Pemerintahan

Cara Polresta Banyuwangi Dukung Sektor Pariwisata dan Cegah Pemanasan Global

Kamis, 27 Juni 2024 - 13:30 | 48.67k
Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Nanang Haryono, saat memimpin penanaman pohon peringatan Hari Bhayangkara ke-78 di pantai Marina Boom Banyuwangi. (Foto : Syamsul Arifin/TIMES Indonesia)
Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Nanang Haryono, saat memimpin penanaman pohon peringatan Hari Bhayangkara ke-78 di pantai Marina Boom Banyuwangi. (Foto : Syamsul Arifin/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGIPolresta Banyuwangi menggelar penanaman pohon di pantai Marina Boom Banyuwangi, di Kelurahan Kampung Mandar, Kamis (27/6/2024). Kegiatan yang turut diikuti jajaran Bhayangkari, TNI dan masyarakat ini merupakan rangkaian peringatan Hari Bhayangkara ke-78.

Sekaligus sebagai wujud kongkrit dukungan kepolisian terhadap tumbuh kembang sektor pariwisata daerah. Serta menjadi upaya pelestarian lingkungan dan mencegah pemanasan global.

“Ini adalah bentuk kepedulian Polri kepada lingkungan dan masyarakat, khususnya dalam membantu masyarakat dengan melakukan mitigasi dari dampak cuaca panas dan pencegahan abrasi,” ucap Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Nanang Haryono.

Untuk bibit tanaman yang dipilih adalah jenis Cemara, Mangrove dan Mahoni. Ketiga jenis tanaman tersebut merupakan ekosistem pesisir yang terdiri dari pohon-pohon khas yang mampu tumbuh di wilayah pasang surut. Sistem akar yang kuat dan rimbun mampu mengikat dan menahan sedimen pantai. Menahan gelombang laut dan mencegahnya mengikis daratan.

Pemilihan pantai Marina Boom Banyuwangi, sebagai lokasi kegiatan bukan tanpa alasan. Hal tersebut dilakukan mengingat pantai yang dahulu kala disebut Taman Hiburan Rakyat (THR) ini memang menjadi salah satu destinasi wisata unggulan Banyuwangi.

Sering menjadi tempat event pariwisata nasional dan internasional. Juga menjadi jujugan wisatawan lokal maupun mancanegara yang kebetulan sedang berkunjung di Bumi Blambangan.

“Semoga kegiatan ini bermanfaat untuk masyarakat. Dan kelestarian lingkungan yang terbangun, mampu meningkatkan daya tarik wisata daerah,” cetus Kapolresta.

Nanang berharap, bakti sosial penanaman pohon rangkaian peringatan Hari Bhayangkara ke-78, mampu memotivasi seluruh elemen masyarakat di Banyuwangi. Terutama dalam upaya bersama menjaga bumi dari ancaman pemanasan global.

“Khususnya personel Polresta Banyuwangi, untuk menjadi teladan menanam pohon dan merawatnya, sehingga udara menjadi bersih dan nyaman, aktifitas masyarakat aman kondusif,” tandasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES