Pemerintahan

Wujudkan Morotai Bersinar, Kunker Kepala BNNP Malut Diapresiasi Pj Bupati M Umar Ali

Rabu, 31 Januari 2024 - 18:13 | 19.13k
Pj Bupati M Umar Ali saat menyambut Kepala BNNP Malut, Brigjen Pol Deni Dharmapala di Bandara Leo Wattimena Morotai, Rabu, 26 Januari 2024. (Foto: Munces For TIMES Indonesia).
Pj Bupati M Umar Ali saat menyambut Kepala BNNP Malut, Brigjen Pol Deni Dharmapala di Bandara Leo Wattimena Morotai, Rabu, 26 Januari 2024. (Foto: Munces For TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, PULAU MOROTAI – Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi Maluku Utara (BNNP Malut), Brigjen Pol. Deni Dharmapala dan rombongan melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Morotai. Kuker dalam rangka mewujudkan Morotai Bebas Narkoba (Morotai Bersinar) tersebut disambut hangat dan diapresiasi oleh Pj Bupati Morotai, M Umar Ali.

Kunker Kepala BNNP Malut ke Morotai tidak sendiri, tetapi didampingi Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Maluku Utara (Kakanwil Kemenkumham Malut), Ignatius Purwanto. Mereka menumpang pesawat Wings Air NP : IW-1172 PK WJL, tiba di Bandara Leo Wattimena Morotai, Rabu (26/1/2024) jelang sore.

"Pada kesempatan yang baik ini, kami berterima kasih dan menyambut hangat serta mengapresiasi kehadiran Kepala BNNP Malut, Brigjen Pol Deni Dharmapala, SH., SIK., MH, beserta jajaran di Kabupaten Morotai. Tentu kami menyambut baik kunjungan ini, sebagai bentuk keseriusan Bapak Brigjen Pol. Deni Dharmapala, SH., SIK., MH dan kita bersama dalam mewujudkan Morotai Bersih Narkoba (Bersinar)," ungkap Pj Bupati Morotai, M Umar Ali. 

Ia mengatakan seperti yang kita ketahui bersama, penggunaan Narkoba sangat dilarang oleh Pemerintah. Penyalahgunaan Narkoba tidak hanya di kalangan orang dewasa saja tetapi juga generasi muda. Penyalahgunaan zat adiktif ini sangat berpengaruh negatif terhadap generasi masa depan jika terus dibiarkan.

"Kami selaku Pemda, tentu mengapresiasi dan terus mendukung program dan kegiatan yang telah dan akan dilakukan oleh BNN dalam rangka pencegahan dan pemantauan peredaran narkoba di Kabupaten Morotai. Berbagai kegiatan pencegahan telah kita upayakan bersama, diantaranya Pemkab melalui pemerintah desa melakukan kerja sama dengan BNN untuk melakukan sosialisasi Pencegahan, Pemberatasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN)," ujarnya.

Selain itu, tahun kemarin, Pemkab Morotai juga bersama dengan Polres, BNN dan Stakeholder lainnya telah melakukan kegiatan launching Kampung Tangguh Anti Narkoba. Diharapkan lewat kegiatan-kegiatan seperti ini dapat memberikan pengetahuan dan kesadaran masyarakat tentang dampak dan bahaya Narkoba serta mencegah kasus Narkoba terjadi di daerah ini.

Pj-Bupati-M-Umar-Ali-a.jpgTatap muka Forkopimda serta para Pimpinan OPD Pemkab Morotai dengan Kepala BNNP Malut, Brigjen Pol Deni Dharmapala, Rabu, 26 Januari 2024. (Foto: Munces For TIMES Indonesia).

"Dalam upaya pencegahan dan penanganan narkoba, Pemkab Morotai membutuhkan kerjasama dan kolaborasi dari berbagai pihak, baik itu Pemda, BNN, dan seluruh Lintas Sektor, dengan upaya dan tujuan yang sama untuk mewujudkan Morotai bersih Narkoba.  Semoga dengan kunjungan kerja di Morotai ini, membawa dampak postif untuk masa depan daerah yang kita cintai dan bersih dari Narkoba," pungkasnya.

Sementara Kepala BNNP Malut, Brigjen Pol Deni Dharmapala, yang baru 3 bulan dilantik menjadi Kepala BNN Malut dan punya pengalaman bertugas di BNN Pusat selama 4 tahun ini mengatakan, semasa di BNN Maluku Utara, dirinya hanya melaksanakan kegiatan masuk ke wilayah. Morotai adalah wilayah ke dua yang ia kunjungi setelah yang pertama wilayah BNN Kota Tidore, dan rencananya Kamis besok lanjut ke Tobelo, Halmahera Utara.

"Setelah menyimak apa yang disampaikan oleh Bupati dalam sambutannya, bahwa di wilayah Morotai sendiri sudah melaksanakan beberapa program BNN, diantaranya adalah Pencegahan, Pemberantasan dan Penyalahgunaan Narkotika. Dasar hukum dari kegiatan tersebut mengacu pada UU No 35 tahun 2009," ungkapnya. 

Menurut Deni, dalam melaksanakan kegiatan P4GN, BNN tidak sendiri, didukung oleh Instruksi Presiden No 2 Tahun 2020 tentang rencana aksi Nasional P4GN. Presiden menitipkan kepada segenap masyarakat, institusi Pemerintahan, baik pemerintahan pusat, lembaga, Panglima TNI, Kapolri, Gubernur, Bupati dan seluruh komponen masyarakat untuk melaksanakan program P4GN. 

Hal ini diperkuat oleh dikeluarkannya Peraturan Menteri No 12 Tahun 2019 tentang fasilitasi P4GN yang dititipkan pada Kepala Pemerintahan Daerah dalam hal ini Gubernur dan Bupati. 

Brigjen Pol Deni Dharmapala menyebutkan BNN Pusat mengucapkan terima kasih kepada Bupati Morotai dan jajarannya karena selama ini kegiatan program P4GN sudah berjalan dengan baik. Kemudian peningkatan pelaksanaan Desa Bersinar di Kabupaten Morotai tahun ini, kemudian tahun depan juga ada. Sehingga data Desa Bersinar sejak tahun 2022- 2023 telah terbentuk sebanyak 88 Desa Bersinar dengan bentuk kegiatannya sosialisasi.

"Saya dapat informasi bahwa Kabupaten Morotai itu wilayahnya terdiri dari pulau-pulau. Untuk menjangkau wilayah pulau-pulau tersebut tentunya akan ada kendala transportasi. Untuk itu mohon kiranya kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Morotai untuk mendukung dalam hal ini memfasilitasi apabila ada program P4GN ke pelosok-pelosok," pintanya.

"Saya berharap, jalinan kerjasama dan silaturahmi ini akan terus dilakukan antara Pemda Kabupaten Morotai dengan BNN Provinsi maupun BNN Kabupaten agar upaya pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan serta peredaran gelap narkotika dapat terlaksana seefektif mungkin," harap Kepala BNNP Malut, Brigjen Pol Deni Dharmapala. (*).

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES