Pendidikan

Jumlah Mahasiswa Baru di Perguruan Tinggi Malang, Universitas Brawijaya Tertinggi

Jumat, 26 Agustus 2022 - 16:47 | 221.22k
Universitas Brawijaya (UB). (Foto: Naufal Ardiansyah/TIMES Indonesia)
Universitas Brawijaya (UB). (Foto: Naufal Ardiansyah/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Kota Malang sebagai Kota Pendidikan mempunyai sekitar 62 perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Di tahun 2022, Universitas Brawijaya (UB) tercatat sebagai perguruan tinggi penerima mahasiswa baru terbanyak.

Secara rinci, total perguruan tinggi di Kota Malang yakni 5 perguruan tinggi negeri (PTN) dan 57 perguruan tinggi swasta (PTS).

Advertisement

1. Universitas Brawijaya

Data yang diterima TIMES Indonesia, Universitas Brawijaya (UB) berada di posisi puncak. Baik dalam segi jumlah penerimaan mahasiswa baru maupun jumlah mahasiswa secara keseluruhan.

Tahun 2022 ini, UB menerima 18.208 mahasiswa baru. Sedangkan mahasiswa lama sebanyak 72 ribu. Artinya UB saat ini memiliki 90 ribu mahasiswa aktif.

UB kini menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH). Saat ini UB mempunyai 176 profesor, 857 doktor yang terbagi di 18 fakultas.

Sebanyak 6 kali UB meraih juara umum Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS).

2. Universitas Negeri Malang (UM)

Universitas-Negeri-Malang.jpgUniversitas Negeri Malang (UM). (Foto: Naufal Ardiansyah/TIMES Indonesia)

UM memiliki total 45 ribu mahasiswa dengan rincian 8.000 mahasiswa baru dan 37 ribu mahasiswa lama.

UM mempunyai 78 guru besar atau profesor dan 1127 tenaga pengajar yang tersebar di 9 fakultas, 120 program studi. UM, tak lama setelah UB, juga diterapkan pemerintah sebagai kampus PTNBH.

3. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

UIN-Maliki-Malang.jpgUIN Maulana Malik Ibrahim Malang. (Foto: Naufal Ardiansyah/TIMES Indonesia)

UIN Maliki Malang mempunyai 19.697 mahasiswa lama. Mahasiswa baru sebanyak 4.527. Total mahasiswa aktif saat ini 24.224 mahasiswa.

UIN Maliki Malang adalah salah satu kampus terbaik di bawah naungan Kementerian Agama RI. Kampus Ulul Albab ini unggul dan dikenal karena mempunyai Ma'had Aly dimana seluruh mahasiswa baru wajib tinggal di asrama tersebut selama 1 tahun.

Memiliki 8 fakultas dan 45 program studi, UIN Maliki Malang telah menelorkan 27 profesor. Di kampus ini, ratusan mahasiswa asing menempuh studi di berbagai jurusan.

4. Politeknik Negeri Malang (POLINEMA)

POLINEMA mempunyai 12 ribu mahasiswa aktif dengan rincian 2.000 mahasiswa baru dan 10 ribu mahasiswa lama.

POLINEMA tercatat kampus politeknik berprestasi di Indonesia. Baru-baru ini, Achmad Sanusi Umli Asin dari Prodi D-IV Teknik Elektronika Jurusan Teknik Elektro dan Nadiyatul Ma’rifah dari Prodi D-IV Bahasa Inggris untuk Industri Pariwisata Jurusan Administrasi Niaga meraih Juara I pada Sociology Education Festival National 2022.

5. Poltekkes Kemenkes Malang (Polkesma)

Polkesma menerima 6.000 mahasiswa baru. Mahasiswa lama sekitar 1,5 ribu. Total mahasiswa aktif saat ini 7,5 ribu.

Kampus Utama berada di Jalan Besar Ijen 77C, Malang, Jawa Timur. Di masa pandemi Covid-19, kampus ini konsisten membantu pemerintah dalam penanganan Covid-19 dengan dijadikannya centra vaksinasi Covid-19.

Itu lah jumlah mahasiswa baru, mahasiswa lama dan total mahasiswa aktif perguruan tinggi negeri (PTN) di Kota Malang.

 

Berikut adalah jumlah mahasiswa untuk perguruan tinggi swasta (PTS) di Malang

1. Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)

Sementara untuk perguruan tinggi swasta (PTS) di Kota Malang, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) masih berada di puncak dengan total mahasiswa aktif yakni 45 ribu. Tahun ini UMM menyiapkan kuota sebanyak 8.000 mahasiswa baru.

UMM mempunyai 122 mahasiswa asing dari berbagai negara. Kampus Putih ini telah meluluskan 105.734 lulusan yang telah tersebar di berbagai negara. Kampus UMM terbagi tiga, yakni kampus 1 di Jalan Bandung Kota Malang, kampus 2 di Jalan Bendungan Sutami Kota Malang, dan kampus 3 di Jalan Raya Tlogomas, Malang.

2. Universitas Islam Malang (UNISMA)

Berikutnya, Universitas Islam Malang (UNISMA) memiliki jumlah mahasiswa aktif sebanyak 16.363. Tahun lalu UNISMA menerima 4.527 mahasiswa baru. Sedangkan tahun ini menargetkan lebih baik dari tahun sebelumnya.

UNISMA merupakan kampus unggul Peringkat 1 kampus terbaik diantara 274 Kampus Lembaga Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama di Indonesia.

UNISMA Peringkat 1 Kampus Terbaik Nomor 1 di Wilayah Malang Raya. UNISMA juga menempati Peringkat ke 44 dari total 4482 PTN dan PTS di Indonesia. Universitas Islam Malang menempati Peringkat ke 9 Kampus terbaik di Jawa timur versi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dari total 350 PTS dan PTN.

3. Universitas Merdeka (Unmer) Malang

Universitas Merdeka (Unmer) Malang mempunyai sekitar 14 ribu mahasiswa aktif. Salah satu prestasi membanggakan yakni mahasiswa Teknik Sipil menyabet gelar Putera Kampus Indonesia Persahabatan 2022.

Kampus berikutnya adalah Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (UNIKAMA) 13,8 ribu mahasiswa, IKIP Budi Utomo Malang 12 ribu mahasiswa, Institut Teknologi Nasional Malang (ITN Malang) 5,5 ribu mahasiswa, Universitas Gajayana Malang (UNIGA) 3,5 ribu mahasiswa dan lainnya sekitar 40 ribu (jumlah akumulasi dari beberapa perguruan tinggi lainnya).

Dengan demikian, total mahasiswa aktif yang berada di perguruan tinggi di Kota Malang sekitar 330 ribu lebih mahasiswa, baik mahasiswa baru maupun mahasiswa lama. Data tersebut merupakan akumulasi dari perguruan tinggi negeri dan swasta di Kota Malang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES