Pemerintahan

Menteri ATR Bagikan 40 Sertifikat Tanah di Kota Tasikmalaya

Rabu, 24 Januari 2024 - 19:57 | 20.64k
Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto saat menyerahkan sertifikat kepada salah satu  warga di Kelurahan Sukamulya, Bungursari, Kota Tasikmalaya, Rabu (24/1/2024). (FOTO: Harniwan Obech/TIMES Indonesia)
Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto saat menyerahkan sertifikat kepada salah satu  warga di Kelurahan Sukamulya, Bungursari, Kota Tasikmalaya, Rabu (24/1/2024). (FOTO: Harniwan Obech/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, TASIKMALAYA – Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (Menteri ATR/BPN) Hadi Tjahjanto membagikan sebanyak 40 sertifikat tanah di Kota Tasikmalaya.

Sebanyak 40 sertipikat tanah diserahkan langsung oleh Mentri ATR  kepada warga Kota Tasikmalaya dalam kegiatan door to door dan berkumpul bersama di Kelurahan Sukamulya, Kecamatan Bungursari.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), yang telah mencapai progress sebesar 80% di Kota Tasikmalaya dengan total 268.968 bidang tanah yang terdaftar. 

Dengan demikian, Kota Tasikmalaya telah berhasil meningkatkan nilai tambah ekonomi sebesar Rp1,89 Triliun pada tahun 2023.

"Inisiatif pendaftaran tanah ini bukan hanya sekadar administratif, tetapi juga berkontribusi signifikan terhadap ekonomi daerah," ungkap Menteri ATR/Kepala BPN kepada awak media, Rabu (24/1/2024).

Menteri-ATR-2.jpg

Kegiatan ini bukanlah yang pertama kali dilakukan, melainkan bagian dari upaya rutin untuk memastikan pelaksanaan pelayanan pertanahan di Kota Tasikmalaya berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Sementara itu Pj Wali Kota Tasikmalaya Cheka Virgowansyah menyebut Menteri ATR sangat mendukung sekali terhadap penyelesaian penertiban administrasi pertanahan di Kota Tasikmalaya.

"Beliau (Menteri ATR) sangat mendukung, bahkan tadi menyampaikan ada 3 hal yang perlu segera diselesaikan diantaranya tanah asset, yang kedua tanah wakaf dan yang ketiga adalah sertifikasi tanah program PTSL," ungkap Cheka.

Dalam kunjungan ini, Menteri ATR/Kepala BPN didampingi oleh pejabat-pejabat tinggi di lingkungan Kementerian ATR/BPN, termasuk Sekretaris Jenderal Kementerian ATR/BPN, Suyus Windayana; Direktur Jenderal Penataan Agraria, Dalu Agung Darmawan; Staf Ahli Menteri Bidang Pengembangan Kawasan, Budi Situmorang; serta Staf Ahli Bidang Partisipasi Masyarakat dan Pemerintah Daerah, Yulia Jaya Nirmawa.

Kegiatan penyerahan sertipikat ini menjadi puncak dari serangkaian kunjungan kerja Menteri ATR/Kepala BPN di Provinsi Jawa Barat. Harapannya, proses pendaftaran tanah di Kota Tasikmalaya terus bertambah, memberikan kepastian hukum kepada masyarakat, serta turut mendorong pertumbuhan ekonomi lokal. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES