Pendidikan

Guru Madrasah di Gresik Dituntut Berinovasi

Selasa, 20 Agustus 2019 - 09:05 | 52.06k
Acara pembinaan oleh Kemenag Gresik di GOR Dani Sport Sidayu (Foto: Istimewa).
Acara pembinaan oleh Kemenag Gresik di GOR Dani Sport Sidayu (Foto: Istimewa).

TIMESINDONESIA, GRESIKGuru Madrasah di Kabupaten Gresik, Jawa Timur, dituntut untuk terus berinovasi untuk mengoptimalkan potensi serta bisa mengukir prestasi.

Ada empat poin kompetensi yang harus dimiliki guru sebagaimana yang telah diamanatkan dalam UU No 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. 

Empat kompetensi yang harus dimiliki oleh guru dalam menunaikan tugasnya. Keempat kompetensi tersebut adalah kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian dan sosial.

“Jadi guru itu harus berinovasi dalam rangka menggapai prestasi,” Kata Markus, Kepala Kantor Kemenag Gresik saat pembinaan guru Madrasah Tsanawiyah Se Wilayah Gresik Utara di GOR Dani Sport Center (DSC) Sidayu, Senin (19/8/2019) kemarin.

Dikatakan Markus, guru harus bisa mengikuti perkembangan zaman yang sangat cepat ini. Caranya adalah memanfaatkan media teknologi informasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran ke siswa

"Ajari anak-anak sesuai dengan zamannya. Jadilah guru yang kreatif, konstruktif dan mampu memanfaatkan media teknologi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran,” ujarnya, menjelaskan terkait dengan ciri guru pada aspek kompetensi pedagogik. 

Menurut pria asal Madura itu guru harus mampu menjaga sikap dan kepribadian. Artinya, seorang guru madrasah harus bisa menjadi teladan bagi siswa dan masyarakat sekitar 

“Iya, guru itu harus mampu menjadi teladan bagi siswa dan masyarakat di sekitarnya. Terlebih guru-guru di madrasah ini, yang notabennya berada di kementerian malaikat. Maka tidak boleh salah, harus berhati-hati dalam bersikap dan berbicara," tuturnya.

Sementara itu salah satu guru madrasah, Husni Mubarrok menyatakan jika kegiatan pembinaan ini sangat bermanfaat sekali. Sebab dikatakan dia, acara yang diselenggarakan oleh pengurus KKM (Kelompok Kerja Madrasah) MTs Wilayah Gresik utara ini rutin diselenggarakan secara berkala.

"Ini dalam rangka pembinaan guru-guru, khususnya guru yang telah bersertifikasi pendidik," imbuhnya usai mengikuti pembinaan Guru Madrasah di Gresik diharapkan bisa terus berinovasi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Gresik

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES