Pemerintahan

Tercepat di DIY, Pemkab Sleman Serahkan LKPD Tahun 2022

Jumat, 06 Januari 2023 - 21:59 | 28.37k
Bupati Sleman Kustini saat menyerahkan LKPD tahun 2022 kepada Kepala BPK RI Perwakilan DIY, Widhi Widayat. (FOTO: Humas Pemkab Sleman)
Bupati Sleman Kustini saat menyerahkan LKPD tahun 2022 kepada Kepala BPK RI Perwakilan DIY, Widhi Widayat. (FOTO: Humas Pemkab Sleman)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Pemerintah Kabupaten atau Pemkab Sleman menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2022 kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia Perwakilan DIY, di Kantor BPK RI Perwakilan DIY, Jumat (6/1/2023). 

Penyerahan LKPD Tahun 2022 diawali dengan penandatanganan berita acara dilanjutkan penyerahan LKPD secara langsung oleh Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo kepada Kepala BPK RI Perwakilan DIY, Widhi Widayat.

Advertisement

Kepala BPK RI Perwakilan DIY, Widhi Widayat memberikan apresiasi kepada Pemkab Sleman atas konsistensinya dengan menjadi salah satu pemerintah daerah yang menyerahkan laporan lebih awal dibanding wilayah lainnya khususnya di DIY. 

“Saya mewakili BPK RI Perwakilan DIY mengapresiasi Pemkab Sleman atas kinerja dan kerja kerasnya dalam menyusun laporan ini sehingga menjadi yang pemerintah daerah tercepat di DIY dalam menyelesaikan LKPD” jelasnya.
 
Selanjutnya LKPD tersebut akan diperiksa oleh tim BPK dengan mengacu pada 4 poin penilaian yakni kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintahan, kecukupan pengungkapan, kepatuhan terhadap peraturan, dan efektifitas sistem pengendalian intern. 

Sementara itu, Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, menyampaikan bahwa Pemkab Sleman berkomitmen untuk melakukan upaya perbaikan dalam pengelolaan keuangan, di antaranya dengan pendampingan kepada OPD dalam percepatan penyelesaian laporan keuangan agar dapat diselesaikan sesuai dengan waktu yang ditentukan.

“Untuk mendukung percepatan laporan keuangan, kami mendorong OPD untuk disiplin serta cepat dan tepat dalam pelaksanaannya,” ujar Kustini.

Pemkab Sleman juga berkomitmen untuk selalu melaksanakan tata kelola pemerintahan yang baik sehingga diharapkan mampu meminimalisir penyimpangan dalam setiap pelaksanaan kegiatan pemerintahan dan pembangunan.

"Selain itu, kami (Pemkab Sleman) juga berupaya untuk mengoptimalkan pelayanan publik, baik melalui peningkatan kapasitas SDM, penerapan inovasi, pemanfaatan teknologi dan sistem terintegrasi dalam pelayanan," pungkas Kustini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES