Pemerintahan

Pemkab Jombang Raih Penghargaan Pegiat Budaya dan Pariwisata Jawa Timur 2023

Rabu, 01 November 2023 - 14:46 | 31.19k
Agus Purnomo, Sekdakab Jombang saat menerima apresiasi penghargaan atas capaian pegiat budaya dan pariwisata Jawa Timur pada ajang East Java Tourism Award (EJTA) di Taman Candra Wilwatikta Pandaan, Pasuruan, Selasa (31/10/2023).
Agus Purnomo, Sekdakab Jombang saat menerima apresiasi penghargaan atas capaian pegiat budaya dan pariwisata Jawa Timur pada ajang East Java Tourism Award (EJTA) di Taman Candra Wilwatikta Pandaan, Pasuruan, Selasa (31/10/2023).

TIMESINDONESIA, JOMBANGPemkab Jombang menerima penghargaan atas capaian pegiat budaya dan pariwisata Jawa Timur pada ajang East Java Tourism Award (EJTA) dan penerangan hukum kolaborasi melalui pagelaran seni teater tradisi ludruk tahun 2023.

Kegiatan itu berlangsung di Taman Candra Wilwatikta Pandaan, Pasuruan, Selasa (31/10/2023). Tampak hadir dengan raut wajah sumringah, Agus Purnomo, Sekretaris Daerah Kabupaten Jombang saat menerima Penghargaan Penetapan Cagar Budaya Nasional yakni Petirtaan Sumber Beji, Kabupaten Jombang.

Sebagai informasi, penetapan cagar budaya nasional oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim, B.W., M.B.A, ini karena memiliki nilai penting sebagai wujud kesatuan dan persatuan bangsa serta karya adiluhung yang mencerminkan kekhasan kebudayaan Bangsa Indonesia.

Selanjutnya, piagam penghargaan diserahkan oleh Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa didampingi Kadisbudpar Jatim, Hudiyono. Menurutnya situs Sumberbeji adalah situs petirtaan kuno yang berlokasi di Dusun Sumberbeji, Desa Kesamben, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Penghargaan-Pegiat-Budaya.jpg

Sementara itu, Pj Bupati Jombang Sugiat mengungkapkan syukur Alhamdulillah dengan telah ditetapkannya Petirtaan Sumber Beji, Kabupaten Jombang sebagai Cagar Budaya Nasional.

"Alhamdulillah, Semoga Petirtaan Sumber Beji menjadi warisan leluhur, yang mampu menjadi sumber inspirasi juga memberikan manfaat bagi masyarakat. Mampu memicu ide-ide baru, inovasi dalam bidang kreatif. Serta mampu mendorong ekspresi seni dan pembangunan karya-karya yang terinspirasi oleh warisan budaya", ungkapnya

Ia juga menegaskan bahwa ini menjadi tugas dan tanggungjawab kita bersama untuk menjaga warisan leluhur kita. Pelestarian cagar budaya memerlukan kerjasama antara Pemerintah, masyarakat, dan pihak terkait untuk memastikan perlindungan dan pemeliharaan warisan budaya bagi generasi berikutnya.

Dari kegiatan tersebut sebanyak 9 Daya Tarik Wisata di Provinsi Jawa Timur meraih penghargaan East Java Tourism Award 2023. Selain itu, ada 12 Karya Budaya Jatim menerima Penghargaan Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) tingkat Nasional. Serta 4 Cagar Budaya Nasional dari Jatim, termasuk Petirtaan Sumber Beji.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES