Pemerintahan

Penataan Kawasan Kota Lama Ditarget Wali Kota Eri Rampung Sebelum Hari Jadi Kota Surabaya

Rabu, 15 Mei 2024 - 20:49 | 11.35k
Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi bersama jajaran asisten dan kepala perangkat daerah (PD) Pemkot Surabaya saat melakukan sidak Pembangunan dan penataan kawasan Kota Lama. (Foto: Dok. Pemkot Surabaya for TIMES Indonesia)
Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi bersama jajaran asisten dan kepala perangkat daerah (PD) Pemkot Surabaya saat melakukan sidak Pembangunan dan penataan kawasan Kota Lama. (Foto: Dok. Pemkot Surabaya for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYASURABAYA - Pembangunan dan penataan kawasan Kota Lama mendapat banyak koreksi dari Wali Kota Eri Cahyadi.

Menurutnya beberapa titik perlu dilakukan perbaikan dan penambahan material, seperti di pedestrian Jalan Rajawali, depan Hotel Arcadia.

“Progres sudah berjalan sesuai dengan perencanaan, tapi saya minta beberapa ada yang perlu diperbaiki, saya minta untuk dibongkar, karena ada yang kurang pas. Termasuk penataan tanaman, juga terkait dengan pemasangan batu alamnya, jadi ada yang kurang pas, jadi saya minta agar di-stamper lagi agar rata,” ujarnya.

Tidak hanya itu, Cak Eri, sapaan karibnya juga ingin di zona Eropa Kota Lama dilakukan penambahan penerangan jalan umum (PJU). Yang bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pejalan kaki dan pengunjung Kota Lama.

“Karena ini nanti (rutenya) akan memutar Bank Mandiri, sehingga di situ harus ada lampu yang lebih terang dan pembangunan juga harus lebih rata,” tegasnya.

Lebih lanjut, utilitas listrik yang menjuntai hingga ke bawah pedestrian, menurut Wali Kota Eri sangat membahayakan pejalan kaki. Sehingga orang nomor satu di Kota Surabaya tersebut meminta Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) Surabaya untuk segera merapikan ducting.

"Jadi ada penurunan kabel itu direncanakan tanggal 16, saya bilang, kalau ini terlambat bisa kacau. Maka dari itu ini (kabel) harus diturunkan semua, karena sudah mulai ada pembongkaran dari PLN, sehingga nanti tanggal 16-17 sudah bisa masuk (ke dalam ducting),” paparnya.

Dalam sidak kali ini, Cak Eri bersama jajaran asisten dan kepala perangkat daerah (PD) Pemkot Surabaya menilik satu persatu proyek pembangunan Kota Lama. Mereka berjalan kaki mengecek secara detail, mulai dari area Gedung Internatio, Taman Sejarah, Jalan Prenjak Gedung Cerutu, Jalan Mliwis, berputar melalui Gedung Singa, kemudian kembali ke area Gedung Internatio.

Bukan hanya zona Eropa yang dikebut pengerjaanya, Cak Eri juga meminta kepada jajarannya untuk segera menuntaskan penataan zona Pecinan, di Jalan Kembang Jepun, Kya-Kya. Penataan itu diantaranya pemasangan tulisan aksara Tiongkok dan perbaikan pedestriannya agar lebih nyaman lagi.

Cak Eri optimis, pengerjaan kawasan Kota Lama tuntas sebelum peringatan Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) pada 31 Mei 2024 mendatang.

“Target sebelum 31 Mei, minggu depan kita lihat kembali ke lokasi ini tadi untuk memastikan apakah sudah ada perbaikan-perbaikan tadi,” tutup Wali Kota Eri Cahyadi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES