Pendidikan

Syarat Naik Kelas, Siswa SMA di Gresik Wajib Buat Riset

Selasa, 25 Mei 2021 - 17:24 | 65.94k
Siswa SMA Muhammadiyah 10 GKB Gresik saat presentasi hasil riset (Foto: Akmal/TIMES Indonesia).
Siswa SMA Muhammadiyah 10 GKB Gresik saat presentasi hasil riset (Foto: Akmal/TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, GRESIK – Siswa SMA di Kabupaten Gresik Jawa Timur mempunyai cara tersendiri untuk mengembangkan kemampuan yang menjadi syarat naik kelas. Salah satunya mewajibkan siswa membuat karya tulis ilmiah atau riset.

Kegiatan bertajuk Final Class Research (FACR) pada tanggal 24-25 Mei 2021 salah satu kegiatan rangkaian ujian sebagai salah satu syarat untuk kenaikan kelas. 

Advertisement

Waka Bidang Pengembangan Pendidikan, Ulyatun Nikmah, SMA Muhammadiyah 10 GKB (Smamio) mengataan, kegitan FACR ini merupakan kegiatan rangkaian ujian tahunan sebagai syarat kenaikan kelas. 

“Kegiatan ini diikuti sebanyak 256 siswa dari kelas 10 dan 11 dilaksanakan selama 2 hari secara offline dan online melalui zoom meeting," katanya, Selasa (25/5/2021).

Menjadi sekolah riset, dijelaskan Ulyatun Smamio ingin melatih sejak duduk di kelas X siswanya untuk belajar di dunia penelitian dan sebagai sarana untuk mengembangkan literasi. 

“Ini merupakan salah satu program pengembangan pendidikan untuk mendukung literasi dan penelitian siswa," ungkapnya. 

Berbagai tujuan ingin dicapai dalam kegiatan FACR yang diselenggarakan oleh Smamio. Di antaranya adalah ingin implementasi program one student one research. 

“Final Assesment Class Research ini memiliki beberapa tujuan. Yang pertama sebagai implementasi sebagai sekolah riset," jelas dia. 

Sementara itu, Koordinator Bidang Riset, Nanik Rahmawati menambahkan kegiatan tahunan ini tidak batasi dengan tema tertentu sebagai bahan risetnya. 

“Gak ada tema. Terserah siswa dibebaskan untuk menentukan temanya sendiri," tambahnya. 

Ketentuan judul KTI dibebaskan oleh sekolah guna mengasah kreativitas anak-anak. Siswa diperbolehkan untuk mengambil bidang sains atau soshum.

Rangkaian kegiatan FACR ini sudah layaknya mahasiswa tingkat akhir, setiap siswa harus menyelesaikan beberapa tahapan mulai dari pembimbingan dan pengujian. Diantaranya proses pembimbingan nantinya akan melewati tahap pengujian.

"Setelah diujikan nanti siswa akan presentasi di depan penguji dan akan diketahui letak kesalahannya di mana, selanjutnya melakukan revisian," tutupnya menanggapi sekolah di Gresik harus buat riset jika ingin naik kelas. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES