Pemerintahan

Kementerian PUPR RI Terima Apresiasi Hasil SPIP dan APIP Level 4 dari BPKP 

Kamis, 01 Februari 2024 - 21:29 | 24.00k
Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono saat menghadiri PUPR Compliance Forum dan Pekan Kepatuhan 2024 di Auditorium Kementerian PUPR RI, Kamis (1/2/2024). (FOTO: Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR RI)
Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono saat menghadiri PUPR Compliance Forum dan Pekan Kepatuhan 2024 di Auditorium Kementerian PUPR RI, Kamis (1/2/2024). (FOTO: Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR RI)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR RI) terus mensosialisasikan nilai-nilai budaya anti korupsi dan budaya integritas, salah satunya dengan menyelenggarakan PUPR Compliance Forum dan Pekan Kepatuhan 2024 di Auditorium Kementerian PUPR RI, Kamis (1/2/2024). 

Kegiatan ini menjadi representasi atas program pembinaan, pengembangan, dan pengendalian yang dilakukan oleh Unit Kepatuhan Intern (UKI) Kementerian PUPR RI dalam mendukung tata kelola penyelenggaraan pembangunan infrastruktur yang akuntabel dan profesional. 

UKI merupakan second line of defense bagi setiap Unor di Kementerian PUPR RI. Karena itu yang menjadi fokus UKI adalah penguatan untuk mendukung Ditjen-Ditjen sebagai first line of defense dan Itjen sebagai third line of defense. 

Pembentukan UKI sebagai unit baru di setiap Unor sejak tahun 2020 merupakan bagian dari komitmen Kementerian PUPR RI dalam meningkatkan akuntabilitas belanja anggaran dengan prinsip pengelolaan keuangan negara yang taat peraturan perundang-undangan, efektif, efisien, dan transparan serta tata kelola organisasi. 

“Baik untuk first line of defense, second line of defense maupun third line of defense adalah internal auditor, bukan eksternal auditor. Saya sering menyampaikan internal auditor lebih susah daripada eksternal auditor karena dituntut untuk membina pengawasan,” kata Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono. 

Menurut Menteri PUPR RI, upaya-upaya perbaikan kualitas pengawasan yang dilakukan secara terus menerus ini merupakan komitmen Kementerian PUPR dalam memperkuat tata kelola yang baik (good governance). Aksi ini tidak hanya menjadi tanggung jawab UKI dan Inspektorat Jenderal, tetapi harus didukung dan dilaksanakan secara komprehensif oleh seluruh lini pertama mulai dari Unit Organisasi (Unor), Unit Kerja, hingga ke Balai/Satker serta terus berkolaborasi dengan seluruh stakeholders terkait. 

“Saya berpesan sebagai pemimpin di organisasi masing-masing harus bisa menjadi contoh, tone of the top integritasnya harus menjadi contoh, tidak hanya harus bisa menjadi contoh, tetapi semua harus berani menjadi contoh,” kata Menteri PUPR RI.

Pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan pemberian apresiasi atas capaian hasil Evaluasi Maturitas Penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Terintegrasi Kementerian PUPR RI Tahun 2023 yang telah berada pada Level 4 atau meningkat dari tahun sebelumnya pada Level 3 serta capaian Kapabilitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) Kementerian PUPR RI yang juga telah mencapai Level 4. Apresiasi diberikan oleh Kepala Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Muhammad Yusuf Ateh dan diterima oleh Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono. 

“Dengan capaian SPIP dan Kapabilitas APIP pada Level 4 ini mencerminkan bahwa Kementerian PUPR telah mampu mendefinisikan dan mengelola kinerjanya dengan baik, manajemen risiko, dan kegiatan pengendalian, sehingga mampu memastikan efektifitas pencapaian tujuan organisasi,” kata Kepala BPKP Muhammad Yusuf Ateh. 

PUPR Compliance Forum dan Pekan Kepatuhan 2024 mengambil tema “Menuju Lustrum Kepatuhan Intern 2025” dengan subtema “Beraksi, Berdampak, dan Berubah”. Acara ini  dilaksanakan sejak 26 Januari 2024 melalui serangkaian kegiatan penguatan kepatuhan intern dan manajemen risiko seperti Working Group in Compliance (WGC) serta kompetisi penyusunan Policy Brief dan lomba konten edukasi. 

Selanjutnya, acara puncak dilaksanakan pada 1 Februari 2024 melalui kegiatan pameran kepatuhan dan seminar penguatan integritas dengan menghadirkan narasumber dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Acara turut dihadiri Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama di lingkungan Kementerian PUPR RI beserta seluruh pejabat yang membidangi urusan Kepatuhan Intern dan Manajemen Risiko serta Generasi Muda PUPR. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES