Pemerintahan

Kerja Gaspol ala Dispora Jatim, Ali Kuncoro: Lha Gubernur Lari Terus

Kamis, 14 Desember 2023 - 14:25 | 20.96k
Gubernur Khofifah saat melantik Moh. Ali Kuncoro sebagai Penjabat (Pj) Walikota Mojokerto di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Minggu (10/12/2023). (FOTO: Dok. Humas Pemprov Jatim)
Gubernur Khofifah saat melantik Moh. Ali Kuncoro sebagai Penjabat (Pj) Walikota Mojokerto di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Minggu (10/12/2023). (FOTO: Dok. Humas Pemprov Jatim)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Di tengah hiruk pikuk pembangunan dan peningkatan kualitas hidup masyarakat Jawa Timur, ada satu sosok yang kini menjadi perhatian: Ali Kuncoro. Kepala Dispora Jatim yang juga Pj Walikota Mojokerto ini dikenal dengan disiplin dan etos kerja kerasnya. 

Itu menunjukkan komitmen Ali Kuncoro yang kuat. Terkhusus untuk pembinaan pemuda dan olahraga di wilayah Jatim. Dan, kini, Kota Mojokerto.

Spirit Sustainability Kepemudaan dan Olahraga

Kepala Dispora Jatim Ali Kuncoro, yang kini menduduki posisi penting sebagai Pj Walikota Mojokerto, dikenal memiliki gaya kepemimpinan yang unik. Disiplin yang terasa hampir militeristik tercermin dalam setiap langkahnya. 

Ini bukan hanya tentang mengikuti aturan, tetapi juga tentang memastikan bahwa setiap elemen dalam pemerintahannya berjalan efisien dan efektif. Dedikasinya terhadap pekerjaan, yang sering kali 'gaspol', membuatnya tidak hanya dihormati. Tapi juga dijadikan contoh oleh banyak pejabat lain.

Salah satu karya nyata Ali Kuncoro dalam dunia olahraga adalah konsep sustainability kepemudaan dan olahraga melalui pengembangan Sekolah Menengah Atas Negeri Olahraga (SMANOR) di Sidoarjo. 

SMANOR, yang merupakan satu-satunya SMA olahraga di Jawa Timur, merupakan hasil kolaborasi antara Dinas Pendidikan Jatim dan pemerintah setempat. Sekolah ini bukan hanya tempat belajar, tapi juga tempat mengasah dan membina talenta muda di bidang olahraga.

Salah satu pencapaian terbesar Dispora Jatim di bawah kepemimpinan Ali Kuncoro adalah kesuksesan dalam menyelenggarakan Piala Dunia U-17. Kerjasama yang erat dengan Pemerintah Kota Surabaya dalam event ini bukan hanya meningkatkan nama baik Jawa Timur di kancah internasional, tetapi juga menjadi momentum penting dalam pengembangan atlet muda. 

Prestasi ini menunjukkan betapa pentingnya kerjasama antara pemerintah daerah dan lembaga olahraga dalam mendukung talenta muda.

Inspirasi dari Gubernur Khofifah

Ali Kuncoro tidak segan-segan menyatakan bahwa inspirasinya dalam bekerja keras dan disiplin datang dari Gubernur Jatim, Khofifah. Gaya kepemimpinan Khofifah yang dinamis dan penuh energi, sering diibaratkan seperti 'lari terus', menjadi contoh yang ia ikuti. 

Hal ini menunjukkan betapa pentingnya figur pemimpin yang bisa menjadi role model tidak hanya dalam kata-kata. Tapi juga dalam aksi nyata.

Melihat apa yang telah dicapai oleh Ali Kuncoro dan timnya, masa depan olahraga dan pembinaan pemuda di Jawa Timur terlihat cerah. SMANOR Sidoarjo telah menjadi model bagi sekolah-sekolah olahraga lain di Indonesia. 

Dengan fokus pada pengembangan bakat dan kesehatan fisik, sekolah ini diharapkan akan terus menghasilkan atlet-atlet berprestasi yang bisa membawa harum nama Indonesia di kancah internasional.

Selain itu, penyelenggaraan Piala Dunia U-17 telah membuka banyak peluang bagi Jawa Timur untuk lebih dikenal sebagai pusat pengembangan olahraga. Ini bukan hanya tentang sepak bola, tapi juga tentang bagaimana olahraga dapat menjadi alat untuk pembangunan karakter dan peningkatan kualitas hidup pemuda.

Menyongsong Masa Depan dengan Semangat 'Gaspol'

Komitmen Ali Kuncoro dalam memajukan olahraga dan pemuda di Jawa Timur tidak terhenti di sini. Dengan semangat 'gaspol' yang telah menjadi ciri khasnya, ia terus mendorong berbagai inisiatif untuk memastikan bahwa sektor ini terus berkembang. 

Mulai dari peningkatan fasilitas olahraga, pengembangan program pembinaan atlet muda, hingga kerjasama dengan berbagai lembaga. blBaik nasional maupun internasional. 

Semuanya dilakukan dengan satu tujuan: menghasilkan generasi penerus yang sehat, kuat, dan kompetitif.

Salah satu aspek penting yang ditekankan oleh Ali Kuncoro adalah pentingnya kolaborasi. Baik itu antara pemerintah daerah dengan lembaga pendidikan, maupun dengan komunitas dan sektor swasta. Ini tercermin dari kerjasama antara SMANOR dengan Dinas Pendidikan Jatim dan berbagai pihak lainnya. 

Kolaborasi ini tidak hanya memperkaya sumber daya dan pengalaman. Tapi juga menciptakan ekosistem yang mendukung bagi pertumbuhan dan pengembangan olahraga serta pemuda di Jawa Timur.

Tentu, dalam perjalanan ini, tantangan tidak pernah absen. Dari memastikan ketersediaan dana yang cukup, mengatasi kendala infrastruktur, hingga menangani masalah sosial yang mungkin dihadapi atlet muda, semuanya memerlukan perhatian dan penanganan yang serius. 

Namun, dengan kerja keras dan dedikasi yang telah ditunjukkan oleh Ali Kuncoro dan timnya, banyak yang optimistis bahwa tantangan-tantangan ini dapat diatasi.

Ali Kuncoro sendiri mengungkapkan harapannya bahwa olahraga tidak hanya dianggap sebagai aktivitas fisik semata, tetapi juga sebagai bagian integral dalam pembangunan karakter dan kekuatan mental pemuda. Ia berharap, melalui berbagai program yang telah dan akan dilaksanakan, olahraga akan semakin diakui sebagai salah satu pilar penting dalam pembangunan bangsa.

Membangun Melalui Olahraga

Melalui kerja keras dan dedikasi Ali Kuncoro, Jawa Timur telah menempatkan dirinya sebagai contoh dalam pembinaan olahraga dan pemuda. Dengan menerapkan pendekatan yang holistik dan kolaboratif, ia telah membuktikan bahwa olahraga bisa menjadi alat yang ampuh untuk pembangunan masyarakat yang lebih sehat, kuat, dan berprestasi. 

Terlepas dari tantangan yang ada, semangat 'gaspol' Ali Kuncoro telah menjadi inspirasi bagi banyak orang, menunjukkan bahwa dengan kerja keras dan komitmen, tidak ada yang tidak mungkin dalam memajukan olahraga dan pemuda di Indonesia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES