Pemerintahan

Dinas Damkar Tambah Pos Sektor di Banyuwangi Selatan

Selasa, 07 Mei 2024 - 15:02 | 52.30k
Dinas Damkar Banyuwangi tambah pos sektor di Kecamatan Bangorejo. (Foto: Humas Pemkab Banyuwangi for TIMES Indonesia)
Dinas Damkar Banyuwangi tambah pos sektor di Kecamatan Bangorejo. (Foto: Humas Pemkab Banyuwangi for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Dinas Damkar) Banyuwangi, Jawa Timur, menambah satu pos sektor untuk mempercepat jangkauan bila terjadi kebakaran. Sektor tambahan itu berada di wilayah Banyuwangi Selatan, tepatnya di Kecamatan Bangorejo.

Dengan tambahan tersebut, Banyuwangi memiliki satu markas utama dan tiga pos sektor. Markas utama berada di wilayah Kecamatan Banyuwangi. Sebelum Bangorejo, dua pos sektor lainnya telah lebih dulu ada yakni di Kecamatan Genteng dan Srono.

Kepala Dinas Damkar Banyuwangi, Yoppy Bayu Irawan menjelaskan, pos sektor Bangorejo telah beroperasi mulai 2 Mei lalu. Sektor ini memiliki masing-masing satu unit mobil water supply pemadam dan mobil rescue.

Mobil water supply pemadam digunakan apabila terjadi laporan kebakaran di wilayah Bangorejo dan sekitarnya. Sementara mobil rescue dipakai untuk evakuasi bila ada laporan warga yang membutuhkan bantuan.

"Untuk personel, ada lima orang yang bertugas di sektor tersebut," kata Yoppy, Selasa (7/5/2024).

Kepala Bidang Pencegahan Dinas Damkar Banyuwangi, Agus Supriyanto menambahkan, wilayah pos sektor Bangorejo tak hanya melayani satu kecamatan. Sektor itu juga akan menjangkau laporan di wilayah kecamatan sekitarnya, yang mayoritas berada di Banyuwangi selatan.

"Wilayah-wilayah ini sebelumnya ditangani oleh sektor Genteng," kata Agus.

Selama dilayani markas utama dan sektor Genteng, jarak waktu tim damkar untuk datang ke lokasi kebakaran di wilayah Bangorejo dan sekitarnya cukup lama dari laporan diterima. Hal tersebut dikarenakan jarak tempuh yang relatif jauh, yakni antara 1 hingga 1,5 jam perjalanan.

"Dengan adanya sektor damkar Bangorejo, laporan masyarakat bisa lebih cepat direspons. Baik laporan kejadian kebakaran maupun penyelamatan," tambahnya.

Kecepatan respons diharapkan bakal meminimalisir risiko dampak kerugian maupun korban jiwa dari setiap kejadian kebakaran di wilayah Bangorejo dan sebagian Banyuwangi selatan.

"Untuk setiap kebakaran dan bantuan penyelamatan, masyarakat bisa melapor melalui panggilan telepon 112, melalui aplikasi Smart Kampung, atau melalui call center Damkarmat Banyuwangi di 082211312113," ujarnya.

Di sisi lain, pihaknya juga memperkuat kesiapan masyarakat untuk penanganan awal terjadi kebakaran. Damkar rutin melatih warga melalui program Masyarakat Tanggap Bahaya Kebakaran (Mastang Bakar). "Dengan meningkatnya pengetahuan masyarakat terkait pencegahan dan penanggulangan kebakaran, maka masyarakat dapat mengambil langkah dini cara penanganan kebakaran sehingga dapat meminimalisir kerugian materi dan korban jiwa. Program ini juga menggugah jiwa sosial warga Banyuwangi secara keseluruhan untuk peduli satu sama lain," kata dia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES