Pemerintahan

Kementerian PUPR RI: Pembangunan SPAM Regional Jatiluhur I Ditarget Selesai September 2024

Rabu, 10 Januari 2024 - 12:00 | 19.95k
Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR RI Bob Arthur Lombogia (kiri) mewakili Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono dalam seminar nasional di Jakarta, Rabu (10/1/2024). (FOTO: ANTARA/Aji Cakti)
Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR RI Bob Arthur Lombogia (kiri) mewakili Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono dalam seminar nasional di Jakarta, Rabu (10/1/2024). (FOTO: ANTARA/Aji Cakti)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR RI) menetapkan target selesainya pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Jatiluhur I di Jawa Barat pada bulan September 2024.

Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR RI, Bob Arthur Lombogia,  menyampaikan hal ini dalam sebuah seminar nasional, Rabu (10/1/2024) di Jakarta.

Pembangunan SPAM Regional Jatiluhur I menjadi bagian penting dari upaya Kementerian PUPR RI untuk mengatasi masalah lingkungan di pesisir pantai utara Jawa, khususnya di wilayah pantai utara Jakarta. Program ini diharapkan dapat memberikan solusi terhadap permasalahan air bersih dan lingkungan yang dihadapi di sekitar wilayah tersebut.

Bob Arthur Lombogia menjelaskan bahwa SPAM Regional Jatiluhur I akan melayani Jakarta bagian timur dengan kapasitas sebesar 4.000 liter/detik. Proyek ini akan menggunakan pasokan air dari Bendungan Karian di Banten, yang selesai dibangun pada tahun 2024 dengan kapasitas tampung 315 juta m³. Bendungan ini akan memasok air baku terutama untuk kebutuhan Jakarta bagian barat.

Pembangunan SPAM Regional Jatiluhur I melibatkan beberapa aspek, termasuk penyediaan air bersih dari air permukaan melalui SPAM Regional Karian - Serpong.

"Kita perlu melaksanakan pemulihan lingkungan atau environmental remediation. Ada tiga hal utama yang harus kita lakukan, yaitu penyediaan air bersih, sanitasi untuk mengatasi kualitas air dan limbah, serta pengendalian banjir baik di hulu maupun rob yang berasal dari laut," tambah Bob.

Progres Pembangunan SPAM Regional Jatiluhur I

  1. Sumber Air: Proyek ini memanfaatkan air baku dari Bendungan Jatiluhur di Provinsi Jawa Barat, disalurkan melalui Saluran Tarum Barat.

  2. Sistem Hulu dan Hilir: SPAM Regional Jatiluhur I terdiri dari sistem hulu dan hilir. Sistem hulu melibatkan skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dengan kegiatan mencakup pembangunan intake, pipa transmisi, instalasi pengolahan air (IPA), dan jaringan distribusi utama hingga titik serah (offtake).

  3. Instalasi Pengolahan Air (IPA): Terdapat dua Instalasi Pengolahan Air (IPA) yang berlokasi di Cibeet dan Bekasi, Jawa Barat.

Pemerintah fokus pada upaya pemulihan lingkungan di sekitar pantai utara Jawa, menghadapi tantangan seperti banjir rob dan kebutuhan akan air bersih yang terus meningkat.

Dengan pembangunan SPAM Regional Jatiluhur I, Kementerian PUPR RI berharap dapat memberikan dampak positif dalam menjaga keberlanjutan lingkungan dan ketersediaan air bersih.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES