Pemerintahan

DPRD Banyuwangi Minta Eksekutif Optimalkan Raperda APBD Tahun Anggaran 2024

Sabtu, 11 November 2023 - 17:01 | 31.36k
Rapat Paripurna Pandangan Umum Fraksi terhadap nota pengantar Bupati atas diajukannya Raperda APBD Tahun Anggaran 2024. (FOTO: Fazar Dimas/TIMES Indonesia)
Rapat Paripurna Pandangan Umum Fraksi terhadap nota pengantar Bupati atas diajukannya Raperda APBD Tahun Anggaran 2024. (FOTO: Fazar Dimas/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Banyuwangi (DPRD Banyuwangi) meminta eksekutif setempat untuk mengoptimalkan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2024. 

Dorongan tersebut muncul dalam rapat paripurna agenda pandangan umum fraksi-fraksi terhadap nota pengantar Bupati atas diajukannya Raperda APBD Tahun Anggaran 2024 yang diadakan pada Jumat (10/11/2023), di gedung DPRD Banyuwangi.

Dalam rapat yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Banyuwangi, Ruliyono. Para anggota dewan menyoroti pentingnya menyusun APBD yang efektif dan berpihak kepada kepentingan masyarakat. "Secara keseluruhan fraksi yang ada di dewan berharap kepada eksekutif agar dapat mengoptimalkan PAD," katanya, Sabtu (11/11/2023).

Perlu diketahui, kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Banyuwangi, H Sugirah dan jajaran, serta diikuti anggota dewan dari lintas fraksi.

Fraksi PDI Perjuangan mendukung penuh perumusan sembilan prioritas daerah yang diajukan oleh eksekutif. Terutama komitmen penghapusan kemiskinan ekstrem dan mengurangi ketimpangan. 

Target pertumbuhan ekonomi Banyuwangi sebesar 4,81 persen hingga jumlah penduduk miskin 7,32 persen yang diproyeksikan eksekutif, fraksi PDI Perjuangan berharap semoga dapat terwujud.

"Sarankan dari kami kepada eksekutif bagaimana mengajak seluruh stakeholder untuk bersinergi guna mencapai target yang telah ditetapkan," ujar Jubir Fraksi PDI Perjuangan, Yayuk Banar Sri Pangayom.

Pandangan serupa dilayangkan Fraksi PKB, mereka mendorong eksekutif lebih giat dalam meningkatkan serapan PAD. Sehingga mampu memberikan dampak terbaik untuk seluruh masyarakat. 

"Semoga PAD dapat ditingkatkan lagi agar kesejahteraan Banyuwangi lebih meningkat lagi," kata Jubir Fraksi PKB, Siti Mafrochatin Ni'mah.

Di sisi lain Fraksi Demokrat, justru membandingkannya dengan kabupaten lain yang kebanyakan telah mencapai target PAD sesuai yang ditentukan. Sehingga Fraksi Demokrat meminta agar Pemkab juga mampu mengikuti capaian target PAD yang diproyeksikan dengan optimalisasi potensi yang ada.

"Kabupaten lain sudah bisa melampaui target PAD yang dianggarkan di tahun sebelumnya, semoga kita bisa mengikuti," kata Jubir Fraksi Demokrat, Riccy Antar Budaya.

Fraksi lain yang turut memberikan pandangannya, seperti Fraksi Golkar-Hanura. Fraksi ini turut menyepakati adanya peningkatan PAD Banyuwangi di tahun depan. 

Menurut fraksi di DPRD Banyuwangi tersebut, untuk mencapai semua sektor harus saling bahu membahu dan berfokus pada manfaat nyata, sehingga kemiskinan dan target lainnya dapat dicapai. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES