Pemerintahan

Surabaya Utara Miliki Sentra Pelayanan Publik dan Wisata Baru

Senin, 20 Mei 2024 - 17:38 | 17.32k
Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi saat meninjau SPP dan Wisata Rakyat di Nambangan. (Foto: Dok. Pemkot Surabaya)
Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi saat meninjau SPP dan Wisata Rakyat di Nambangan. (Foto: Dok. Pemkot Surabaya)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Guna meningkatkan kualitas layanan dan menyediakan tempat rekreasi yang nyaman bagi warga, Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi meresmikan dua fasilitas baru, yakni Sentra Pelayanan Publik (SPP) dan Wisata Rakyat di Nambangan, beberapa waktu lalu. 

Dalam menyambut Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-731, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanan dan fasilitas umum. 

“Dulu, ini adalah tanah (aset) pemkot, sehingga tanah ini kita manfaatkan untuk pelayanan publik dan tempat wisata. Kalau ada orang mengurus KTP, jika tidak di kelurahan atau Balai RW, bisa ke SPP ini karena bisa langsung foto (rekam) KTP,” kata Wali Kota Eri. 

Sebenarnya, pelayanan publik itu sudah tersentral di Mal Pelayanan Publik (MPP) Siola. Namun, terkadang masih banyak warga yang mengeluh jauh untuk ke Siola, sehingga Cak Eri, sapaan karibnya membuat kebijakan untuk membangun Sentra Pelayanan Publik di masing-masing wilayah. 

“SPP ini sama dengan yang lainnya, jadi harapan kita, warga tidak perlu jauh-jauh datang ke MPP Siola, tapi cukup ke SPP Nambangan. Kemudian jika warga tidak ada waktu atau setelah bepergian, bisa datang mengurus perizinan di SPP,” jelasnya. 

“Saat ini sentra pelayanan publik sudah ada di semua wilayah. Sebetulnya, pelayanan kita sudah berhenti di Balai RW, cuma di SPP ini bisa melakukan perekaman KTP karena di Balai RW tidak bisa,” imbuhnya. 

Lebih lanjut, terkait Wisata Rakyat Nambangan diharapkan menjadi destinasi wisata baru yang menarik di Kota Surabaya. Sekaligus meningkatkan perekonomian lokal dan membuka peluang usaha bagi warga sekitar.

“Ada tanah (aset) yang kita gunakan untuk Wisata Rakyat, di kawasan Surabaya Utara kita buat di sini. Anak-anak bisa bermain, ada lapak UMKM, sehingga kalau punya NIB bisa ada tempat untuk berjualan. InsyaAllah di wilayah barat, dan selatan juga ada Wisata Rakyat, kita selesaikan di bulan Mei ini,” ujar Cak Eri.

Pembukaan Wisata Rakyat Nambangan itu sukses menyedot perhatian masyarakat. Pasalnya, banyak warga yang mengantri di setiap wahana permainan yang tersedia. Karenanya, Wisata Rakyat Nambangan diharapkan dapat menjadi tempat wisata yang aman, nyaman, dan murah bagi keluarga. 

“Semoga Wisata Rakyat ini bisa bermanfaat untuk warga, UMKM, serta meningkatkan perekonomian. Yang terpenting adalah bagaimana anak-anak di sekitar ini, bisa bermain, dan mengeksplore keinginannya. Akhirnya ini menjadi tempat berkumpul keluarga, orang tua dan anak bisa menjadi satu memiliki kemistri,” tandasnya. 

Untuk diketahui, dalam mengakses layanan publik warga Kota Pahlawan khusus di Surabaya Pusat bisa langsung ke MPP Siola, kemudian di Surabaya Timur bisa ke Unit Pelayanan Terpadu Satu Atap (UPTSA) di Jalan Raya Menur, lalu Surabaya Selatan di Sentra Pelayanan Publik yang ada di Terminal Intermoda Joyoboyo (TIJ), di Surabaya Barat bisa langsung ke Sentra Pelayanan Publik Pakal di Taman Cahaya Pakal, dan yang baru saja diresmikan di Surabaya Utara berada di Nambangan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES