Pemerintahan

Gedung Command Center Meteor Kota Probolinggo Diresmikan, Siap Layani Pengaduan 24 Jam

Senin, 29 Januari 2024 - 22:52 | 44.50k
Wali Kota Probolinggo menandatangani prasasti peresmian Gedung Damkar. (Foto: Taufik Hidayat/ TIMES Indonesia)
Wali Kota Probolinggo menandatangani prasasti peresmian Gedung Damkar. (Foto: Taufik Hidayat/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Kota Probolinggo, Jatim, kini telah dilengkapi dengan sistem keamanan terpadu yang siap melayani pengaduan masyarakat selama 24 jam.

Gedung Command Center Meteor telah diresmikan oleh Kepala Kepolisian Daerah atau Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol. Imam Sugianto, pada Senin (29/01/2024).

Command Center Meteor yang berdiri megah di kompleks kantor Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Probolinggo, Jalan Raya Panglima Sudirman, berfungsi sebagai pusat sistem keamanan terpadu.

Gedung ini akan melayani pengaduan masyarakat selama 24 jam penuh dan menyediakan layanan gabungan, termasuk pusat layanan informasi, pemantauan, dan pengaduan.

Integrasi Command Center Meteor dengan beberapa dinas vital seperti Polres Probolinggo Kota, Kodim 0820, BPBD, Satpol PP, dan layanan kesehatan, diharapkan dapat memberikan respons cepat terhadap segala aduan masyarakat.

Wali Kota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abdin, menyatakan, saat meluncurkan aplikasi meteor beberapa waktu lalu, ia menyadari bahwa itu adalah kebutuhan masyarakat.

"Yang namanya smart city itu, masyarakat dengan mudah menyampaikan permasalahan yang ada di lingkungannya. Semua ini bentuk sinergitas yang luar biasa dari segenap Forkopimda," kata Habib Hadi.

Selanjutnya, Wali Kota Probolinggo juga menyatakan, gedung meteor itu tak sekadar simbol, melainkan juga harapan masyarakat untuk mendapatkan segala jenis pelayanan. 

"Jika warga nyaman dan aman tinggal di sini, nantinya juga akan menumbuhkan ekonomi, dan menggerakkan para investor untuk berinvestasi di kota ini," ujar Habib Hadi.

Kapolda-Jatim.jpgKapolda Jatim Irjen Pol. Imam Sugianto menandatangani prasasti peresmian gedung Command Center Meteor Kota Probolinggo. (Foto: Taufik Hidayat/TIMES Indonesia)

Sementara itu, Kapolda Jatim, Irjen Pol. Imam Sugianto, mengapresiasi program Wali Kota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin, yang menggabungkan pelayanan keamanan dan sosial dalam satu sistem keamanan terpadu. 

"Baru saja kita resmikan Gedung Meteor. Ada beberapa posko terkait kesiapsiagaan terhadap laporan masyarakat," ucap Irjen Pol. Imam Sugianto dalam sambutannya.

Ia menambahkan, dari gedung tersebut akan dilakukan pemantauan 24 jam penuh terhadap gangguan, bencana, dan kejadian di Kota Probolinggo.

Sebelum meresmikan gedung meteor, Kapolda Jatim, Irjen Pol. Imam Sugianto, juga meresmikan gedung Kepolisian Subsektor Kedopok, di Jalan Serayu Kecamatan Kedupok.

Dengan demikian, Kota Probolinggo kini memiliki tiga Polsek dan dua polsubsektor.

Orang nomor satu di Polda Jatim itu mengatakan, usai diresmikan, pihaknya akan melakukan kajian untuk meningkatkan status dua polsubsektor menjadi Polsek.

"Kami akan sesegera mungkin melakukan kajian, atas status polsubsektor Kecamatan Kedopok dan Kanigaran. Paling lambat tahun depan status polsubsetor sudah berubah jadi Polsek," ujar Irjen Pol. Imam Sugianto.

Dalam peresmian gedung Command Center Meteor, Kapolda Jatim, Wali Kota Probolinggo, dan segenap Forkopimda meninjau gedung meteor secara langsung.

Mereka juga melihat simulasi penggunaan aplikasi meteor yang terintegrasi dengan Call Center 112 Pemkot Probolinggo. (Adv)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Muhammad Iqbal
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES