MPP Bertambah, PJ Gubernur Bali: Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik

TIMESINDONESIA, SEMARAPURA – Pj Gubernur Bali S.M. Mahendra Jaya sangat mengapresiasi peresmian Mal Pelayanan Publik (MPP) di Kabupaten Klungkung, Senin (22/10/2023).
Pj Gubernur Bali berharap MPP di Klungkung bisa tingkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Ia juga berharap dengan adanya MPP ini, dapat membangun sistem pelayanan yang sinergi antara satu pelayanan dengan pelayanan lainnya, dan menumbuhkan budaya kerja melayani.
Advertisement
"Sehingga benar-benar merepresentasikan kehadiran negara untuk memberikan manfaat luas bagi kepentingan dan kemakmuran masyarakat," tutur Pj Gubernur Bali saat memberikan sambutan pada acara Peresmian Mal Pelayanan Publik Kabupaten Klungkung di kota Semarapura.
Selain meningkatkan pelayanan, Pj Gubernur Bali Mahendra Jaya juga meyakini bahwa kehadiran MPP bisa memberikan multiplier-effect bagi kemajuan di berbagai aspek mendasar seperti kesehatan, pendidikan, dan kesejahteraan masyarakat.
“Keberadaan MPP juga mampu meningkatkan investasi untuk mendukung percepatan proses pembangunan dan pertumbuhan ekonomi,” imbuhnya.
Di sisi lain, Pj. Gubernur Bali melaporkan bahwa setelah MPP Klungkung diresmikan maka jumlah MPP di Provinsi Bali hingga saat ini total 4.
Adapun 4 MPP tersebut tersebut antara lain MPP Kota Denpasar, MPP Kabupaten Badung, MPP Kabupaten Karangasem, serta MPP Kabupaten Klungkung.
Ditambahkannya, untuk meningkatkan kualitas MPP, pada tahun 2023 Pemprov Bali mengucurkan dana Bantuan Keuangan Khusus (BKK) untuk pembangunannya.
“Dalam hal ini kecuali Kabupaten Gianyar yang membangun dengan APBD sendiri karena sudah mampu, serta Kabupaten Badung dengan fiskal yang kuat,” tandasnya.
Sementara Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) Abdulah Azwar Anas mengapresiasi dan mengakui kehadiran MPP bertujuan agar pelayan publik bisa memiliki rasa bangga melayani bangsa dan masyarakat.
Ia pun menegaskan bahwa Gedung MPP bukanlah intinya, namun bagaimana melalui Gedung ini pelayanan bisa terintegrasi dengan layanan lainnya, sehingga menjadi lebih murah, cepat, simple, transparan, efektif dan efisien.
“Saya berharap di tangan Pak Pj Gubernur, seluruh Bali bisa memiliki MPP sehingga pelayanan publik bisa ditingkatkan,” harapnya.
Ia pun mengakui ke depan pemerintah mempunyai layanan MPP digital, sehingga masyarakat tidak perlu lagi mengisi data berulang-ulang.
Sementara Asisten 3 Setda, Dewa Gde Darmawan, mewakili Bupati Kabupaten Klungkung mengatakan bahwa terdapat 17 organisasi yang akan melayani masyarakat pada Mal Pelayanan Publik Kabupaten Klungkung ini.
Layanan yang diberikan nanti menurutnya juga serba digital, sehingga memudahkan dan mempercepat masyarakat dalam mengurus administrasi serta perizinan.
"Saya pun berharap kehadiran MPP ini bisa memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat, untuk kemajuan, keunggulan serta kesejahteraan Klungkung, " pungkasnya. (*)
**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.
Editor | : Faizal R Arief |
Publisher | : Sofyan Saqi Futaki |