Pendidikan

Dosen Unusa: Permainan Kreatif Bantu Perkembangan Otak Anak

Selasa, 30 Juni 2020 - 19:35 | 26.72k
Ilustrasi - keterampilan anak (Foto : Freepik)
Ilustrasi - keterampilan anak (Foto : Freepik)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Selama pandemi Covid-19 pemerintah mengeluarkan kebijakan baru di sektor pendidikan yaitu learning at home (pembelajaran dari rumah). Hal tersebut menuntut orang tua untuk tetap mengasah keterampilan anak selama di rumah.

Dosen Prodi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD) Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa), Sunanto M.Pd memberikan tips pembelajaran di rumah kepada orangtua untuk anak.

Pembelajaran harus melalui permainan kreatif sehingga dapat mengatasi kebosanan serta merangsang perkembangan otak anak.

Adapun beberapa permainan kreatif yang dapat meningkatkan motorik seperti bermain lempar bola atau balon dan bermain ayunan. Selain untuk anak usia dini, permainan bulu tangkis juga menjadi salah satu permainan kreatif.

"Permainan ini dituntukan dengan usia anak tersebut, jadi jika masih usia dini dapat bermain lempar bola jika sudah masuk SD bisa bermain seperti bulu tangkis di halaman rumahnya," tutur Sunanto dalam Seminar Online Nasional yang digelar Himaprodi S1 PG PAUD Unusa, Selasa (30/6/2020).

Kendati demikian, semua permainan kreatif tersebut membutuhkan peran aktif dari orang tua untik memberikan permainan kreatif. Permainan kreatif ini dapat melatih gerak motorik dan manipulatif sehingga dapat membantu perkembangan anak selama berada di rumah. 

"Disini orang tua berperan aktif dalam tumbuh kembang anak agar mereka juga tidak mudak bosan karena sudah lebih dari tiga bulan berada di rumah untuk sekolah online," terang Sunanto, dosen Prodi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD) Unusa. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES