Pendidikan

Ratusan Bocah Pramuka Ikuti Kompetisi Pesta Siaga Kwaran Kedopok Probolinggo

Sabtu, 10 September 2022 - 14:49 | 28.21k
Permainan memindahkan bendera menjadi salah satu lomba yang digelar dalam Pesta Siaga Pramuka Kwaran Kedopok, Kota Probolinggo. (FOTO: M Ishomuddin/TIMES Indonesia)
Permainan memindahkan bendera menjadi salah satu lomba yang digelar dalam Pesta Siaga Pramuka Kwaran Kedopok, Kota Probolinggo. (FOTO: M Ishomuddin/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Ratusan bocah Pramuka siaga mengikuti kompetisi  dalam Pesta Siaga Kwaran Kedopok, Kota Probolinggo, Sabtu (10/9/2022). Mereka berkompetisi dalam permainan-permainan yang telah disediakan oleh panitia. 

Para bocah pramuka yang berkompetisi ini dari 14 Sekolah Dasar (SD) se-Kecamatan Kedopok. Setiap sekolah mengeluarkan dua grup laki-laki dan perempuan, yang terdiri dari delapan orang per regu.

Advertisement

Setiap regu yang terdiri dari delapan orang anak,  harus menyelesaikan enam permainan, diantaranya dinamika barung atau yel-yel,  Puzle Pahlawan Nasional,  Cerdas Cermat,  Arah Mata Angin,  Penjinak Bom,  Lari Barung atau lari memindahkan bendera.

Siaga-Kwaran-Kedopok-Probolinggo-b.jpgPermainan menjinakkan bom butuh strategi khusus bagi peserta Pesta Siaga Pramuka Kwaran Kedopok, Kota Probolinggo. (FOTO: M Ishomuddin/TIMES Indonesia)

Dalam pesta siaga kali ini,  juga dikenakan aturan ketat oleh panitia,  di antaranya batasan usia maksimal 10,6 tahun  atau maksimal kelas 4 SD. 

Pesta siaga di Kwaran Kedopok ini mengambil lokasi di halaman kantor Kecamatan Kedopok, Jalan Mastrip, Kota Probolinggo. 

Para peserta tidak hanya berlomba,  tetapi juga mendirikan tenda-tenda di halaman kantor Kecamatan Kedopok. 

Sebelum berlomba, Ketua Majelis Pembimbing Ranting atau Kamabiran, Imam Cahyadi, yang juga Camat Kedopok didampingi panitia pesta siaga, berkeliling ke tenda-tenda peserta. 

Siaga-Kwaran-Kedopok-Probolinggo-c.jpgKamabiran Pramuka Kedopok, Imam Cahyadi, memimpin apel Pesta Siaga di halaman kantor Camat Kedopok. (FOTO: M Ishomuddin/TIMES Indonesia)

Pesta siaga yang diselenggarakan selama sehari, Sabtu hari ini diharapkan bisa mencetak genarasi yang mandiri. 

"Kami berharap pesta siaga ini kegiatannya disesuaikan dengan usia anak-anak. Karena pesta siaga ini seyogyanya untuk mendukung kota layak anak," kata Imam Cahyadi.

"Selain itu pesta siaga ini juga diharapkan bisa membuat anak-anak lebih kreatif dan mandiri," tambahnya. 

Kegiatan pesta siaga yang dimulai tepat pukul 06.30 WIB ini tampak sangat meriah. Para peserta tampak fokus dalam mengikuti lomba.

Kepala Sekolah SDN Sumberwetan 2 Kecamatan Kedopok, Sri Winarni mengatakan pihaknya mempersiapkan dua regu dalam pesta siaga kali ini. Butuh kurang lebih satu bulan untuk melatih anak-anak. Harapannya harusnya menang.

Sementara itu, Kenzah, salah satu peserta merasa senang mengikuti pesta siaga kali ini.  Namun juga merasankecewa karena belum bisa memberikan kemenangan bagi sekolahnya.  Pesta siaga di Kota Probolinggo, ini diperkirakan selesai pukul 14.00 WIB. (adv)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES