Pendidikan UIN Malang

Wapres RI KH Ma'ruf Amin Bangga UIN Malang Jadi Pelopor Ekonomi Syariah

Kamis, 04 Juni 2020 - 15:29 | 53.83k
Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI) KH Ma'ruf Amin menjadi narasumber Webinar Nasional yang digelar UIN Malang. (Foto: Naufal Ardiansyah/TIMES Indonesia)
Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI) KH Ma'ruf Amin menjadi narasumber Webinar Nasional yang digelar UIN Malang. (Foto: Naufal Ardiansyah/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI) KH Ma'ruf Amin mengapresiasi upaya UIN Malang karena antusias menjadi pelopor mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia.

KH Ma'ruf Amin menjadi narasumber kunci dalam Webinar Nasional bertajuk Ekonomi Syariah di Indonesia: Kebijakan Strategis Pemerintah Menuju New Normal Life, Kamis (4/6/2020). Ia menyampaikan gagasannya terkait model pengembangan ekonomi syariah di Indonesia di tengah pandemi Covid-19.

"Saya apresiasi atas inisiatif UIN Malang yang menyelenggarakan Webinar ini. Saat ini kita diuji dengan ujian berat karena covid-19 yang menjadi pandemi hampir di seluruh dunia. Dampaknya sangat luas dan multidimensi," jelasnya.

Guru Besar bidang Ilmu Ekonomi Muamalat Syariah UIN Malang ini menjelaskan adanya perlambatan pertumbuhan ekonomi yang diakibatkan pandemi Covid-19. Dengan kebijakan pemerintah seperti penerapan PSBB di beberapa daerah tentu kata dia berimbas siginifikan terhadap sektor ekonomi.

Menurutnya, pemerintah menetapkan kesehatan dan keselamatan masyarakat sebagai prioritas utama. Sebab itu, goalnya adalah untuk memutus penyebaran Covid-19.

Beberapa upaya pemerintah dilakukan untuk penanganan medis dan pencegahan penyebaran Covid-19 serta mengatasi dampak pandemi itu sendiri.

"Upaya pemerintah dilanjutkan dengan program jaring pengaman sosial. Refocusing anggaran dan memberikan stimulus baik fiskal maupun non fiskal," bebernya.

Ia menyampaikan sektor UMKM yang merupakan ladang usaha masyarakat tak luput dari sasaran dampak Covid-19. Sebab itu lanjutnya, pemerintah mempertahankan UMKM saat pandemi dengan kebijakan pemberian insentif pajak untuk Wajib Pajak dengan membebaskan tarif pajak penghasilan, relaksasi kredit, serta berbagai kebijakan lainnya.

"UMKM perlu disiapkan agar bangkit bergerak di masa pandemi Covid-19. Ke depan kita harus terus mengembangkan ekonomi," tukasnya.

Sementara itu, Rektor UIN Malang Prof Dr H Abdul Haris menegaskan peran ekonomi syariah menjadi salah satu solusi dari segala model pengembangan ekonomi di Indonesia.

Pihaknya akan mengerahkan segala kekuatan untuk pengembangan ekonomi syariah melalui segala jalur termasuk jalur akademik.

"UIN Malang bangga dengan kehadiran beliau (Wapres RI KH Ma'ruf Amin). Beliau akademisi, Guru Besar, ulama sekaligus pejabat tinggi negara. Harapan besar kami bukan hanya untuk UIN Malang tapi untuk umat manusia seluruh dunia," jelas Rektor UIN Malang Prof Dr H Abdul Haris. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES