Pendidikan

HUT ke-59 , Departemen Perikanan UGM Berkomitmen Tingkatkan Kualitas Tridharma

Jumat, 02 September 2022 - 20:21 | 26.26k
Suasana perayaan HUT ke-56 Departemen Perikanan UGM. (FOTO: UGM for TIMES Indonesia)
Suasana perayaan HUT ke-56 Departemen Perikanan UGM. (FOTO: UGM for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTADepartemen Perikanan UGM pada 1 September 2022 genap berusia 59 tahun. Di usia yang sudah matang, Departemen Perikanan selalu berkomitmen meningkatkan kualitas pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi secara berkesinambungan.

Dalam laporan tahunan Departemen Perikanan UGM, Ketua Departemen Perikanan UGM, Prof Dr Ir Alim Isnansetyo, M.Sc mengatakan dalam bidang pendidikan,  tahun ini lembaganya telah menjalankan kurikulum baru untuk Program Magister dan Doktor. Sedangkan untuk Program Sarjana, kurikulum telah disesuaikan untuk pelaksanaan program MBKM dengan berbagai macam mitra.

Advertisement

"Departemen telah memberikan kesempatan yang sangat luas kepada para mahasiswa untuk melaksanakan MBKM dengan cara memberikan alternatif tempat magang yang luas," kata Alim kepada TIMES Indonesia, Jumat (2/9/2022).

UGM-b.jpg

Prof Alim menegaskan, peningkatan akreditasi program studi juga dilakukan dengan pengajuan akreditasi internasional ASIIN pada tahun 2021 dan 2022. Bidang penelitian dilaksanakan dengan berbasis pada konsep Aquatic Smart Eco Bio-Production. Pemanfaatan sumberdaya akuatik berprinsip ekologis dilakukan agar terjaga keberlanjutan seluruh usaha Perikanan dan Kelautan. Hal ini sejalan dengan target pencapaian SDGs.

Hal ini selaras dengan penelitian tersebut adalah Pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat yang ditekankan pada usaha pemberdayaan.

Pemberdayaan ini sangat penting untuk mendukung masyarakat dalam usaha bangkit pasca pandemi Covid-19. Spirit Presidensi G20 Recover Together, Recover Stronger sangat relevan untuk membangkitkan usaha perikanan dan kelautan untuk dapat berkembang dan berkontribusi lebih besar.

Dalam rangkaian acara Puncak HUT Perikanan UGM ke-59, alumni Departemen Perikanan, IBM Suastika Jaya, M.Sc., menyampaikan orasi ilmiahnya dengan tema “Blue Transformation Dalam Perikanan Budidaya Untuk Mendukung Sustainability”.

IMB Suastika Jaya menyatakan bahwa cara-cara konvensional tidak lagi dapat diharapkan memenuhi tuntutan produksi buat manusia. Perlu massive action untuk mendukung pencapaian SDG 2030, terutama no 1 dan no 14. IBM Suastika menambahkan perlu perbaikan tata kelola, manajemen sumber daya, dan sistem produksi yang lebih menjamin sustainability.

"Karena itu, perlu menggugah dunia akademik/ilmiah/pendidikan mengembangkan inovasi dan diseminasi IPTEK untuk perbaikan," tandas Alim.

Prof Alim menambahkan, ulang tahun ke-59 ini merupakan tonggak bagi Departemen Perikanan UGM untuk mengobarkan semangat dalam membangun institusi yang lebih besar, kuat dan berdaya saing untuk membangun Perikanan dan Kelautan Indonesia.

Menurutnya, tidak ada institusi yang berkembang kuat tanpa kontribusi para pemangku kepentingan. Departemen Perikanan UGM berharap agar para mitra memberikan kontribusi yg lebih besar dalam mendukung kemajuan Departemen Perikanan UGM.

Ketua panitia HUT, Dr. Dini Wahyu Kartika Sari menyampaikan sejumlah agenda yang telah dilaksanakan dalam rangkaian kegiatan HUT. Antara lain, pengembangan inovasi polikultur cacing sutra dan lele di Banjarharjo Kulonprogo, penebaran bibit ikan endemik di Sungai Buntu Wedomartani Sleman, launching gerai UMKM binaan Niki Ulam, dan bantuan probiotik untuk Pokdakan Usaha Mulia Kandangsari Sleman.

Panitia juga mengundang alumni untuk memberikan inspirasi dan gambaran karir bagi mahasiswa Perikanan dalam agenda Talk Show Alumni Back to Campus. Peresmian Teaching Farm oleh Dekan Fakultas Pertanian UGM juga menjadi salah satu agenda HUT.

Dini menyebutkan agenda kegiatan lain seperti ziarah dan nyekar sesepuh, bersih kampus, senam dan aneka lomba, super league & Fish Art, dan Family Gathering yang ditujukan untuk memupuk semangat kebersamaan civitas akademika Departemen Perikanan UGM. Sehingga, memberikan semangat yang kuat dalam membangun kiprahnya memajukan Perikanan dan Kelautan Indonesia.

Dini menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung terlaksananya acara ini. Seperti Media Online TIMES Indonesia yang telah bekerjasama dengan mempublikasikan kegiatan Dirgahayu Departemen Perikanan UGM ke-59. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES