Pemerintahan

Sekda Kabupaten Malang Wahyu Hidayat Jabat Pj Wali Kota Malang, Begini Rekam Jejaknya

Sabtu, 23 September 2023 - 11:08 | 201.22k
Sekda kabupaten Malang Dr Ir Wahyu Hidayat MM. (Foto: dok TIMES Indonesia)
Sekda kabupaten Malang Dr Ir Wahyu Hidayat MM. (Foto: dok TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Sekda Kabupaten Malang Dr Ir Wahyu Hidayat MM tinggal selangkah lagi menjabat Pj Wali Kota Malang. Diperoleh informasi, pelantikan akan dilakukan di Gedung Grahadi Surabaya, bersama 11 pejabat lainnya, Minggu,(24/9/2023).

Dikutip dari berbagai sumber, inilah rekam jejak sekaligus profil Sekda Kabupaten Malang Dr Ir Wahyu Hidayat MM yang akan menjabat sebagai Pj Wali Kota Malang yang menggantikan Sutiaji karena masa jabatannya telah habis.

Sekda Kabupaten Malang Dr Ir Wahyu Hidayat MM lahir di Malang, 17 Desember 1966. Dia merupakan lulusan ITN Malang jurusan Planologi yang sekarang adalah Perencanaan Wilayah Kota atau PWK angkatan pertama tahun 1985.

Selanjutnya, Sekda Kabupaten Malang Dr Ir Wahyu Hidayat MM melanjutkan pendidikannya di Institut Housing Study di Rotterdam Belanda pada tahun 1996. Kemudian meraih gelar doktor di Unmer Malang, pada tahun 2018.

Karir Sekda Kabupaten Malang Dr Ir Wahyu Hidayat MM sebagai abdi negara diawali dengan posisi pembuat dan pengantar surat. Dia juga pernah menjabat sebagai Camat Tajinan, Kabupaten Malang.

Semasa Bupati Malang Dr H Rendra Kresna dia berhasil menduduki jabatan strategis. Salah satunya adalah Kepala Kantor Perumahan Kabupaten Malang tahun 2011dan Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Malang tahun 2013.

Sedangkan pada era Bupati Malang Sanusi, Dr Ir Wahyu Hidayat MM berhasil menduduki posisi penting yakni Sekretaris Daerah Kabupaten Malang yang menggantikan Didik Budi Mulyono.

Jabatan Sekda Kabupaten Malang dia emban hingga sekarang. Sedangkan sebelum menjabat sebagai Sekda Kabupaten Malang, Dr Ir Wahyu Hidayat pernah menjabat sebagai Kepala DPKPCK Kabupaten Malang.

Selama menjabat sebagai Sekda Kabupaten Malang Dr Ir Wahyu Hidayat MM selalu membantu tugas-tugas dan menjalankan program dari Bupati Malang Sanusi.

Salah satu yang menjadi konsentrasi utamanya dalam menjalankan tugas, adalah meningkatkan kedisiplinan kepada para pegawai terutama lebih awal masuk kantor.

"Intinya adalah yang saya garis bawahi dari instruksi Bapak Bupati adalah kedisiplinan. Sebelumnya hal itu sudah saya lakukan," ujar Wahyu kepada TIMES Indonesia, Senin (20/7/2020) usai pelantikan sebagai Sekda Kabupaten Malang.

Wahyu mengatakan, peningkatan kedisiplinan merupakan langkah awal dalam meningkatkan kualitas serta capaian kinerja bagi ASN Pemkab Malang.

"Contohnya datang 15 menit sebelum masuk kantor sudah saya lakukan selama ini," kata mantan Camat Tajinan tersebut. Menurutnya, apabila ditunjukan kedisiplinan, maka akan diikuti oleh OPD-OPD lainnya.

"Selanjutnya, saya akan melihat sejauh mana kedisiplinan para ASN. Saya juga akan memantau kedisiplinan ASN di Kantor Kepanjen maupun Kantor Malang,"  sebutnya kala itu.

Banyak prestasi yang berhasil diraih oleh Wahyu Hidayat selama menjabat sebagai Sekda Kabupaten Malang. Salah satu prestasi fenomenal adalah membantu Pemkab Malang meraih WTP ke sembilan kali berturut-turut.

Kemudian juga membawa Pemkab Malang meraih penghargaan sebagai 30 peserta terbaik kategori Instansi Pemerintah Umum pada ajang Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik (LAPOR SP4N!) yang diselenggarakan oleh Kemenpan RB Republik Indonesia.

Wahyu Hidayat juga mengantarkan Pemkab Malang peringkat 1 Jawa Timur penilaian monitor Center Kopsugah KPK. Seabrek pengalaman dan prestasi Wahyu Hidayat akan semakin lengkap setelah dia ditunjuk sebagai Pj Wali Kota Malang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES