Pendidikan

Gabungkan Fisika dan Seni, Mahasiswa UNS Sabet Juara Physic Comic Strip Competition

Rabu, 28 April 2021 - 15:18 | 173.68k
Gabungkan Fisika dan Seni, Mahasiswa UNS Sabet Juara Physic Comic Strip Competition
Tiga mahasiswa FMIPA UNS Surakarta yang meraih juara di ajang Physic Comic Strip Competition (Phycotion). (foto: UNS) 

TIMESINDONESIA, SOLO – Tiga mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta meraih juara di ajang Physic Comic Strip Competition (Phycotion). Mereka adalah Michela Sheryl Noven dan Margareta Aprilia Kusuma Dewi yang berasal dari Prodi Statistika serta Helena Joan Noven dari Program Studi Ilmu Lingkungan. Saat pengumuman lomba 10 April 2021 lalu, ketiganya berhasil meraih juara 2 pada ajang  Physic Comic Strip Competition (Phycotion) yang digelar oleh Universitas Tanjungpura.

Dalam kompetisi ini, mengharuskan peserta untuk menceritakan fenomena-fenomena fisika yang dialami di kehidupan sehari-hari melalui strip komik yang kreatif. Selaras dengan tema yang diberikan, tim yang dibimbing oleh Dra. Respatiwulan, M.Si tersebut mengajukan cerita komik dengan judul ‘Fisika, Buat Apa?’. Komik tersebut menceritakan tentang penerapan ilmu fisika pada benda bolpoin. Penerapan ilmu fisika tersebut dapat ditemukan dalam cara kerja bolpoin yang menerapkan prinsip tegangan permukaan. Selain itu, prinsip viskositas yang dipelajari dalam fisika juga dapat diterapkan untuk mengatasi bolpoin yang macet.

Physic Comic Strip Competition b

“Kami memilih tema itu karena bolpoin itu sering kita gunakan setiap hari, namun banyak yang kurang tahu konsep cara kerja fisikanya yang sebenarnya simpel,” ujar Michela seperti dikutip dari uns.ac.id. 

Kolaborasi seni menggambar komik antara Helena Joan Noven dan Michela Sheryl Noven yang dipadukan dengan kecerdasan Margareta Aprilia Kusuma Dewi di bidang fisika berhasil mengantarkan mereka meraih juara 2. Sebelum diumumkan sebagai Juara 2, mereka harus bersaing melawan lebih dari 30 peserta dari berbagai kalangan.

Michela mengaku tidak menyangka akan keluar sebagai juara. Ia bersama dengan kedua rekannya merasa sangat  senang. Sebelumnya, Michela dan Helena Joan Noven selaku ketua tim pernah mengikuti beberapa kompetisi lomba dan video animasi. Saudara kembar tersebut juga pernah menyabet juara di kompetisi-kompetisi sebelumnya. 

Bakat yang dimiliki oleh Joan dan Michela berawal dari kegemaran mereka dalam menggambar. Michela menuturkan bahwa ia dan saudara kembarnya telah gemar menggambar sejak kecil. Kemudian saat duduk di bangku Sekolah Menengah Atas ia mulai menekuni kegemarannya tersebut. Sejak saat itu, ia bersama dengan saudara kembarnya aktif mengikuti beberapa kompetisi guna menambah kemampuan dan pengalamannya.

Physic Comic Strip Competition c

“Sering-sering ikut lomba aja karena bisa menambah pengalaman. It's ok kalau belum menang, karena setiap karya yang dibuat pasti ada imporove dalam diri,” imbuhnya. Michela juga percaya bahwa setiap karya memiliki keunikan masing-masing. Oleh sebab itu, mahasiswa UNS jangan pernah merasa kurang percaya diri dengan hasil karya sendiri. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

KOPI TIMES