Pendidikan

Apresiasi Balai Bahasa Jawa Timur Lewat Festival Musikalisasi Puisi

Rabu, 24 Agustus 2022 - 22:07 | 26.84k
Festival Musikalisasi Puisi Balai Bahasa Jawa Timur di Auditorium UINSA. (Foto: Shinta Miranda/TIMES Indonesia)
Festival Musikalisasi Puisi Balai Bahasa Jawa Timur di Auditorium UINSA. (Foto: Shinta Miranda/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYABalai Bahasa Provinsi Jawa Timur (BBJT) menggelar secara rutin setiap tahun Festival Musikalisasi Puisi untuk SMA sederajat di Auditorium UINSA Surabaya pada Rabu (24/8/2022).

Festival tersebut diikuti oleh siswa dan siswi SMA se-Jawa Timur dengan total peserta sejumlah 50 tim lalu dilakukan tahap seleksi sehingga menghasilkan 13 tim yang terpilih untuk menjadi pemenang mewakili Jawa Timur.

Advertisement

Ary Setyorini, S.Pd. Kasubbag Umum BBJT menjelaskan bahwa festival ini sebagai fasilitas juga mengakomodir untuk karya siswa dan siswi SMA sederajat di Jawa Timur. "Pesertanya dari seluruh Jawa Timur, 13 tim dari berbagai daerah," jelas Ary.

Festival-Musikalisasi-B.jpg

Kegiatan tersebut bertujuan untuk pengembangan sastra Indonesia khususnya untuk siswa dan siswi SMA agar lebih kreatif dan sangat mengenal puisi.

Mengenai kriteria penilaian Festival Musikalisasi Puisi kali ini, Aming Aminoedhin sebagai salah satu juri membeberkan bahwa ada beberapa yang harus diperhatikan mulai dari keselarasan, tampilan, dan juga musik yang luar biasa.

"Vokalnya memang bagus, garapanya memang beda dari musik-musik pop, istilahnya transisi misalnya angklung, gitar biola tapi yang menarik sebenarnya tampil dengan biola itu akan lebih bagus," ujar Aming.

Aming mengungkap yang terpenting adalah tampilan di atas panggung karena seleksi tersebut berawal dari video lalu terseleksi yang terbaik dan tampil secara langsung di depan juri.

"Dari sekian banyak itu kita pilih yang terbaik yang kira-kira bisa mewakili untuk tampil dengan baik," jelasnya.

Festival-Musikalisasi-C.jpg

Salah satu peserta Via Salma dari SMAN 1 Geger di Festival Musikalisasi membawakan Puisi di Kelopak Anggrek mengungkapkan telah latihan selama dua minggu untuk mengikuti ajang ini.

"Harapannya acara ini terus berlanjut juga mewadahi pelajar yang berbakat di bidang seni," tuturnya.

Mengenai pemenang Festival Musikalisasi Puisi tersebut juara satu mendapatkan uang tunai 5 juta, juara dua mendapatkan 4 juta, lalu juara 3 mendapat 3 juta rupiah dan harapan 1, 2, dan 3 mendapatkan uang tunai 2 juta rupiah.

Selain itu, Wakil Dekan UINSA juga memberikan hadiah tambahan khusus untuk pemenang ajang ini, yaitu pemenangnya bisa daftar di UINSA tanpa tes.

Untuk pemenang Festival tersebut, Juara 1 dari SMAN 2 Madiun, juara 2 dari  SMAN 1 Pagak, juara 3 dari SMAN 1 Madiun. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES