Pemerintahan

Pemkab Sleman dan Pemkab Belitung Tandatangani MoU Kendalikan Inflasi

Senin, 22 April 2024 - 17:33 | 8.51k
Pemerintah Kabupaten Sleman jalin kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Belitung ditandai dengan penandatanganan MOU di Ruang Rapat Sembada Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Sleman, Senin (22/4/2024). (Foto: Dok. Prokopim Sleman)
Pemerintah Kabupaten Sleman jalin kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Belitung ditandai dengan penandatanganan MOU di Ruang Rapat Sembada Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Sleman, Senin (22/4/2024). (Foto: Dok. Prokopim Sleman)

TIMESINDONESIA, SLEMAN – Pemerintah Kabupaten atau Pemkab Sleman menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten atau Pemkab Belitung dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah. Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) oleh Bupati Sleman dan Pj. Bupati Belitung, di Ruang Rapat Sembada Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Sleman, Senin (22/4/2024).

Dikutip dalam naskah MoU, kerja sama antara Pemkab Sleman dengan Pemkab Belitung ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik yang dilaksanakan secara efektif, efisien dan sinergis dalam urusan penyelenggaraan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah. 

Ruang lingkup kesepakatan kerja sama antara lain bidang pertanian dan ketahanan pangan untuk pengendalian inflasi daerah, bidang pengembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), bidang ekonomi kreatif dan pariwisata.

Selain itu, kerja sama juga meliputi bidang perdagangan dan perindustrian, bidang koperasi dan UMKM, serta monitoring dan evaluasi pelaksanaan kesepakatan bersama. 

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo dalam sambutannya menyampaikan bahwa kerja sama ini merupakan langkah untuk mengendalikan inflasi daerah dan mengembangkan perekonomian.

"Melalui kerja sama ini kami harap juga dapat menguatkan pelaku UMKM, industri dan perdagangan yang akan memberikan dampak positif dalam pengembangan potensi pariwisata, budaya dan ekonomi kreatif," katanya. 

Kustini menilai, kemitraan dengan Pemkab Belitung ini dapat mendukung upaya Pemkab Sleman khususnya dalam penyelenggaraan urusan pangan, pertanian dan pengendalian inflasi daerah, pengembangan TIK, serta mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif baik di Kabupaten Sleman maupun di Kabupaten Belitung. 

Sementara itu, Pj. Bupati Belitung, Yuspian mengatakan bahwa kerjasama ini dapat membuka banyak kesempatan kerjasama Pemkab Sleman dan Pemkab Belitung dalam berbagai bidang.

Terlebih, Yuspian menilai Kabupaten Sleman secara geografis merupakan wilayah yang berada di kawasan pegunungan dengan potensi yang tidak dimiliki Kabupaten Belitung yang berada di kawasan dekat dengan laut. 

"Kerja sama ini tentu menjadi langkah yang baik dimana secara geografis Kabupaten Sleman dan Kabupaten Belitung jelas berbeda, begitupun dari masing-masing potensi yang dimiliki," jelas Yuspian. 

Ia juga mengungkapkan, selama ini untuk memenuhi komoditas seperti beras, bawang merah dan bawang putih, pihaknya perlu mendatangkan dari luar Kabupaten Belitung. 

Selain itu, potensi gangguan cuaca di laut juga menjadi masalah tersendiri akan ketersediaan pasokan pangan sehingga rentan terjadi inflasi. 

Berdasarkan kondisi tersebut, ia berharap adanya kerja sama ini dapat memberikan manfaat yang positif baik bagi Pemkab Sleman maupun Pemkab Belitung. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES