Pemerintahan

Siap Kawal Demokrasi, Banyuwangi Gelar Apel Siaga Linmas

Selasa, 30 Januari 2024 - 17:00 | 21.69k
Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani bersama Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Nanang Haryono, menyematkan pita pengamanan pemilu kepada perwakilan Linmas. (Foto: Laila Yasmin/TIMES Indonesia)
Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani bersama Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Nanang Haryono, menyematkan pita pengamanan pemilu kepada perwakilan Linmas. (Foto: Laila Yasmin/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Banyuwangi mengintensifkan langkah-langkah persiapan untuk mengamankan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang akan digelar pada 14 Februari mendatang. Dalam upaya menjaga demokrasi dan memastikan jalannya pesta demokrasi tersebut berlangsung dengan aman, Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani, memimpin langsung Apel Siaga dan Pengarahan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas). Acara tersebut digelar di Lapangan Tenis Indoor Gedung Olahraga (GOR) Tawangalun Kabupaten Banyuwangi pada Selasa (30/1/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Ipuk secara simbolis memberikan pita pengamanan pemilu kepada perwakilan Linmas, yang dianggap sebagai ujung tombak dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama pelaksanaan Pemilu.

Turut hadir dalam acara tersebut beberapa tokoh penting, antara lain Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Nanang Haryono, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Dwi Anggraini Rahman, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Banyuwangi Adrian Yansen, dan Wakil Bupati Banyuwangi Pakde Sugirah.

Bupati Ipuk menggarisbawahi peran penting Linmas dalam menjaga ketertiban dan keamanan selama pesta demokrasi lima tahunan ini. Dalam sambutannya, Ipuk menekankan pentingnya kesadaran dan tanggung jawab para anggota Linmas dalam menjalankan tugasnya.

"Saya berharap kalian semua menjalankan hak dan tanggung jawab kalian dengan penuh kesadaran," ujar Ipuk.

Bupati-Ipuk-Fiestiandani.jpgBupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani, memimpin apel siaga Linmas jelang Pemilu 2024. (Foto: Laila Yasmin/TIMES Indonesia)

Tak hanya itu, Bupati Ipuk juga memberikan pesan khusus kepada anggota Linmas untuk memberikan rasa aman kepada warga selama proses pemilihan, terutama di desa-desa. Mereka juga diminta untuk mewaspadai potensi gangguan keamanan dan ketertiban yang mungkin timbul selama proses pemilihan berlangsung.

"Linmas juga harus proaktif dalam membangun komunikasi yang baik dengan semua pihak. Ini adalah kunci dari keberhasilan pemilu," tambah Ipuk.

Selain itu, Bupati Ipuk juga mengapresiasi kerja sama semua pihak dalam menyukseskan pemilu serentak tahun ini. Harapannya, kerja sama yang telah terjalin dapat terus berlanjut hingga rampungnya proses pemilihan.

"Saya berharap kita semua dapat bersinergi dan berkolaborasi dalam mengawal proses pemilu yang transparan, demokratis, jujur, adil, dan berkualitas," tuturnya.

Kepala Satpol PP Banyuwangi, Wawan Yadmadi, menambahkan bahwa para anggota Linmas terdiri dari berbagai elemen masyarakat yang telah siap memenuhi kewajiban mereka. Mereka telah dibekali dengan aturan-aturan dan kode etik yang berlaku, sehingga dapat menjalankan tugasnya secara maksimal.

"Para Linmas siap menjaga keamanan dan ketertiban pemilu," kata Wawan dengan penuh keyakinan.

Dengan langkah-langkah persiapan ini, diharapkan pelaksanaan Pemilu 2024 di Banyuwangi dapat berjalan dengan sukses dan aman, menjaga keutuhan demokrasi dan memberikan kepercayaan kepada masyarakat dalam menentukan pilihannya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES