Pemerintahan

Anggaran Pengelolan Sampah di Pacitan Rp4 Miliar, Sekdin DLH: Sebenarnya Perlu Ditambah

Senin, 27 Mei 2024 - 14:28 | 19.63k
Sekdin Lingkungan Hidup Muslih saat wawancara soal anggaran. (Foto: Rojihan/TIMES Indonesia)
Sekdin Lingkungan Hidup Muslih saat wawancara soal anggaran. (Foto: Rojihan/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PACITAN – Pemerintah Kabupaten atau Pemkab Pacitan, Jawa Timur mengangarkan Rp4 Miliar untuk pengelolaan sampah selama se-tahun 2024. Informasi itu disampaikan oleh Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Pacitan Muslih saat dikonfirmasi TIMES Indonesia di ruang Dinasnya. 

“Anggaran untuk pengelolaan sampah di Kabupaten Pacitan sebesar Rp4 Miliar digunakan untuk operasional dan pengelolaan sampah,” ujarnya, Senin (27/5/2024).

Anggaran itu menurut Huslih melihat aktivitas dan kegunaannya dinilai masih kurang, namun tetap menggunakan anggaran tersebut secara maksimal. 

“Anggaran Rp4 miliar itu sebenarnya kurang dan perlu ada penambahan tapi bagaimana lagi karena adanya segitu sehingga kami maksimalkan, terutama bagaimana masyarakat sadar untuk memilah-milah,” tambahnya.

Muslih pun menjelaskan penanganan sampah di Pacitan ada dua hal untuk penanganan langsung maupun pengelolaan yang melibatkan masyarakat.

"Penanganan sampah dalam artian yang langsung rutin termasuk pengangkutan sampah dari titik-titik kontainer ke TPA dan dari masyarakat. Dan juga pengelolaan termasuk sosialisasi kepada masyarakat, yang kita inginkan agar masyarakat bisa memilah sampah sehingga bisa mengurangi tumpukan sampah," imbuhnya.

Sampah mulai dari masyarakat dan pasar yang dikelola Pemkab Pacitan, seperti Pasar Tulakan dan Ngadirojo.

“Kalau personel penganggut sampah kami optimalkan yang ada kalau kebutuhan memang kurang, tapi ya kami maksimalkan yang ada,” ujarnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES