Pemerintahan

Puncak HAKORDIA 2023, Pemkab Probolinggo Ajak ASN Bersatu Lawan Korupsi

Rabu, 13 Desember 2023 - 18:56 | 57.10k
Pj. Sekda Kabupaten Probolinggo, Heri Sulistiyanto saat menyerahkan sertifikat kepada lima OPD terbaik dalam internalisasi anti korupsi. (FOTO: Ryan H/TIMES Indonesia)
Pj. Sekda Kabupaten Probolinggo, Heri Sulistiyanto saat menyerahkan sertifikat kepada lima OPD terbaik dalam internalisasi anti korupsi. (FOTO: Ryan H/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGOPemkab Probolinggo menggelar puncak peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia atau HAKORDIA di Gedung Pertemuan Madakaripura, Kantor Pemkab Probolinggo, Rabu (13/12/2023).

Dalam acara itu, Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo, Heri Sulistiyanto, mengajak seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk berkomitmen dan menolak praktik korupsi.

"Melalui HAKORDIA 2023 ini, kita selalu diingatkan dan berkomitmen untuk tidak melakukan korupsi," kata Heri.

Lima-OPD.jpg Lima OPD terbaik di Lingkungan Pemkab Probolinggo yang menerima sertifikat  dalam internalisasi anti korupsi. (FOTO: Ryan H/TIMES indonesia)

Acara bertema "Sinergi Berantas Korupsi untuk Indonesia Maju" tersebut dihadiri oleh Forkopimda, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat, Lurah, ASN, Kepala Desa, perwakilan Ormas, OKP, dan organisasi profesi wartawan.

Pemkab Probolinggo memberikan penghargaan berupa sertifikat kepada lima OPD terbaik dalam internalisasi anti korupsi, antara lain BPPKAD, Satpol PP, DP3Ap2KB, Dinas Perikanan, dan Kecamatan Sukapura.

Selain itu, penandatanganan nota kesepakatan antara Pemkab Probolinggo dan Forkopimda turut dilakukan.

Dalam sambutannya, Pj Sekda Kabupaten Probolinggo, Heri Sulistianto, menekankan komitmen anti korupsi bagi seluruh ASN.

Ia mengingatkan peristiwa Operasi Tangkap Tangan KPK di Kabupaten Probolinggo pada tahun 2021, yang menyebabkan kecemasan di seluruh komponen Pemkab Probolinggo.

Heri mengajak ASN untuk memperkuat komitmen pencegahan korupsi, baik dari diri sendiri maupun masyarakat secara keseluruhan.

“Meski pun ada pengawasan tapi jika tidak ada komitmen dalam diri untuk mencegah korupsi, maka tetap saja praktik korupsi memiliki ruang dan celah untuk dilakukan,” ujar Heri

Ia menegaskan, pencegahan korupsi akan berhasil dengan adanya komitmen untuk tidak terlibat dalam praktik tersebut.

"Kita berkomitmen menolak korupsi, namun masyarakat juga jangan memberi ruang tindakan korupsi,” ucapnya dengan tegas.

Heri Sulistianto meminta pejabat dan ASN yang hadir untuk lebih memprioritaskan pelayanan publik yang berkualitas tanpa praktik korupsi.

Ia berharap, tanpa adanya korupsi, masyarakat Kabupaten Probolinggo dapat mencapai kesejahteraan yang lebih baik.

“Mudah-mudahan, tanpa adanya korupsi, masyarakat Kabupaten Probolinggo semakin sejahtera,” tutup Heri pada puncak HAKORDIA(Ad)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Muhammad Iqbal
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES