukasi masyarakat terhadap arsip keluarga dan arsip statis yang ada di Lembaga Kearsipan Daerah (LKD).

Advertisement

Isi gerai arsip di DPK Kota Bontang ini berupa foto yang memiliki nilai sejarah. Seperti rekam jejak pejabat dari masa ke masa, gedung-gedung pemerintahan seperti kantor dinas, kecamatan dan kelurahan, hingga bangunan fasilitas umum lainnya. Pejabat yang dimaksud seperti Wali Kota dan Wakil Wali Kota, sekretaris daerah, Ketua DPRD beserta anggota.

Gerai-Arsip-di-Area-MPP-Bontang.jpgGerai Arsip di Area MPP Bontang. (FOTO: Dok DPK Bontang)

“Harapannya masyarakat Bontang bisa lebih sadar tertib arsip baik arsip keluarga maupun arsip statis Pemkot Bontang,” ucap Kepala DPK Kota Bontang, Retno, Sabtu (3/12/2022).

Layanan gerai Arsip ini lanjut Retno merupakan ruang arsip mini yang secara utuh berada di Gedung DPK Kota Bontang yang berlokasi di Jalan HM Ardans Kelurahan Satimpo, Kecamatan Bontang Selatan Kota Bontang, Kaltim. Ia menganjurkan jika ingin lebih tau lebih banyak tentang Kearsipan bisa datang ke gedung DPK Bontang.

"Ini bentuk keseriusan kami dalam menghadirkan bidang kearsipan dan Perpustakaan sebagai bagian dari layanan pemerintah kota Bontang," jelasnya.

Diketahui, layanan gerai arsip ini juga kerap dipamerkan dalam berbagai ajang, seperti momentum HUT RI dan HUT Bontang. Dari beberapa kali pameran, antusias masyarakat terlihat begitu tinggi untuk menyaksikannya.

Tujuan pameran seperti Gerai Arsip oleh DPK Kota Bontang itu digelar, agar masyarakat yang hadir, bisa ikut menikmati dan mengenang sejarah Kota Taman sejak awal pembangunan hingga saat ini, sehingga kecintaannya terhadap Bontang semakin tinggi. Dengan begitu, masyarakat diharapkan dapat ikut memelihara dan membangun Bontang agar semakin maju. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES