Pemerintahan

Hari Bakti PU Ke-78, Menteri PUPRI: Jaga Kepercayaan Pemerintah dan Publik

Minggu, 03 Desember 2023 - 19:21 | 30.85k
Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono saat menghadiri upacara Peringatan Hari Bakti Pekerjaan Umum ke-78 di Kantor Kementerian PUPR RI di Jakarta, Minggu (3/12/2023). (FOTO: Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR RI)
Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono saat menghadiri upacara Peringatan Hari Bakti Pekerjaan Umum ke-78 di Kantor Kementerian PUPR RI di Jakarta, Minggu (3/12/2023). (FOTO: Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR RI)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menteri PUPR RI) Basuki Hadimuljono menyampaikan apresiasi kepada seluruh insan Kementerian PUPR RI dari Sabang sampai Merauke dari Miangas sampai Pulau Rote, yang telah bekerja keras penuh dedikasi dalam melaksanakan tugas membangun infrastruktur di seluruh Indonesia.

Dengan kekompakan dan kerjasama tim, Kementerian PUPR RI telah menyelesaikan berbagai tugas dan amanah pembangunan, baik infrastruktur ekonomi maupun infrastruktur sosial yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

“Tugas dan amanah tadi adalah wujud dari kepercayaan yang tinggi yang diberikan oleh Bapak Presiden Joko Widodo, sekaligus cermin dari harapan yang besar dari masyarakat atas hadirnya infrastruktur yang berkualitas. Kita harus terus istikhomah dalam menjaga kepercayaan Pemerintah dan publik kepada Kementerian PUPR yang kita cintai ini,” kata Menteri PUPR RI dalam arahannya pada Upacara Peringatan Hari Bakti Pekerjaan Umum ke-78 di Kantor Kementerian PUPR RI, Jakarta, Minggu (3/12/2023).

Untuk itu, "saya minta semua insan PUPR untuk tetap fokus bekerja melaksanakan tugas dan amanah menyelenggarakan infrastruktur secara profesional dan loyal pada perintah pimpinan nasional," tambah Menteri PUPR RI.

Menteri-PUPR-RI-c.jpg

Menteri PUPR RI menyampaikan kinerja Kementerian PUPR RI sepanjang tahun 2023 antara lain, pembangunan infrastruktur dalam mendukung penyelenggaraan event-event internasional, seperti KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo, KTT ASEAN ke-43 di Jakarta Convention Center (JCC), Renovasi Taman Mini Indonesia Indah, pembangunan Indoor Multifunction Stadium (IMS) di kawasan Gelora Bung Karno (GBK) untuk penyelenggaraan FIBA Basketball World Cup 2023, serta renovasi stadion untuk Piala Dunia U-17 tahun 2023.

Kementerian PUPR RI juga melanjutkan pembangunan infrastruktur dasar di IKN meliputi bendungan, air baku, jalan tol, jalan nasional, jalan logistik, kantor-kantor pemerintahan, IPA, IPAL dan TPST, serta hunian pekerja.

Pembangunan infrastruktur dasar ini telah memberikan dampak positif dengan masuknya investor, seperti pembangunan rumah sakit, hotel, komersial, retail, kantor serta pusat pengembangan olahraga.

Infrastruktur lain yang juga dikerjakan Kementerian PUPR RI sepanjang 2023 adalah melanjutkan pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN), di mana 88 PSN telah selesai seperti bendungan, jalan tol, irigasi, sistem penyediaan air minum, dan Program Satu Juta Rumah. Kemudian tetap menyalurkan program Padat Karya Tunai (PKT) untuk membantu menyediakan lapangan kerja dan menambah penghasilan bagi 5,4 juta orang, terutama di desa-desa.

“Sejak 2016 hingga 2023, telah dibangun pula tidak kurang dari 583 jembatan gantung, 29 pasar rakyat, dan 1,35 juta unit rumah swadaya. Banyak yang mengatakan jembatan gantung ini untuk menggantikan 'Jembatan Indiana Jones' yang biasa dipakai anak-anak bergelantungan untuk berangkat ke sekolah," kata Menteri PUPR RI.

Pada kesempatan tersebut, Menteri PUPR RI juga mengingatkan kembali pesan Bapak Presiden Jokowi dalam penyerahan DIPA 2024, yakni untuk menggunakan anggaran yang telah diberikan secara disiplin, teliti, dan tepat sasaran. Mengelola anggaran dengan penuh transparansi dan akuntabilitas, serta jangan membuka celah sedikitpun untuk korupsi.

“Terakhir, percepat realisasi anggaran dengan orientasi pada hasil dan manfaat maksimal bagi rakyat. Sekali lagi pada 2024 kita mendapat amanah yang besar untuk menyelesaikan pembangunan infrastruktur,” kata Menteri PUPR RI.

Bertindak sebagai komandan upacara Staf Ahli Menteri PUPR RI Bidang Sosial Budaya dan Peran Masyarakat  Abram Elsajaya Barus dan dihadiri oleh para pejabat tinggi madya, pratama dan pegawai Kementerian PUPR RI. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES