Pemerintahan

Amran Sulaiman, Penemu Racun Tikus yang Kembali Jabat Menteri Pertanian 

Rabu, 25 Oktober 2023 - 10:04 | 37.24k
Amran Sulaiman usai dilantik oleh Presiden menjadi Menteri Pertanian di Istana. (FOTO: tangkap layar)
Amran Sulaiman usai dilantik oleh Presiden menjadi Menteri Pertanian di Istana. (FOTO: tangkap layar)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Presiden Jokowi resmi melantik Amran Sulaiman menjadi Menteri Pertanian. Agenda itu dilakukan di Istana, Jakarta, Rabu (25/10/2023).

Amran dilantik setelah menggantikan Syahrul Yasin Limpo. Politikus Partai NasDem tersebut mengundurkan diri karena terjerat kasus korupsi yang kini ditangani oleh KPK.

Diketahui, Amran bukan orang baru dalam kabinet Presiden Jokowi. Amran sebelumnya sudah pernah menempati kursi Menteri Pertanian pada periode 2014-2019.

Di Indonesia, ia dikenal sebagai pengusaha. Dikutip dari CNN, ia pernah merupakan pendiri Tiran Group yang memiliki unit bisnis di antaranya seperti PT Tiran Indonesia (tambang emas), PT Tiran Sulawesi (perkebunan tebu dan sawit), PT Tiran Makassar (distributor Unilever), PT Tiran Bombana (emas, timah hitam), PT Tiran Mineral (tambang nikel).

Ia merupakan lulusan Fakultas Pertanian di Universitas Hasanuddin. Saat masih kuliah, ia melakukan penelitian dan akhirnya menemukan racun pembasmi hama tikus.

Temuan racun itu ia kembangkan dan dijadikan bisnis resminya. Lahirlah produk bernama Tiran 58PS, yang kini sudah populer di Indonesia tersebut.

Atas temuan racun pemusnah tikus tersebut, ia berhasil meraih Satya Lencana, kategori perorangan bidang Wirausaha Pertanian pada tahun 2009 lalu.

Diberitakan TIMES Indonesia sebelumnya, ia resmi dilantik oleh Presiden Jokowi sebagai Menteri Pertanian, menggantikan Syahrul Yasin Limpo.

"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya  akan setia kepada undang-undang dasar negara Republik Indonesia tahun 1945," katanya saat diambil sumpah oleh Presiden Jokowi.

"Serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya, demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara bangsa. Bahwa saya dalam menjalankan tugas, akan menjunjung tinggi etika jabatan bekerja dengan sebaik-baiknya," ujarnya.

Dari pantauan TIMES Indonesia dari YouTube Sekretariat Presiden, ada beberapa pejabat yang ikut hadir. Antara lain Menkopolhukam Mahfud MD, Mensesneg Pratikno, serta menteri Presiden Jokowi lainnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES