Pendidikan

Turunkan Angka Covid-19, STIKES Muhammadiyah Tegal Bantu Program Vaksinasi Pelajar

Senin, 18 Oktober 2021 - 14:34 | 28.12k
Mahasiswa STIKES Muhammadiyah Tegal membantu program vaksinasi Pelajar. (Foto : Hendra A. For Times Indonesia)
Mahasiswa STIKES Muhammadiyah Tegal membantu program vaksinasi Pelajar. (Foto : Hendra A. For Times Indonesia)

TIMESINDONESIA, TEGAL – Mahasiswa Program studi (Prodi) Farmasi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan atau STIKES Muhammadiyah Tegal mengikuti kegiatan vaksinasi kepada pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) Muhammadiyah Adiwerna di Aula sekolah setempat, Senin (18/10/2021).

Sebelum disuntik Vaksin Covid-19, kegiatan tersebut diawali dengan pendampingan pelajar sekolah yakni dengan menanyakan kesiapan setiap siswa dalam proses vaksinasi.

"Mahasiswa kami juga ikut memberikan edukasi terhadap pasca vaksinasi dan materi tentang Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI)," kata Hendra selaku Wakil Direktur Stikes Muhammadiyah Tegal saat ditemui TIMES Indonesia.

Hendra menjelaskan kegiatan tersebut diselenggarakan pada pukul 08.00 WIB hingga 14.30 WIB. "Kegiatan vaksinasi ini juga diperuntukkan bagi tenaga kependidikan dan guru SMP Muhammadiyah Adiwerna yang belum melakukan vaksinasi," pungkasnya.

Dia melanjutkan hasil dari pendampingan vaksinansi tersebut terdapat beberapa siswa yang tidak lolos dalam skrining awal dikarenakan kondisi tertentu yang diantaranya seperti demam atau sakit hingga lainnya.

"Sehingga vaksinasi ditunda sampai keadaan siswa sehat kembali, akan tetapi secara keseluruhan kegiatan vaksinasi berjalan dengan baik dan antusiasme siswa siswa dalam kegiatan vaksinasi ini cukup tinggi, dibuktikan dengan pencapaian dosis vaksinasi sejumlah 200 dari 250 dosis yang disediakan," bebernya.

Lebih lanjut Hendra menambahkan, pendampingan vaksinasi tersebut merupakan sebagai upaya salah satu bentuk dari kegiatan STIKES Muhammadiyah Tegal sebagai bentuk Tim Pengabdian kepada Masyarakat. "Kegiatan ini juga dikerjasamakan dengan MCCC Kabupaten Tegal, Dinkes Kabupaten Tegal, RSI PKU Muhammadiyah Tegal, dan LazisMu Kabupaten Tegal," imbuhnya.

Sementara, salah satu mahasiswa STIKES Muhammadiyah Tegal, Titin Fatimah mengaku senang bisa dilibatkan secara langsung dengan kegiatan para dosen STIKes Muhammadiyah Tegal. "Karena hal itu membuat saya mendapatkan pengetahuan dan bisa bergerak untuk membantu STIKes Muhammadiyah Tegal Prodi dalam kegiatan percepatan vaksinasi bersama tim educator MCCC Kab Tegal," terangnya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES