Pemerintahan

Resmi! Pemkot Bandung Rilis Logo HJKB ke-214, Ini Maknanya

Rabu, 22 Mei 2024 - 04:58 | 18.19k
Penjabat walikota Bandung Bambang Tirtoyuliono memberikan penghargaan kepada pemenang lomba logo di the House Convention Hall Paskal Bandung. (FOTO: Dok. Humas Bandung)
Penjabat walikota Bandung Bambang Tirtoyuliono memberikan penghargaan kepada pemenang lomba logo di the House Convention Hall Paskal Bandung. (FOTO: Dok. Humas Bandung)

TIMESINDONESIA, BANDUNG – Pemerintah Kota Bandung (Pemkot Bandung) resmi meluncurkan logo Hari Jadi ke-214 Kota Bandung (HJKB) di The House Convention Hall Paskal 23, Selasa (21/5/2024). 

Logo ini terpilih lewat sayembara yang diselenggarakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung sejak 8-21 Mei 2024 lalu.

Visualisasi logo Hari Jadi ke-214 Kota Bandung karya Widya N. Firdansyah ini secara keseluruhan merupakan representasi nilai tema “Semangat Kolaborasi Wujudkan Kota Bandung Maju Berkelanjutan” yang mencerminkan tekad, motivasi, dan kekuatan yang menginspirasi warga untuk bekerja sama.

Nyala api menjadi visual utama logo merupakan representasi dari semangat Bandung Lautan Api yang terus mengalir ke setiap warga Kota Bandung. Elemen nyala api itu sendiri didesain secara abstrak menyerupai angka “2”, “1”, dan “4” untuk melambangkan HJKB ke-214.

Visual utama logo tidak hanya tampak sebagai api menyala saja, tetapi juga sebagai pohon yang batang dan akarnya tertanam dalam tanah. Elemen daun, ranting, dan pucuk pohon menjadi satu kesatuan yang berkolaborasi dalam mewujudkan pertumbuhan Kota Bandung yang maju dan berkelanjutan.

Penggunaan tiga warna utama kuning, hijau, dan biru dan satu warna biru muda sebagai komplemen merupakan warna yang diambil dari warna identitas Kota Bandung. Empat warna tersebut mewakili 4 (empat) visi kota, yaitu Kreatif (biru muda), Agamis (biru tua), Maju (kuning), dan Berkelanjutan (hijau).

Pj Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono menyebut logo yang terpilih dapat merepresentasikan semangat HJKB ke-214 yang mengangkat tema Semangat Kolaborasi Wujudkan Kota Bandung Maju Berkelanjutan.

Pada kesempatan tersebut juga, turut diluncurkan tagline HJKB ke-214 yakni Bandung Maju Berkembang.

"Makna dari logo HJKB ini sangat amat luar biasa, kolaboratif berkelanjutan, kemudian juga bola api menunjukkan tekad membara untuk percepatan pembangunan di Kota Bandung," ujarnya.

Ia menyebut logo tersebut merupakan hasil sayembara yang merupakan gagasan-gagasan dari publik yang merepresentasikan warga Kota Bandung.

"Logo ini merupakan hasil seleksi. Kota Bandung sebagai kota kreatif lebih kurang ada 85 orang yang memberikan ide. Dan diseleksi oleh tim juri, inilah yang terpilih. Ini juga berkat dukungan dari BJB," katanya.

Ia berharap rangkaian HJKB tahun ini dapat menjadi pesta rakyat dan benar-benar dirasakan oleh masyarakat luas sampai ke tingkat RT dan RW.

"Kita juga berharap bahwa rangkaian HJKB ini menjadi sesuatu yang menarik wisatawan. Kita kemas semenarik mungkin hingga menjadi daya tarik wisatawan luar datang ke Kota Bandung," ujarnya.

Logo HJKB 214 lahir dari buah karya seorang desainer grafis asal Kopo, Kota Bandung bernama Widya N. Firdansyah. Ia merupakan logo specialist lulusan jurusan Matematika Institut Teknologi Bandung (ITB) dan kini bekerja di PT. LEN Industri (Persero) sebagai analis.

Sebelumnya, Widya juga telah memenangkan berbagai perlombaan desain. Di antaranya 1st Winner 50 years Gunung Madu Plantations (2024), 1st Winner Unofficial logo 537 tahun Kabupaten Gresik (2024) dan Top 3 Logo 1274 tahun Kabupaten Salatiga (2024) serta berbagai penghargaan lainnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES