Pemerintahan

Peringatan Harlah Pancasila, Gelorakan Semangat Patriotisme dan Bela Negara 

Sabtu, 01 Juni 2024 - 22:06 | 20.37k
Ketua MPC Pemuda Pancasila (PP) Kota Kediri M. Akson Nur Huda (kiri belakang) bersama (depan ki-ka) Dandim 0809 Kediri Letkol Inf Aris Setiawan, Pj Wali Kota Kediri Zanariah dan Kolonel Kal Nanto Nurhuda (FOTO: Yobby/TIMES Indonesia)
Ketua MPC Pemuda Pancasila (PP) Kota Kediri M. Akson Nur Huda (kiri belakang) bersama (depan ki-ka) Dandim 0809 Kediri Letkol Inf Aris Setiawan, Pj Wali Kota Kediri Zanariah dan Kolonel Kal Nanto Nurhuda (FOTO: Yobby/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, KEDIRI – Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2024, menjadi momentum penting untuk meningkatkan semangat patriotisme dan bela negara. Dengan dinamika yang ada di masyarakat, terutama dengan kehadiran sosial media, berpotensi mengikis budaya bangsa. 

"Ini menjadi momentum penting. Betapa bahwa sikap patriotisme ini harus terus ditumbuh kembangkan. Karena di era gempuran media sosial, berpotensi terjadinya degradasi budaya," tegas Ketua MPC Pemuda Pancasila (PP) Kota Kediri M. Akson Nur Huda, Sabtu (01/06/2024). 

Sosial media dinilai, juga turut membawa narasi atau ideologi yang bertentangan dengan NKRI. Hal tersebut harus diantisipasi dan diwaspadai, agar generasi muda tidak mudah terpapar. Patriotisme dan semangat bela negara bisa menjadi benteng penting untuk menghindari  hal-hal negatif yang ada di sosial media. 

Peringatan-Harlah-Pancasila-2.jpg

"Oleh karena itulah momentum lahirnya Pancasila ini menjadi semangat kita, terutama teman-teman, anak muda untuk terus bisa mencintai negerinya sendiri, patriotisme-nya dibangun sedemikian rupa," tambahnya lagi. 

Hal senada juga turut diungkapkan Komandan Kodim 0809/Kediri Letkol Inf Aris Setiawan. Semua stakeholder terkait perlu merangkul dan mengarahkan generasi muda untuk menguatkan semangat patriotisme dan bela negara. "Agar Pancasila dan bela negara selalu tertanam dalam diri kita," tuturnya. 

Hari lahir Pancasila juga menjadi kesempatan bagi semua komponen bangsa untuk bahu-membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. 

Dalam kesempatan itu, MPC Pemuda Pancasila (PP) Kota Kediri selain ikut ambil bagian dalam Upacara Hari Lahir Pancasila di Makodim 0809 Kediri, juga berkolaborasi bersama Kodim 0809 Kediri dan Pemerintah Kota Kediri menggelar seminar bela negara. Hadir sebagai narasumber Kolonel Kal Nanto Nurhuda dari Kementerian Pertahanan dan Dandim 0809 Kediri.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama Pj Wali Kota Kediri Zanariah mengajak seluruh elemen masyarakat untuk semangat bela negara. Zanariah menuturkan bahwa apa yang dilakukan masyarakat dengan profesi masing-masing adalah wujud nyata kecintaan mereka pada tanah air. 

"Tantangan dan ancaman yang dihadapi bangsa adalah panggilan bagi kita semua untuk bela negara. Semua anak bangsa harus tergerak dan bergerak untuk bela negara sesuai dengan ladang pengabdiannya masing-masing. Panggilan untuk bela negara bisa dilakukan melalui pengabdian profesi di berbagai bidang kehidupan masing-masing," terang pj Wali Kota Kediri. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES