Pendidikan

Job Fair 2022, Upaya POLINEMA Antarkan Lulusan Terserap Dunia Kerja

Senin, 05 September 2022 - 19:03 | 40.01k
Direktur Politeknik Negeri Malang, Supriatna Adhisuwignjo, ST., MT saat membuka Job Fair 2022. (FOTO: Naufal Ardiansyah/TIMES Indonesia)
Direktur Politeknik Negeri Malang, Supriatna Adhisuwignjo, ST., MT saat membuka Job Fair 2022. (FOTO: Naufal Ardiansyah/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Politeknik Negeri Malang (POLINEMA) menggelar Job Fair 2022 di Aula Pertamina POLINEMA selama dua hari, Senin-Selasa (5-6/9/2022). Job fair ini dikhususkan kepada mahasiswa dan lulusan POLINEMA.

Direktur Politeknik Negeri Malang, Supriatna Adhisuwignjo, ST., MT menjelaskan bahwa job fair ini pertama kali digelar selama pandemi Covid-19. Juga, pertama kali dilaksanakan di masa kepemimpinan direktur baru.

Advertisement

Politeknik-Negeri-Malang-2.jpgDirektur POLINEMA saat berkunjung ke stand job fair. (FOTO: Naufal Ardiansyah/TIMES Indonesia)

"Kejadian pandemi Covid-19 ini disadari atau tidak dampak yang dirasakan sampai hari ini masih terasa. Saya apresiasi di tengah kondisi seperti itu bapak ibu semua bisa survive," tuturnya.

Menurutnya, POLINEMA sebagai penyelenggara pendidikan tinggi Vokasi tentunya menjadi salah satu pengemban amanat mengembangkan pendidikan vokasi di Indonesia.

"Tujuannya lulusan dapat kesempatan untuk penghidupan pasca kuliah. Di antara politeknik yang lain kami memiliki 14 ribu mahasiswa dan ini terbanyak di Indonesia," jelasnya. 

Politeknik-Negeri-Malang-3.jpgKetua Panitia Polinema Job Fair 2022 Nain Dhaniarti Raharjo, S.ST., MT. (FOTO: Naufal Ardiansyah/TIMES Indonesia)

Kata Direktur, tugas kampus adalah turut memfasilitasi para mahasiswa dan lulusan untuk mendapatkan pekerjaan atau menciptakan lapangan pekerjaan.

"Kita harap lulusan kita mendapatkan pekerjaan pertama. Secepatnya dan mendapatkan taraf kehidupan yang layak," ungkapnya.

Ia berharap melalui job fair ini tingkat serapan dunia kerja semakin tinggi sehingga pasca kuliah tidak ada mahasiswa yang menganggur.

Ketua Panitia Polinema Job Fair 2022 Nain Dhaniarti Raharjo, S.ST., MT menambahkan bahwa kegiatan ini melibatkan 37 perusahaan di Indonesia yang sudah terdaftar.

Pihaknya menyediakan 33 stand untuk 33 perusahaan. Sedangkan sisanya mengikuti secara daring. Karena keterbatasan tempat dan booth, mereka bisa mengikuti online.

"Kami sediakan layar monitor dan zoom yang bisa digunakan pelamar dan pihak perusahaan," imbuhnya.

Job fair kali ini diikuti oleh pendaftar alumni dari lulusan 2018 - 2022 dengan total 2.640 lulusan. Jumlahnya kemungkinan akan terus bertambah karena Panitia juga menerima peserta yang mendaftar secara offline di lokasi job fair.

Salah satu peserta job fair, Nimas Qusnul Khotimah, mengaku merasa terbantu dengan adanya job fair 2022 ini. Alumni D3 teknik kimia angkatan 2019 ini sedang menunggu jadwal wisuda.

Fresh graduate sedang mencari perusahaan sesuai pendidikan tapi tidak menutup kemungkinan juga perusahaan yang berpeluang.

"Dapat info di grup alumni. Kalau inginnya sih kerja di bank," tutup lulusan POLINEMA asal Tulungagung ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES