Pemerintahan

Mudik Lebaran 2023, Menteri PUPR RI: 6 Ruas Tol Jawa dan 4 Sumatera Dioperasionalkan

Jumat, 07 April 2023 - 12:48 | 50.04k
Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono saat menghadiri Rakor Lintas Sektoral dalam rangka kesiapan menghadapi Idul Fitri 1444 H atau Lebaran 2023 di Mabes Polri, Kamis (6/4/2023).(FOTO: Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR RI)
Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono saat menghadiri Rakor Lintas Sektoral dalam rangka kesiapan menghadapi Idul Fitri 1444 H atau Lebaran 2023 di Mabes Polri, Kamis (6/4/2023).(FOTO: Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR RI)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menteri PUPR RI) Basuki Hadimuljono menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Lintas Sektoral dalam rangka kesiapan menghadapi Idul Fitri 1444 H atau Lebaran 2023 di Mabes Polri, Kamis (6/4/2023).

Menteri PUPR RI dalam kesempatan itu mengatakan, dalam mendukung kelancaran dan kenyamanan arus lalu lintas Lebaran 2023, Kementerian PUPR RI memastikan kesiapan infrastruktur jalan tol yang sudah operasional sepanjang 2.624 km dan jaringan jalan nasional sepanjang 47.602 km dengan tingkat kemantapan 91,8%.

Hadir juga dalam Rakor Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Angela Tanoesoedibjo serta perwakilan Kementerian/Lembaga terkait.

Menteri PUPR RI menambahkan untuk mendukung kelancaran dan kenyamanan arus lalu lintas mudik Lebaran, Kementerian PUPR RI akan memfungsikan sementara 6 ruas jalan tol baru di Pulau Jawa sepanjang 87 km. Ruasnya meliputi: Cileunyi–Sumedang–Dawuan (Cisumdawu) Seksi 4-6 dan ruas Cimalaka–Dawuan sepanjang 28,2 km. Saat ini Tol Cisumdawu  Seksi 1,2, dan 3 telah beroperasi normal dengan lebar 4 lajur, sedangkan Seksi 4,5, dan 6 baru akan dibuka secara fungsional.

“Tol Cisumdawu akan mempersingkat waktu tempuh dari Cileunyi sampai Dawuan. Sehingga orang dari Bandung mau ke Semarang tidak perlu ke Cikampek, tapi bisa langsung melalui Dawuan. Pemudik dari Selatan yang mau ke Utara Jawa Barat tidak perlu melalui Cikampek, sehingga sangat membantu untuk mengurai kemacetan,” kata Menteri PUPR RI.

Menurut Menteri PUPR RI, saat ini tengah dilakukan penanganan pada titik longsor di Seksi 5 Tol Cisumdawu, sehingga akan dibuka 2 lajur dan diberlakukan pengaturan lalu lintas oleh Korlantas Polri. Ditargetkan penanganan longsor selesai 15 April 2023.

Ruas jalan tol baru yang akan difungsionalkan mendukung mudik Lebaran adalah Jalan Tol Ciawi–Sukabumi Seksi 2 Cigombong-Cibadak (11,9 km) dan Tol Solo–Yogyakarta–NYIA Kulon Progo untuk sebagian Seksi 1.1 sepanjang 6,1 km.  

Jalan tol fungsional selanjutnya adalah ruas Jakarta-Cikampek II Selatan Paket 3 dari Simpang Susun (SS) Sadang – SS Kutanegara (28,7 km), Tol Cimanggis–Cibitung Seksi 2A Jatikarya–Cikeas (3,5 km), dan Tol Pasuruan–Probolinggo Seksi 4A Probolinggo Timur–IC Gending (8,6 km).

Selanjutnya di Pulau Sumatera terdapat 4 ruas tol berpotensi untuk dibuka fungsional, yakni Tol Kuala Tanjung–Tebing Tinggi Segmen Tebing Tinggi–SS Inderapura (28,5 km) dan Segmen Dolok Merawan–Sinaksak (15,6 km), Tol Sigli–Banda Aceh Seksi 5–6 Blang Bintang–Baitussalam (12,7 km), Tol Binjai–Langsa Seksi 2 Stabat–Jalan Proklamasi (7,2 km), Simpang Indralaya–Muara Enim, Seksi Simpang Indralaya–Prabumulih (63,5 km).

Turut mendampingi Menteri PUPR RI, Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR RI Hedy Rahadian dan Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES