Pemerintahan

Pemkab Banjarnegara Gelar Gerakan Pangan Murah dan Bazar Pangan, Ini Tujuannya

Jumat, 14 Juni 2024 - 22:23 | 35.61k
Pj Bupati Banjarnegara Muhammad Masrofi usai membuka Gerakan Pangan Murah (GPM) dan Bazar Pangan di Alun-alun Kota Banjarnegara. (FOTO: Kominfo Banjarnegara For TIMES Indonesia)
Pj Bupati Banjarnegara Muhammad Masrofi usai membuka Gerakan Pangan Murah (GPM) dan Bazar Pangan di Alun-alun Kota Banjarnegara. (FOTO: Kominfo Banjarnegara For TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANJARNEGARAPemerintah Kabupaten Banjarnegara menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) dan Bazar Pangan di Alun-alun Kota Banjarnegara, Jum’at (14/6/2024).

Kegiatan yang dibuka Pj Bupati Banjarnegara Muhammad Masrofi bertujuan untuk menstabilkan pasokan dan harga pangan dengan melibatkan stakeholder terkait.

Dalam penyelenggaraan kegiatan GPM dan bazar pangan 2024 kata Masrofi, juga sebagai upaya mendukung pengendalian inflasi melalui penyediaan komoditas bahan pangan pokok yang di jula di bawah harga pasar.

Muhammad-Masrofi-2.jpg

“Pengendalian inflasi melalui penyediaan komoditas bahan pangan pokok yang dijual di bawah harga pasar ini agar harga kebutuhan pokok masyarakat terjaga stabilitasnya,” kata Masrofi.

Disamping itu dalam rangka membangkitkan perekonomian masyarakat Banjarnegara dengan keikutsertaan Kelompok Wanita Tani (KWT) dan pelaku UMKM.

Senada juga disampaikan Sekda Banjarnegara Indarto. Dengan harga yang terjangkau dan lebih murah dari harga pasar kata dia akan menyetabilkan harga pangan.

Muhammad-Masrofi-3.jpg

"Disamping itu, kegiatan ini juga dalam rangka mengoptimalkan peran anggota TPID Banjarnegara untuk mendukung 4 K-Inflasi sekaligus dalam rangka menyambut hari raya Idul Adha 1445 Hijriah," jelas Indarto

Disampaikan Indarto, untuk kegiatan gerakan pangan murah dan bazar pangan merupakan produk bulog seperti beras,minyak goreng, gula pasir dan terigu.

Kemudian dari bidang peternakan dijual antara lain telur, daging ayam dan daging sapi. Sedangkan dari hortikltura di jual bawang merah, bawang putih dan cabai.

Dalam gerakan pangan murah dan bazar pangan juga disandingkan produk pemanfaatan pekarangan KWT, produk olahan KWT, olahan pangan siap saji, olahan perikanan, produk tanaman, bumbu dan rempah serta produk lokal UMKM.

Untuk diketahui,  gerakan pangan murah (GPM) dan bazar untuk mendukung pelaksanaan TPID peduli Banjarnegara melibatkan Bapanas RI, Dinas Ketahanan Pangan Propinsi Jawa Tengah, BI Purwokerto, Kepala OPD, Bulog kanca Banyumas yang menyalurkan bansos beras kepada 101.402 KPM di Banjarnegara. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES