Pemerintahan

Brantas Kemiskinan, DPRD DIY Usulkan Anggaran Rp1 Miliar 1 Kelurahan

Rabu, 08 November 2023 - 19:53 | 34.70k
Ketua Komisi A DPRD DIY, Eko Suwanto. (FOTO: Olivia Rianjani/TIMES Indonesia)
Ketua Komisi A DPRD DIY, Eko Suwanto. (FOTO: Olivia Rianjani/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTADPRD DIY mengusulkan kepada Pemda DIY segera menyusun Raperda Pemajuan Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Kalurahan dan Kelurahan. Nantinya, raperda ini bertujuan untuk memberikan kepastian hukum memajukan pembangunan yang ada di Kelurahan di DIY sekaligus mengentaskan angka kemiskinan.

Alasannya, saat ini angka kemiskinan pengangguran di DIY mencapai 14 persen. Karena itu, Komisi A DPRD DIY yang kini bertanggungjawab atas pembangunan ditiap kelurahan mengusulkan suatu anggaran dalam Raperda itu yakni Rp1 Miliar 1 Kelurahan bisa menggunakan dana APBD maupun danais.

“Target kita Raperda Pemajuan Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Kalurahan dan Kelurahan semoga bisa jadi kado untuk rakyat DIY di akhir tahun 2023, semoga November ini bisa lekas dibahas di pansus, dan bisa menjadi hadiah tahun baru bagi rakyat. Pertahun, minimal Rp1 miliar bisa terpenuhi. Sehingga, ini bisa membahagiakan hatinya rakyat di Yogyakarta,” kata Ketua Komisi A DPRD DIY, Eko Suwanto, Rabu (8/11/2023).

Eko menambahkan, bahwa inisiatif ini, juga sejalan terhadap kebijakan Gubernur tentang reformasi Kalurahan. Kemudian, pada angka minimal alokasi itu tidak menutup kemungkinan kedepan, akan dipertimbangkan atas luas wilayah, jumlah penduduk, dinamika permasalahan sosial yang berkembang di wilayah. Harapannya angka minimum itu bisa diberikan secara aktif oleh pemerintah daerah.

“Semoga targetnya akhir bulan ini raperda disetujui dalam rapat pansus nantinya. Setelah itu, baru kita akan pertimbangan jumlah penduduk karena pertimbangan dinamika permasalahan sosial yang ada di wilayah bisa lebih dari satu miliar rupiah,” terang Eko Suwanto. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES